Review singkat Pokemon Let’s Go Eevee & Lets Go Pikachu dari fans pokemon yang sudah tua ini. Jujur saja awalnya saya sangat ragu untuk membeli seri pokemon ini, sekilas hanya re-master dari Pokemon Yellow, Red, Green, Blue. Hal ini yang membuat saya sangat ragu, dikarenakan saya sudah beberapa kali mengulang seri pokemon tersebut, dulu saya main Pokemon Red dahulu, lalu mencoba Yellow yang secara inti permainan sama. Belum lagi jika Anda sudah bermain Pokemon Silver / Soul Silver, maka Anda akan mengalami perjalanan cerita yang sama juga.

Gambar : Nintendo Switch dengan bundle Pokemon Let’s Go Eevee !

Akhirnya saya membeli pokemon seri Lets Go Eevee dengan bundle dari Nintendo Switch Let’s Go Eevee! Impresi pertama adalah grafis yang sangat berbeda dari sebelumnya juga bgm yang tentunya sudah di remaster membuat saya bernostalgia dan berbahagia. Pada sisi lainnya saya belum kagum dengan game ini, tetapi setelah bermain sekitar 8 jam, saya baru sadar game ini memang di desain untuk berbeda dengan seri Pokemon original, Pokemon Yellow.

gambar : perbandingan grafis, kapal pesiar S.S Anne

Cubone Mother Scene

gambar : scene di lavender town, yang dulunya hanya text. Untuk pemain baru jangan dibuka, nanti kehilangan salah satu scene iconic di ceritanya

Sebagai fans lama Anda akan kagum sendiri, dengan cutscene yang di tampilkan, pada cerita Pokemon sebelumnya, seperti kejadian di lavender town, kisah sebuah ibu cubone dengan tim rocket. Wah saya sih memang mudah kagum, saya anak desain kalo dikasih re-master dari scene yang dulu hanya tulisan, saya sangat bahagia dan pastinya pemain lama dapat menikmati grafis grafis yang menarik.

pokemon lets go 20h gameplay

gambar : setelah 20jam lebih bermain, baru menuju pokemon league.

Gameplay yang jauh lebih panjang, terdapat beberapa “side quest” untuk dijalankan. Tadinya saya pikir saya akan kecewa dengan seri pokemon ini, ternyata pengalaman yang diberikan itu cukup berbeda, akhirnya saya sadar bahwa pokemon seri lets go eevee ini bukanlah sebuah re-master, tetapi timeline alternatif dari pokemon yellow, dimana kita bukanlah lagi si Red / Blue. Kita adalah kita yang baru. Terkejutlah saya ketika kehabisan ide dan saya menamakan rival baru saya juga Blue, ternyata karakter BLUE ( yang bisa dikenal sebagai Garry di anime pokemon ) itu masih ada di game ini. Ya Blue dan Red bisa anda temui, dan mereka tentunya sudah lebih dewasa, jadi ada jenjang waktu dimana mereka (red/blue) memulai perjalanan terlebih dahulu sebelum dunia Let’s Go seri dimulai.

gambar : pokemon trainer green, red dan blue ( ada yang baru tau tidak ? bahwa si green itu cewek loh, di anime dipanggil jg リーフ rifu / leaf )

Jalan cerita utama tetap sama dengan seri Pokemon original, tetapi ditambah bumbu bumbu yang tentunya baru dan berbeda dari seri original, seperti sudah tidak ada HM (seperti fly, cut, strength) tetapi menjadi Secret Move yang akan dipelajari oleh Eevee atau Pikachu.

pokemon lets go hidden move fly

gambar : secret move sebagai pengganti HM

Pengalaman bermain juga berbeda jauh terutama dalam menaikan level Pokemon, di jaman dulu kita lebih terkenal akan “grinding” dimana kita akan melawan pokemon di rerumputan berulang kali untuk menaikan level pokemon kita, tetapi di seri Let’s Go ini, experience akan lebih besar dalam menangkap Pokemon, sehingga kita akan lebih meluangkan waktu untuk menangkap pokemon, sambil melengkapi pokedex, juga sambil menaikan level Pokemon kita. Oh ya, disini otomatis Exp Shared, jadi semua Pokemon kita akan mendapatkan EXP ketika selesai battle dan menangkap Pokemon, hal ini akan membuat tim menjadi lebih balanced, dan progres game menjadi lebih mudah.

pokemon go park

Gambar : Pokemon Go Park di Fuschia City.

Lalu ada integrasi dengan Pokemon Go, anda bisa mengakses fitur ini setelah sampai di Fuschia City, walaupun fitur ini sangatlah terbatas dan saya rasa hanya gimick, dikarenakan dari berbagai variasi yang ada di Pokemon Go ( gen1, gen2, gen3, dll ) yang bisa di transfer ke Pokemon Let’s Go ini hanyalah generasi pertama saja. Jadi sedikit sia sia jika anda merelakan diri bermain pokemon go untuk melengkapi pokedex di Pokemon Let’s Go, dikarenakan Pokemon Go terlalu bervariasi Pokemonnya.

 

 

Lalu Pokeball Plus, awalnya saya sangat kagum dengan Pokeball Plus, haptic feedback yang sangat realistis, pokemonnya seperti ada di dalam pokeball, gerakan yang sesuai dengan animasinya, juga terdapat speaker di dalam Pokeball Plusnya, tetapi lama kelamaan digunakan tangan saya menjadi lebih lelah, mungkin dari segi ergonomis saya bilang kurang baik, akhirnya saya kembali menggunakan Joy Con bawaan Nintendo. Oh, Anda juga akan dapat Mew dari Mystery Gift jika anda mempunya Pokeball Plus.

pokemon lets go eevee toss

gambar : victory hi five !

Pokemon Lets Go Eevee dan Pikachu ini, bukan untuk fans yang hardcore kelas berat, seperti mencari IV yang sempurna, pokemon shiny, breeding dan lainnya. Pokemon ini tepatnya adalah introduksi untuk pemain baru, saya tidak menyarankan para fans pokemon membeli game ini dikarenakan ingin cerita baru. Pokemon Lets Go ini cocok untuk Anda yang ingin turun kembali ke dunia pokemon dalam perspektif baru. Bukan sebagai Red / Blue, karena Anda akan akan ada rival baru.

gambar : grafis gym yang memukai, pertama kalinya melihat gym yang begitu keren.

Kesimpulannya, saya cukup kagum dengan seri ini, terlalu meremehkan tetapi pada kenyataanya saya sangat enjoy bermain, sisi nostalgianya ada, juga sambil terkagum kagum dengan tambahan tambahan kecil yang mereka lakukan. Jadi ! jika anda pemain senior alias sudah tua yang kompetitif, Anda bisa melewati seri ini, tetapi jika faktor nostalgia adalah tujuan utama Anda dan Anda rela mengulang cerita yang Anda sudah tahu bahkan hapal,  Saya bisa rekomendasikan game ini, Lalu untuk pemain baru yang belum mengenal seri Pokemon atau yang datang dari Pokemon Go, jangan ragu, seri Pokemon Let’s Go Pikachu dan Eeevee cocok sekali untuk Anda !

 

Pros :

  • Grafik Memukau untuk seri Pokemon
  • Introduksi yang baik pemain baru
  • Cara bermain yang baru
  • Support 2 Player
  • Gameplay dari sudut padang selain karakter Blue & Red
  • Permainan yang cukup mudah
  • Variasi element gen lainnya telah di implementasi ( dual eg. flying ice, gen other eg. fairy )

Cons :

  • Inti cerita sama dengan Pokemon Generasi 1 ( Yellow, Red, Blue, Green )
  • Tidak ada faktor selain nostalgia yang bisa menarik pemain lama / hardcore fans
  • Belum implementasi Hidden Ability, padahal sudah ad element gen 5
    <Seharusnya menjadi kesempatan introduksi hidden abilities dan faktor lainnya>

 

( Total gameplay untuk mengelarkan ending pertama ( elite four ) 21 Jam 59 Menit )
*2x lebih panjang dari pokemon biasanya ( imo )

 

Overall Score dari sisi Pemain lama

7/10

Overall Score untuk sudut pandang Pemain baru

9/10

 

Extra Plot !?

Image result for pokemon let's go timeline

Sedikit plot dari Pokemon Let’s Go, apakah akan ada remake dari Pokemon Silver / Gold / Sapphire di Nintendo Switch ? Sabrina meramalkan akan bertemu trainer seperti kita dalam waktu 3 tahun kedepan, Seri yang masih berhubungan dengan Pokemon Gen 1 adalah Pokemon Gen 2, Silver, Gold, Sapphire. Dimana explorasi region Johto dan kembali ke Kanto (region gen 1).

Hmm, Jadi menarik nih… Gimana pendapat kalian ?

 

Bagaimana review game pertama dari saya ? apakah ada masukan, seperti pembahasan terlalu ringan atau bahkan terlalu berat ? silahkan berkomentar di bawah.