Guysss, lagi meta mouse ringan dan enteng nih.. Akhirnya ganti mouse juga setelah 5 tahun menggunakan seri MX Master dari Logitech.

Jatuhlah pilihan kepada Razer Viper Ultimate. Mouse yang hanya berbobot 74g dan tanpa kabel ini akan membuat orang akan terkagum kagum ketika pertama kali menggunakannya, betapa ringannya mouse ini.

Sudah lama banget tidak kembali ke seri gaming mouse, terakhir mouse gaming saya adalah SteelSeries XAI, dikarenakan pada dasarnya sudah jarang bermain game. Tetapi karena pandemi covid-19 kebiasaan saya berubah, dan mulai bermain game lagi, seperti dota 2, overwatch dan berbagai game lainnya. Dimana mouse Logitech MX Master yang merupakan mouse kantoran sangat berat dan membuat tangan pegal ketika melakukan gerakan yang cepat. Ibaratnya main bulu tangkis pake raket tenis deh.. pegel..

Setelah melakukan riset yang sangat lama, keputusan jatuh kepada Razer Viper Ultimate ini.

Bagaimana kesan menggunakan mouse yang ringan dari Razer ini? Yuk langsung saja…

 

 

Pertama menggunakan mouse ini, butuh adaptasi, bukan dari beratnya tetapi dari bentuknya, mouse yang selama ini saya gunakan adalah mouse tangan kanan, sedangkan Razer Viper Ultimate adalah Ambidextrous Mouse, dimana memiliki bentuk yang lebih universal dan flat agar bisa digunakan di posisi kiri dan kanan.

Untuk kalian yang biasa menggunakan mouse tangan kanan, butuh waktu membiasakan diri untuk menggunakan mouse ini, terutama untuk melakukan akrobatik tombol tombol makro yang ada di samping mouse ini.

 

 

Walaupun terbuat kebanyakan dari plastik, tetapi mouse ini kokoh dan dibuat dengan presisi, tanpa terasa murahan dan tidak ada bunyi aneh ketika digenggam dengan keras. Juga memiliki tekstur karet yang ada disamping sehingga mouse ini mudah di genggam.

 

 

Mouse feet  PTFE yang baru, yang membuat mouse ini sangat licin dan asik digunakan untuk bermain dan bekerja. Mouse Razer Viper Ultimate ini juga sudah menggunakan optikal switch terbaru dari razer sehingga clicknya terasa sangat berbeda dari mouse lainnya, mungkin bisa dibilang lebih enak dan lebih cepat.

 

 

Untuk kenyamanan, mouse ini sangat nyaman di tangan, ringan, tanpa kabel. Lalu tombol yang ada di sisi kiri dan kanan juga mudah digunakan. Mouse ini berbentuk Ambidextrous yang mungkin digunakan untuk tangan kiri dan tangan kanan. Jadi untuk kalian yang lebih menyukai mouse yang di desain untuk tangan kanan saja, perlu memperhatikan aspek ini.

Karena bentuknya yang lebih datar dan Ambidextrous, mouse ini nyaman digunakan oleh tangan ukuran kecil sampai ke ukuran menengah besar. Untuk tangan yang ukuranya lebih besar kiranya akan berasa mouse ini kecil dan bahkan bisa kurang nyaman digunakan. Perhatikan aspek ukuran tangan ya.

 

 

Untuk wirelessnya, Razer sudah menggunakan Hyperspeed wireless yang canggih dimana polling ratenya mencapai 1000hz dimana itu sangat mengagumkan untuk wireless, sehingga gaming terasa sangat nyaman karena pergerakan mouse ini sangat akurat, presisi dan cepat. Juga dukungan sensor Focus+ hingga 20.000 DPI yang dibilang sangat cepat. Pastinya mouse Razer Viper Ultimate ini sangat cocok untuk Gaming.

 

Daya tahan baterai boleh dibilang cukup bagus untuk kelasnya, dimana kompetitor utamanya yaitu Logitech G PRO Wireless menawarkan hingga 60 Jam, Razer Viper Ultimate ini bisa bertahan hingga 72 Jam. Selama digunakan saya tidak bisa memastikan 72 Jamnya ini, karena saya biasa menerapkan metode pengecasan 30% – 80% agar semua perangkat saya umurnya panjang.

 

 

Selain itu juga karena Razer Viper Ultimate juga menyertakan dock untuk pengecasan yang mudah, jadi setiap ada waktu senggang saya tinggal meletakkannya di dock. Tanpa perlu mengambil kabel kabel Micro USB.

 

 

Awalnya saya merasa dock ini hanya gimmick atau hiasan, tetapi mode indikator baterai sangat berguna, ketika warna lampunya sudah berwarna oren saya bisa mulai meletakkannya di dock untuk dicas.

 

 

Untuk dukungan Software Razer Synapse saya kurang suka dengan softwarenya, karena sedikit lambat dibuka dan terkesan belum optimal karena masih dalam tahap Beta juga. Tetapi untuk fiturnya bisa dibilang sangat banyak dikarenakan adanya Hypershift, yang membuat banyak tombol menjadi 2x lipat banyaknya dan kemungkinan mouse ini menggantikan mouse produktivitas saya mx master yang memiliki fitur navigasi gesture pad yang komprehensif.

 

 

Bisa deh pokoknya untuk gaming ataupun produktivitas. Ini contoh konfigurasi yang saya gunakan sehari hari. Lebih ke pengunaan santai untuk ganti ganti musik, volume dan lainnya. dan ada konfigurasi lainnya seperti switch desktop 1 ke 2 dan windows management lainnya.

 

Kesimpulannya gimana? Mouse ini sangat ringan, nyaman digunakan, fitur banyak, Mouse ini siap digunakan untuk berbagai kebutuhan baik itu dari Gaming, bekerja, produktivitas, editing video dan banyak lainnya mouse ini akan tetap siap digunakan, karena banyaknya opsi yang bisa dikonfigurasikan dengan Razer Synapse dan Hypershiftnya sangat membantu, Mouse ini juga mendapatkan charging dock yang membuat pengecasan sangat mudah dan membedakan dari kompetitornya. Tetapi dari dulu Razer ya Razer, sedikit overprice, tetapi berfungsi dengan sangat baik, terutama aspek gaming dan pencahayaan Chroma RGBnya. Kalian ga beli razer cuman buat fungsi dong, buat kedap kedipnya juga kan?

Jadi, Razer Viper Ultimate ini salah satu mouse wireless terbaik dikelasnya, yang bisa kalian jadikan opsi jika kalian sedang mencari mouse gaming wireless yang sangat handal.

 

Beli Razer Viper Ultimate disini.

 

Oh, Kekurangannya cuman 1, dan bukan di fitur mouse tetapi, lubang pengecasan micro USBnya sangat sempit dan tidak semua kabel bisa digunakan untuk mengecas mouse ini, jadi sangat repot jika ingin dibawa bepergian lama, tetapi kalian bisa mengakalinya dengan menggunakan kabel micro usb dengan kepala yang kecil atau memotong kepala kabel micro usb agar bisa masuk ke lubang pada mouse ini. Lagian mouse ini kebanyakan di charge dengan docking stationnya, jadi bukan hal yang major major banget.

modifikasi micro usb kabel