Windows 10 mempunya fitur Spasial Audio, alias fitur virtualisasi suara agar posisi suara bisa terdengar lebih realistis dan mempunya dimensi walaupun hanya dengan stereo speaker ataupun headphone.

Jadi, misalnya, ada suara datang dari belakang kiri Kalian dan ke kanan memutari Kalian di film, acara TV, atau game, speaker atau headphone kalian hanya bisa berbunyi kiri dan kanan, karena pada dasarnya memang hanya 2 unit speaker.

Ketika Kalian mengaktifkan salah satu fitur Windows Sonic for Headphone ini, Komputer Kalian akan mencampur audio menggunakan data posisi, memberikan pengalaman suara spasial virtual. Jadi, jika Kalian bermain game dan suara datang dari atas karakter Anda dan ke kanan, suaranya akan dicampur sebelum dikirim ke headphone Kalian sehingga Kalian dapat mendengar suara itu datang dari belakang kiri Kalian dan ke kanan.

Fitur-fitur suara spasial ini hanya bekerja dengan aplikasi yang menyediakan data spasial ke Windows.

Coba tonton video demo dibawah ini.

Gunakan headphone agar lebih maksimal, jika youtube tidak merusak kualitas suara dengan kompresinya, maka kalian pasti bisa merasakan bahwa dengan Windows 10 Sonic for Headphone, Suaranya lebih memiliki dimensi.

Jika kalian kurang yakin, kalian bisa mendownload demo demo surround audio disini, dan putar video video tersebut dengan Media Player Classic (KLITE CODEC) atau VLC yang memiliki decoder untuk surround audio playback.

Lalu gimana sih cara mengaktifkan Windows Sonic for Headphone?

Kalian dapat dengan mudah mengaktifkan fitur ini dari ikon suara di area notifikasi Anda. Klik kanan pada ikon speaker, arahkan ke Suara Spasial, dan pilih “Windows Sonic for Headphones” untuk mengaktifkannya. Pilih “Off” di sini untuk menonaktifkan Windows Sonic.

Nah kegunaanya apa? Jika kalian bermain game shooter, seperti PUBG, Overwatch, CS:GO, ataupun lainnya, kalian bisa memposisikan musuh dengan lebih akurat, karena yang tadinya hanya 2 dimensi, sekarang menjadi 5.1 dimensi atau 7.1 dimensi berdasarkan game yang kalian mainkan.

Oh, jangan lupa mengatur jumlah speaker pada game kalian masing masing, sehingga game tersebut dapat memproduksi suara lebih dari 2 ( stereo ) dan membuat Windows sonic for headphone melakukan aksinya.

Lalu, sebelum itu, pastikan fitur loudness equalization tidak aktif, fitur ini membuat audio kacau dan kehilangan dimensinya. Jangan sampai kamu nyalakan ketika bermain game kompetitif! Kenapa? Baca di sini…

Bagaimana hasilnya? apakah dengan bantuan spasial audio ini kalian lebih bisa mendeteksi posisi musuh datang? Ingat 360 No Scope, ada footstep di belakang kalian, tembak saja! ;))

 

Artikel terkait Audio:

Fungsi Loudness Equalization di Windows 10

Late Night EQ pada iOS iPhone, dan iPad

Apa itu Noise Cancelling pada Headphone, Earphone, Headset, & Handphone.

Tipe Tipe Umum Headphone, Earphone, dan Earbuds