Terkadang mencari bluetooth speaker yang bentuknya minimalis dan simpel itu susah, semakin banyak produsen produsen elektronik yang mengeluarkan desain yang futuristik dan explorasi gaya yang aneh aneh.

Padahal tidak semua orang suka dengan model yang aneh aneh, Nah.. setelah menelusuri online shop, ditemukannya bluetooth speaker Robot RB420 Brio dengan harga terjangkau  yang cocok dengan gaya minimalism NinoPro.

Kenapa saya suka dan bilang ini bagus? karena desainnya cukup minimalis dan terkesan mewah untuk harganya, bahkan kalau boleh dibandingkan, anda bisa merasakan esensi desainer produk mahal seperti SONY di produk ini. Warna yang disediakan juga cukup elegan karena menggunakan warna pastel.

Dari harganya yang hanya kisaran 140 ribuan, saya awalnya ragu dengan kualitasnya, ternyata setelah datang dan digunakan. Speaker ini menjadi salah satu opsi yang baik untuk speaker bluetooth di harga kisaran 100 ribuan <3

Walaupun bodinya sepenuhnya terbuat dari plastik, tetapi plastik yang digunakan juga tidak berasa murahan, dan finishing produknya cukup baik, rapih tanpa bagian kasar. Di Bagian bawah speaker ini juga terdapat karet agar tidak mudah bergeser di meja. Lalu bagian depan speaker terbuat dari grill besi. Sehingga cukup bagus desainnya.

Gambar: Perbandingan dengan speaker SONY

Nah bagian terpenting dari speaker pastinya suaranya dong.. bagaimana kualitas suara dari speaker ini?

Untuk anda yang penasaran, Anda bisa melihat perbandingan suaranya di video dibawah ini. Saya bandingkan dengan speaker kecil dari SONY SRS-X11, Disini kalian juga bisa melihat bentuknya yang memiliki esensi minimalis seperti ala SONY.

Jawabannya… Untuk harga kisaran 100 ribuan cukup bagus. Reproduksi suara cukup jernih, dan memiliki detail yang bisa dibilang cukup. Tetapi speaker ini kurang bisa memproduksi frekuensi rendah dengan baik, sehingga bass yang dihasilkan kurang berasa.

Jika dibandingkan memang tidak adil, SONY yang lebih kecil memiliki suara yang lebih bulat, dan memiliki kemampuan produksi bass yang lebih baik, tetapi harga speaker SONY ini nyaris menyentuh 1 juta, jadi memang tidak untuk dibandingkan secara langsung.

Tetapi speaker Robot RB420 Brio ini tidak kalah, dikarenakan suara speaker SONY hanya mono, tetapi speaker Robot Brio ini sudah stereo, dan dengan harga kisaran 100 ribu, saya tidak bisa meminta lebih banyak lagi dari speaker ini. Bluetooth 5 juga sudah didukung oleh speaker Robot RB420 Brio ini, berarti teknologi yang digunakan sudah terkini sesuai dengan zamannya.

Jadi? Speaker Robot RB420 Brio ini menurut saya adalah opsi yang sangat baik dan bisa direkomendasikan untuk kalian yang mencari speaker dengan bentuk yang minimalis dan clean looking, dengan budget yang terbatas. Tanpa melupakan suara yang dihasilkan juga cukup baik untuk harganya.

Kalian bisa mendapatkan speaker ini di toko online favorit kalian!