Tidak berasa sudah tahun 2022, sekitar 2 tahun sejak pandemi Covid-19. Waktu berlalu begitu cepatnya, dan sudah waktunya melakukan pembaharuan setup dari versi 2019 ke versi 2022.

Upgrade besar sudah dilakukan akhirnya selama 2 tahun menggunakan setup yang pertama saya update disini.

Seperti biasa, sebagian besar barang yang ditampilkan disini, bisa didapat di marketplace favorit kalian. Yuk langsung saja.

 

2022 Update


Meja Melstone dari Ruparupa.com

Tadinya berpikir ingin menggunakan meja yang dapat diatur ketinggiannya dengan motor elektrik, tetapi jika dipikir pikir sayang juga, karena budget yang masih terbatas, akhirnya memutuskan untuk menggunakan meja yang besar saja, agar bisa leluasa meletakan barang.

 

Keychron K1 TKL

Ini bukan ganti keyboard tepatnya, karena setup 2022 ini adalah setup di apartemen bukan di rumah, jadi keyboard sebelumnya yang saya gunakan yaitu keychron k-8 berada di rumah. Saya memutuskan menggunakan keychron k1 TKL ini juga karena mengincar fungsi mac/windows swtich dan desain yang lebih minimalis karena low profile.

Link Keychron K1

 

Logitech MX Anywhere 3

Mouse andalan saya, mungil, fungsional,  multi konektivitas dan MagSpeed scroll wheel dari logitech yang super smooth dan bisa diatur jika secara software.

Link Logitech MX Anywhere

 

Logitech Desk Mat Studio Series

Mousepad warna abu abu minimalis yang spill proof juga dari logitech.

Link Mousepad Logitech

 

ASUS Pro Art PA248QV

Monitor yang lebih ramping dari sebelumnya yang saya gunakan, dari 27 inch menjadi 24inch tetapi memiliki aspect ratio yang lebih besar yaitu 16:10. Sehingga walaupun ukurannya lebih kecil tapi ruang kerja tetap luas. Dengan resolusi yang lebih panjang kebawah yaitu 1920 x 1200. Juga tingkat akurasi warna yang sudah baik ini cocok untuk pekerjaan saya.

Tadinya berpikit untuk beralih ke 32 inch ataupun Ultra Wide, tetapi rasanya lebih menyenangkan bekerja di aspect ratio 16:10, seperti rasanya menggunakan layar iMac/ Macbook yang lebih cenderung kotak.

Link Asus ProArt Monitor

 

Jam Xiaomi XiaoAI

Jam digital dari Xiaomi XiaoAI, sebenarnya memiliki banyak fungsi, tetapi harus menggunakan Xiaomi Home versi China, sehingga saya tidak banyak memanfaatkan fiturnya, hanya lebih buat melihat waktu saja, kenapa saya memilih ini? Karena memiliki sensor cahaya, jadi ketika malam, cahaya dari LED jamnya akan meredup sendiri, sehingga tidak menggangu ketika sedang bekerja ataupun bermain di malam hari.

 

Mijia Bedside Lamp 2 & Yeelight LED Strip

Setiap meja membutuhkan lampu baik itu lampu kerja ataupun lampu untuk latar/ ambient sehingga lebih nyaman di mata.

 

Kursi IKEA Jarvfjallet

Investasikan kursi yang ergonomis dan nyaman, Kursi yang nyaman akan membuat kalian lebih sehat. IKEA Jarvfjallet ini saya mendapatkan rekomendasinya dari teman saya, dan ketika mencobanya langsung di IKEA kursi ini cocok untuk saya, dan akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan kursi ini.

Tadinya ingin membeli kursi gaming dari Razer yaitu Razer Iskur, tetapi ada saran dari teman saya juga kebanyakan kursi gaming itu terlalu mahal dan secara kenyamanan 11:12 dengan kursi produktifitas seperti kursi IKEA Jarvfjallet ini ataupun merek lainnya.

Menurut saya kursi ini sudah cukup nyaman karena berbagai pengaturannya yang cukup lengkap seperti ketinggian, lumbar support, bagian sanggahan kepala dan arm rest juga tempat duduknya bisa di maju mundurkan.

 

Gadget yang tetap


Creative Gigaworks T20 Series II

Speaker Andalan yang masih awet dan suaranya yang sangat cocok untuk harganya, seperti yang dulu saya ceritakan, ini unit yang saya hand carry dari jepang, jadi yang ingin membelinya di Indonesia, hati hati harga yang di markup dengan signifikan. Tetapi saya sangat merekomendasikan unit ini.

 

MSI GS63 Stealth

Laptop yang dibeli tahun 2017, masih awet walaupun baterainya sudah gembung dan sudah dilepas, sekarang fungsinya lebih menjadi komputer dan jarang dibawa kemana mana.

Speknya cukup sederhana yang saya gunakan:

Processor: Intel Core i7 7700HQ ( 4 Cores 8 Threads )
GPU: NVIDIA GTX 1050
SSD: Toshiba 128GB + 1TB ADATA SU800
RAM: 16GB

Sebenarnya ingin ganti laptop, tetapi pekerjaan saya dan game yang saya mainkan masih itu itu saja.. akhirnya dirasa belum perlu ganti, karena laptop saya masih berfungsi sangat baik dan performanya masih cukup untuk tahun 2022, dan belum pernah geram karena lag ataupun kendala lainnya.

 

Cable Management

Seperti biasa, mari ditutup dengan cable management, setup yang baik tidak pernah melupakan penataan kabel kabel. Disini sedikit sulit karena monitor saya tidak besar jadi tidak bisa di dempetkan ke tembok, sehingga disini menggunakan cable organizer box dan cable cover.

Ya memang tidak akan bisa tanpa kabel, karena begitulah komputer yang belum wireless semua.. tapi cukup rapih kan ya.. ;)

 

Demikianlah work and play setup saya di tahun 2022 ini, Jika ada input ataupun saran yang bisa membuat produktivitas lebih baik, silahkan berbagi di kolom komentar.

Semoga setup saya di tahun 2022 ini bisa membukakan ide untuk kalian yang sedang ingin menaikan level home office dan gaming setup kalian.

 

Produk pendukung lainnya:

  • Lampu Sensor Tangan Gerak USB
  • Cable Box Organizer
  • Cable Cover Hitam
  • Xiaomi Air Purifier 3C