Ruangan di rumah semakin kecil di jaman sekarang ini, jadi meja komputer yang luas bukan merupakan opsi yang cocok. Nah ketika dibagian kiri kanan ruang sudah penuh, meletakan speaker pun tidak muat. Soundbar adalah solusinya.

Mencari soundbar kecil dibawah harga 100rb? Sonicgear Soundbar 200p adalah salah satu solusinya. Ukurannya yang tidak terlalu besar, cocok untuk diletakan di bawah monitor sehingga menghemat tempat, dan suaranya langsung menghadap ke muka kalian, sehingga suara terdengar jelas dan separasi stereo yang cukup baik.

Performa suara yang dihasilkan memang cukup biasa biasa saja, lebih cenderung ke arah frekuensi rendah ke tengah sekitar 200 hz s/d 600 hz yang cukup dominan, sehingga terdengar sedikit mendem dan suara frekuensi tinggi yang kurang terdengar.

Tetapi ingat, harga yang ditawarkan hanya 99rb rupiah, dan sudah dilengkapi dengan lampu RGB untuk pemanis, sehingga Sonicgear Soundbar 200P ini merupakan opsi yang baik jika dilihat dari harga per performa.

Untuk modul kontrol hub-nya unik, menggunakan interface micro USB dari speaker kontrol hubnya dan memiliki sebuah kontrol panel yang bisa mengatur volume, lampu RGB dan tombol power. Jadi kalian bisa mematikan lampu RGB tanpa perlu mematikan speakernya.

Jika harga speaker ini diatas 150rb maka saya tidak akan merekomendasikan speaker ini, karena performa audionya cenderung kurang baik. Bass rendah yang tidak terdengar, dan frekuensi tinggi juga tidak kuat. Sehingga speaker ini berada di posisi suara rada mendem.

Jadi profil suara seperti ini cocok untuk video conferencing, meeting online, nonton movie, nonton youtube ataupun pembelajaran online. Untuk mendengarkan music kalian akan kehilangan beberapa detail suara pastinya.

Berikut ini ada video pembanding dengan iPad, dimana iPad dapat memproduksi suara yang cenderung lebih clear dan jelas.

Kesimpulannya? Soundbar ini lebih ditujukan sebagai opsi untuk meja yang sempit dan tidak ada tempat untuk meletakan speaker komputer. Suara yang dihasilkan cenderung mendem tapi fungsional dalam beberapa hal lain, seperti nonton dan meeting online. Volume yang dihasilkan juga pasti lebih baik dari kualitas suara speaker monitor atau laptop. Memiliki lampu RGB di bagian kiri kanan untuk pemanis diatas meja. Jadi jika kalian membutuhkan speaker berbentuk soundbar yang muat di tengah tengah monitor ini jawabannya. Tetapi jangan terlalu memiliki ekspektasi tinggi untuk suara yang dihasilkan. Toh harganya juga dibawah 100rb.

Beli Tokopedia.

Atau Marketplace online favorit kalian.