Windows 10 memang memberikan user kemudahan dalam penggunaan sehari hari, sejak Windows 10 Microsoft menggunakan banyak sekali data dari penggunaan komputer kita untuk memberikan informasi lebih personal yang ditujukan membuat kehidupan lebih mudah. Seperti salah satunya Windows 10 dapat mengingatkan kalian untuk berangkat ke airport 30 menit lebih cepat karena jalanan padat. Untuk menampilkan informasi ini, Windows 10 harus mengambil data yang ada di kalender pada windows, juga email jika kalian menggunakan Mail pada windows. Juga menggunakan lokasi kalian dan harus terhubung ke Internet untuk mengambil data kemacatan jalanan.

Beberapa service seperti memberikan akses wifi kepada teman teman facebook kalian ataupun terhubung kepada WiFi umum yang biasanya tidak terproteksi adalah salah satu fitur Windows 10. Walaupun membagikan password WiFi membuat mudah, tetapi itu menjadi masalah keamanan juga.

Cara cara dari Microsoft dengan tujuan mempermudah penggunaan komputer, berarti semakin banyak data yang di kirimkan ke microsoft juga.

O&O Software memberikan solusi untuk permasalahan privasi dan pembagian data data ke Microsoft dengan O&O ShutUp10 : Free antispy tool for Windows 10

 

Dengan mengurangi service dan fitur fitur yang mengirimkan data ke microsoft secara tidak langsung juga membuat Windows 10 sedikit lebih ringan dan hemat data internet dikarenakan berkurangnya komunikasi dengan server Microsoft.

 

Keuntungan menggunakan O&O ShutUp10 :

-Kontrol lebih pada sistem operasi Windows 10
-Mengatur keamanan lebih jelas
-Menjaga Privasi
-Mengatur pembagian lokasi
-Mengatur Windows Upate
-Tidak membagikan data user, telemetri dan diagnostik

 

Download O&O ShutUp10 :

DOWNLOAD

 

Cara menggunakan O&O ShutUp10 :

Actions > Apply only recommended settings atau Apply Recommended and somewhat recommended settings.

Atau jika anda mengerti tentang fitur fitur yang ingin anda kontrol, anda bisa mengatur secara manual menggunakan tombol tombol yang ada didalam softwarenya.

 

Hasil menggunakan O&O ShutUp10 :

shutup10-comparison-win10

 

Hasil yang saya dapatkan sejak menggunaan O&O ShutUp10 adalah berkurangnya penggunaan hard disk secara random, dan Windows update yang lebih terkontrol. Juga sudah saya test kepada komputer yang baru terinstall windows 10 bersih, dengan mengaktifkan settingan rekomendasi, komputer saya bisa lebih hemat sampai dengan 100Mb RAM. Juga jika kalian lihat pada screenshot diatas, jumlah proses yang digunakan juga berkurang, hal ini akan memberikan ruang lebih pada prosesor pada kalian bekerja ataupun bermain game.

*hasil yang di dapatkan pada setiap komputer dapat berbeda beda tergantung spesifikasi, versi windows 10, dan faktor lainnya.

Sumber : https://www.oo-software.com/en/shutup10