Hai sahabat NinoPro! Bagaimana hari hari mu? Ada yang ngantor dan ada yang di rumah aja nih kerjanya sekarang.

Dirumah aja? Berarti AC makin sering digunakan dong.. gimana dengan tagihan listrik? Semakin meningkat juga ya? Yuk cari tau gimana caranya menggunakan AC dengan lebih hemat, ga perlu alat tambahan apa apa dan cara yang sulit loh..

Kok bisa? Gimana caranya? yuk langsung aja…

Gunakan mode DRY pada saat bekerja. Cukup itu saja…

Itu aja loh, Tapi kenapa?

Pada saat menggunakan DRY mode pada AC, mode ini akan memprioritaskan tingkat kelembaban udara dari pada suhu pada ruangan. Jadi ketika tingkat kelembaban yang nyaman sudah tercapai, kipas dan kompresor AC akan mati. Jadi disini point berhemat energi.

Berbeda dengan mode COOL yang memprioritaskan suhu ruangan, jadi ketika suhu ruangan sudah tercapai, Kipas AC tetap menyala walaupun kompresor sedang mati.

Disinilah perbedaan DRY dan COOL, dan kenapa mode DRY bisa lebih hemat energi, karena pada saat kelembaban dan suhu nyaman tercapai, maka kipas AC dalam dan Kompresor yang berada diluar akan mati. Sama saja seperti kalian mematikan AC ketika sudah dingin.

 

Jadi mending saya pakai mode DRY terus dong? Jawabannya relatif. Apakah kamu nyaman dengan suhu yang di produksi oleh mode DRY? Karena mode DRY ini memprioritaskan kelembaban ruangan, Jadi biasanya suhu ruangan akan dijaga sekitar 26°C – 27°C dan kelembaban di 50% yang sebenarnya relatif cukup nyaman.

Biasanya kalian menggunakan AC di suhu 25 maka saya rasa kalian akan nyaman dengan mode DRY, tetapi jika kalian biasa menggunakan suhu dibawah 24°C maka mungkin mode ini kurang cocok dengan kalian.

 

Gimana cara menggunakan mode DRY pada AC kalian?

Cukup cari simbol Air atau tulisan DRY, nanti AC kalian akan segera masuk ke mode tersebut. Kalian akan segera mendengar perbedaannya, ketika kelembaban dan suhu yang ideal sudah tercapai maka kipas AC kalian akan mati dan hening walaupun posisinya masih terbuka.

 

Selama bekerja di rumah saya biasa menggunakan mode DRY, karena kondisi yang terlalu dingin juga tidak enak, membuat susah mengetik dan menggerakan mouse. Lalu mode DRY ini juga ideal, dari pada mematikan AC dan menunggu ruangan panas kembali, maka itu akan membuat AC bekerja keras mendinginkan ruangan yang panas, jadi baiknya kita membiarkan AC otomatis menjaga suhu dan kelembaban yang ideal.