Kalian punya laptop atau komputer baru? atau baru Install ulang Windows? Pastinya belum ter-install software atau aplikasi yang Esensial atau penting untuk menunjang keseharian kamu. Apa saja sih kira-kira software wajib install yang benar-benar dibutuhkan dan harus ada di dalam setiap komputer?

Semua yang disebutkan disini pastinya aplikasi gratis dan pastinya berguna untuk untuk komputer atau laptop Kalian. Yuk dimulai saja list softwarenya penting dan esensialnya.

 

1. Google Chrome atau Firefox

Pertama kalian membutuhkan browser dengan kompatibilitas pada internet yang terbaik, contohnya adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox. Walaupun windows 10 sudah menyediakan browser Microsoft Edge, tetapi browser dari microsoft tersebut terkadang tidak kompatibel dengan beberapa website.

Download Google Chrome | Download Firefox

 

2. VLC, GOM PLayer atau K-Lite Mega Codec Pack

Pastinya kalian membutuhkan software pemutar video yang handal dan dapat memutar segala macam tipe video. Seperti .mkv .mp4 .mov dan format lainnya yang bandel.

Download VLC | Download Klite Mega Codec Pack | Download GOM Player

 

3. Adobe Acrobat Reader atau Foxit Reader

Dokumen PDF adalah file yang sering digunakan dalam keperluan bekerja ataupun edukasi. Agar kalian bisa melihat dokumen ini dengan maksimal, kalian membutuhkan PDF Reader yang handal seperti Adobe Acrobat Reader atau Foxit Reader.

Download Adobe Acrobat | Download Foxit Reader

 

4. OpenOffice, LibreOffice atau WPS Office

Buat kalian yang tidak punya lisensi Microsoft Office, maka kalian membutuhkan program office untuk membuka dokumen seperti .docs / .pptx / .xlsx. Berikut ini adalah software aplikasi office yang gratis digunakan.

Download OpenOffice | Download LibreOffice | Download WPS Office

 

5. Foobar2000 atau Winamp

Untuk kalian yang belum beralih ke streaming (Spotify), pastinya membutuhkan pemutar musik yang lebih asik jika dibandingkan dengan Windows Media Player ataupun Groove Music.

Download Foobar2000 | Download WINAMP

 

6. Winrar atau 7zip

Windows 10 sudah memiliki fitur untuk membuka file .zip tetapi jika kalian mendapatkan file dalam bentuk .rar pastinya membutuhkan aplikasi tambahan seperti Winrar ( 30 days trial ) ataupun 7zip yang gratis digunakan.

Download Winrar | Download 7zip

 

7. Anti Virus

Walaupun windows defender memiliki antivirus bawaan Windows Defender, tetapi kenyataanya antivirus bawaan dari Microsoft tersebut masih kurang handal dalam menangkap virus virus yang bandel.

Saya tidak akan merekomendasikan antivirus seperti Avast! yang baru baru ini ketahuan menjual data customer untuk Iklan.

Jadi silahkan menggunakan Kaspersky Antivirus Free ataupun Antivirus pilihan kalian. Kalau saya pengguna setia Kaspersky dan menggunakan versi premiumnya.

Download Kaspersky Free Antivirus

 

Nah.. ini adalah 7 aplikasi gratis yang saya anggap penting, esensial juga wajib install untuk menunjang penggunaan sehari hari di laptop atau komputer kalian. Jika kalian memiliki aplikasi atau software yang perlu diinstal, silahkan rekomendasikan pada kolom komentar dibawah ya..