Kalian pengguna mobil dengan headunit yang memiliki fitur Android Auto ataupun Apple Carplay? Masalah umum yang sering dihadapi oleh pengguna Android Auto dan Apple Carplay adalah susahnya atau tidak bisa terhubung lalu juga tentang koneksi yang bisa tiba-tiba terputus atau error.

Nah, saya kebetulan sekali mengalami hal tersebut, dan sampai melakukan riset berbagai banyak hal dan susah sekali mendapati jawaban yang benar. Sebenarnya masalah umumnya biasanya pada kabel USB atau kabel Lightning yang memiliki kualitas data yang buruk.

Nah kalau kita sudah tau kabelnya buruk tapi kabel mana sih yang bisa dibilang bagus? Saya sudah membeli lebih dari banyak kabel dengan berbagai banyak ukuran panjang untuk mengetes mana yang kira kira stabil untuk Android Auto dan Apple Carplay.

Bagaimana sih cara mengatasi masalah Android Auto ataupun Apple Carplay yang paling mudah? Ternyata jawabannya yang paling mudah adalah gunakan bawaan kabel dari manufakturer handphone kalian. Misalnya kalian punya Samsung S20, jadi gunakan saja kabel yang ada pada box handphone tersebut. Begitu juga dengan iPhone, gunakan yang ada di box iPhone-mu saja…

Lalu jika perlu membeli kabel di marketplace, nah itu susah, kalian harus ber-experiment, karena kabel yang saya beli bisa terhubung di komputer degan baik untuk mentransfer data, tetapi tidak bisa digunakan untuk Android Auto ataupun Apple Carplay.

Jadi sebaiknya gunakan saja kabel yang disertakan pada saat kalian membeli smartphone kalian dan beli kabel baru untuk digunakan dirumah untuk melakukan pengisian daya.

 

Kalaupun sudah ganti kabel bawaan masih susah connect? Berikut ini adalah cara general yang bisa kalian coba:

1. Restart Smartphone kalian

Untuk hal ini tidak perlu ditanyakan lagi, ketika ada masalah pada sistem, baik itu smartphone, komputer, internet atau apapun juga biasanya sembuh ya kalau di matikan dan nyalakan lagi… Coba kalau mobil rusak dimatikan dan nyalakan bisa ikutan sembuh ya tanpa ke bengkel.. xD

2. Update Software Smartphone kalian ke yang terbaru

Pastikan pula sistem operasi di ponsel Kalian sudah terbaru, karena Apple ataupun Google biasanya melakukan update sistem utama yang berisikan perbaikan perbaikan error, dan mungkin saja Android Auto ataupun Apple Carplay termasuk dalam perbaikan tersebut.

3. Matikan koneksi VPN

Saat terjadi kegagalan koneksi Android Auto, mungkin saat itu Kalian sedang menggunakan koneksi VPN, Sebaiknya matikan dulu koneksi tersebut sebelum mencolokkan ke head unit. Karena Android Auto tidak bisa merespon jika ponsel Anda masih terhubung dengan VPN. Apasih VPN? Bisa kalian baca disini. Tapi aplikasi yang umum kalian gunakan mungkin VPN dari cloudflare 1.1.1.1 ataupun VPN lainnya.

 

Semoga cara cara ini bisa membantu kalian…