Segera matikan watermark atau cap merek pada setiap foto dari handphone kalian!

Ini adalah PSA atau sebuah public service announcement agar semua yang sengaja atau tidak tau cara mematikan watermark pada camera handphone kalian segera mematikannya.

Kenapa? Karena…

1. Kelihatan Gaptek

Oh! ini menggambarkan orang orang yang ketahuan tidak canggih, karena tidak bisa mematikan watermark atau cap logo pada handphone kalian. Emang apa esensinya sih? semua foto di labelkan Shot on …. (Quad Camera by merek tertentu?)

Bukannya seharusnya moment yang kamu pamerkan.. bukan merek handphonenya? Yang foto pake kamera ratusan juta aja ngak gitu kok, Shot on Canon 1DX Mark III Contohnya, beli ni kamera dl, kalian berhak deh pamer alat.

Padahal sebuah karya itu bukan alatnya yang berbicara, ingat “man behind the gun” orang yang mengoperasikan alat yang membuat karya seni.

Beli kamera Canon 1DX Mk. III : https://focusnusantara.com/products/digital-cameras/kamera-canon/canon-dslr-camera/canon-eos-1d-x-iii-body/

*bukan sponsor tapi harus aja

 

1.1 Masalah Privasi

Terus pamer merek, suatu saat nanti bisa menjadi target kriminalitas jika gadget gadget yang digunakan merupakan sesuatu yang premium dan diinginkan banyak orang.

 

2. Kelihatan Norak!

Mau pamer? Kameranya banyak gitu? Hmm.. misteri.. iPhone aja ga punya fitur untuk menambahkan watermark seperti itu. Hanya iklan di youtube dan TV yang ada label Shot on iPhone. Kalian pengguna yang cermat, jangan ikut ikutan norak yukkk..

 

3. Jadi marketing berjalan yang tidak dibayar

Secara tidak langsung kalian jadi iklan berjalan yang ngak dibayar oleh produsen handphone tersebut. Kamu dapat komisi ga? setiap fotonya di labelin Shot on … Quad Camera, AI dsb…

 

4. Tidak Estetik

Terakhir dari segi kesenian, sebuah watermark itu menggangu estetika sebuah karya ya foto kalian itu. Mending watermarknya nama kamu. bukan nama produsen handphone kalian.

 

Yuk segera matikan..

Caranya sedikit berbeda beda dari setiap merek. Tapi kurang lebih sama, biasanya ada di bagian setting kamera. Cari opsi watermark dan segera matikan.

1. Buka aplikasi kamera kalian

2. Carilah kata kata watermark, label, atau sejenis dan segera matikan

Dengan ini kalian tidak lagi norak, tidak menjadi iklan berjalan dan sudah tidak gaptek lagi! Setiap hari belajar sesuatu yang baru kan ya… Oh lagi foto kalian jadi semakin baguss… tanpa embel embel merek.

Selamat mencoba!

 

Disclaimer: Artikel ini tidak dibuat karena ada masalah dari sebuah merek atau produsen tertentu dan tidak bermaksud menyinggung dan menjelek jelekan merek tersebut, Jika ada merek yang tercantum di artikel ini hanya untuk edukasi dan sebuah pengumuman saja agar masyarakat umum lebih teredukasi.