image source: Photo by Blaz Erzetic from Pexels

Halo sahabat NinoPro, sudah lama nih saya tidak melakukan update karena kesibukan pekerjaan.

Pada kesempatan hari ini saya akan membagi tips bagaimana cara meningkatkan suara headphone, dan earphone kalian gratis hanya dengan teknik equalizing headphone frequency alias melakukan modifikasi profil suara dengan parametrik ekualiser agar suara yang dihasilkan headphone/ earphone lebih natural, dan lebih studio sounding.

Kenapa harus dilakukan Equalizing? Karena pada setiap manufakturer melakukan tuning yang berbeda beda sehingga suara yang dihasilkan terkadang tidak merepresentasikan suara musik yang sebenarnya dibuat oleh sang Artis/ Produser.

Mari kita lihat contoh dibawah ini untuk headphone favorit para youtuber yaitu SONY MDR-1000 Series.

Nah kalau kalian perhatikan di grafik diatas ini, Jika melihat warna hitam, yang bertuliskan RAW, maka kalian dapat melihat frekuensi response dari headphone MDR-1000X tersebut.

Melihat grafik tersebut maka bisa terlihat bahwa pada frekuensi rendah 20 – 200hz ada boost yang berlebih sehingga menghasilkan suara yang bass heavy dan mendem.

Juga terjadi boost yang besar pada frekuensi 2000hz hingga 5000hz yang mengakibatkan suara menjadi kurang menyenangkan.

Nah yang dilakukan oleh teknik equalizing headphone frequency, adalah melakukan pengaturan yang berlawanan sehingga profil suara mendekati natural/ flat. Bisa dilihat pada garis yang berwarna hijau gelap yang bertuliskan Parametric EQ.

Modifikasi yang dilakukan sebagai berikut:

Type Fc Q Gain
Peaking 115 Hz 0.74 -3.0 dB
Peaking 1203 Hz 2.18 5.6 dB
Peaking 5802 Hz 3.97 -9.0 dB
Peaking 8194 Hz 2.8 -4.1 dB
Peaking 10854 Hz 0.4 2.4 dB
Peaking 462 Hz 2.23 1.7 dB
Peaking 1953 Hz 3.84 -4.8 dB
Peaking 2090 Hz 1.64 2.1 dB
Peaking 3920 Hz 3.12 1.5 dB
Peaking 4159 Hz 7.61 -3.3 dB

 

Jika kalian lihat perinciannya maka banyak pengurangan pengurangan pada frekuensi yang berlebih bukan? Ini yang menghasilkan suara headphone yang lebih natural dan lebih flat seperti kualitas studio.

Yuk coba dengar suara yang sudah diperbaiki dengan AutoEQ pada Earphone saya Airpods Pro

Gimana gimana? Ada gambarannya dengan perubahan suaranya? Mohon maaf jika rekamannya tidak merepresentasikan penuh, soalnya saya tidak punya alat untuk merekam secara benar untuk earphone.

Tertarik? Tapi terlihat susah? Ada kok cara gampangnya..

Untuk pengguna Android, dapat mendownload aplikasi yang bernama Wavelet. Eits tapi sebelum download, yuk pastikan headphone/ earphone kalian ada di master list database AutoEQ, Klik disini untuk melihat databasenya. jika belum ada mohon maaf berarti cara ini tidak berlaku untuk kalian saat ini :((

Langsung saja yuk, Setelah download, Colok atau hubungkan headphone/ earphone kalian lalui Buka aplikasinya, menuju pengaturan dan lakukan konfigurasi seperti berikut:

Nyalakan legacy mode dan atur buffer size menjadi 2048 Samples.

Tekan Tombol Yang Ditengah, lalu Nyalakan AutoEQ dan Tekan Tombolnya untuk Lakukan Konfigurasi

Tekan bagian Headphone Model, Dan Menuju Tombol Pencari (search) Lalu tinggal cari Model Headphone/ Earphone Kalian.

Langsung Josssss, suara headphone/earphone kalian langsung menjadi lebih Natural deh.. Suara bass ataupun treble yang tadinya berlebih sudah di ekualisasikan sehingga lebih Normal. Silahkan di tes matikan dan nyalakan bagimana perbedaanya?

 

Untuk pengguna selain Android, seperti iOS, Windows, MacOS pun sebenarnya juga bisa, tetapi caranya lebih sulit, Kalian bisa langsung membaca di halaman GitHubnya.. Atau jika tertarik mungkin saya akan buatkan artikel lanjutannya.. Yuk komentar jika tertarik untuk tutorial autoEQ lainnya.

 

Download wavelet

 

Referensi:
1.
Project AutoEQ: https://github.com/jaakkopasanen/AutoEq