Kalian sedang mencari headphone bone conduction? tetapi biasanya harganya relatif cukup tinggi ya, lalu kenapa Plextone Boost1 Bone Conduction headphone ini harganya hanya sekitar 200rb-an?

Apakah ini benar benar true bone conduction, atau hanya ala ala bone conduction? alias hanya speaker yang diletakan diluar telinga?

Yuk langsung saja, saya akan berbagi pengalaman saya menggunakan headphone “bone conduction” dari plextone Boost1 ini..

Saya membeli bone conduction headphone dikarenakan di masa work from home jadi lebih sering menggunakan headphone, dan earphone untuk melakukan meeting online via zoom ataupun google meet. Melihat review-nya relatif cukup positif akhirnya jatuh deh keputusan untuk mencoba membeli Plextone Boost1 Bone Conduction ini.

Sudah hampir dua tahun bekerja dirumah dan melakukan meeting online menggunakan headphone dan earphone, lama lama telinga cukup lelah juga dan tidak nyaman untuk sesi panjang. Akhirnya memutuskan mencoba sesuatu yang baru yaitu bone conduction agar selama meeting online lubang telinga tidak tertutup sehingga lebih nyaman.

Plextone Boost1 Bone Conduction menjadi opsi yang saya pertimbangkan karena harganya dan karena kebutuhan saya yang sangat rendah yaitu hanya untuk meeting online, jadi kualitas suara bukanlah yang saya utamakan, tetapi kenyamanan, volume dan stabilitas koneksi.

Apakah Plextone Boost1 Bone Conduction ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik? Jawabannya untuk harga 200rb-an, ya cukup.

Dibilang true bone conduction ya tidak sepenuhnya benar, karena ini masih menggunakan speaker yang ditutup oleh membran karet, sehingga suara tetap terdengar walaupun tidak nempel di kuping. Tetapi sesuai tugasnya, dapat menghantarkan suara juga ke telinga tanpa mentutup lubang telinga.

Mungkin bisa dibilang 50% lewat suara, dan 50% lewat getarannya. Jadi tidak sepenuhnya mengandalkan getaran ke tulang telinga.

Lalu suaranya gimana? Cukup mengejutkan juga, untuk beberapa genre musik masih cukup nikmat, tetapi sangat susah mencari posisi yang tepat, apalagi kalo rambut kalian cukup panjang dan sering menutupi telinga, karena headphone ini mengandalkan kontak dengan kulit di dekat telinga, namun ketika sudah di posisi yang tepat di telinga maka suaranya boleh dibilang lumayan baik untuk harganya. Jelas suaranya lebih mendem dan detail banyak yang hilang, tidak bisa dibandingkan deh dengan headphone/ earphone harga setara.

Volume yang dihasilkan juga relatif kecil, jadi sering saya gunakan di kisaran 80% sampai 100% terus. Lalu karena volume di maksimalkan maka speaker didalam membran karetnya akan bergetar sehingga menghasilkan kesan geli geli di dekat telinga yang membuat kurang nyaman.

Jadi untuk penggunaan dalam ruangan Plextone Boost1 Bone Conduction masih dapat Kalian pertimbangkan, tetapi untuk penggunaan luar ruangan seperti pada saat berolah raga, suara volume yang dihasilkan mungkin kurang cukup kuat. Ya mungkin untuk background music masih bisa tetapi untuk menikmati kualitas lagu favorit kalian pasti kurang cukup.

Kesimpulannya, Untuk yang mencari headphone yang tidak menutupi telinga ini bisa menjadi salah satu opsi, tetapi yang benar benar mencari opsi bone conduction, maka boleh mempertimbangkan opsi lain yang benar benar true bone conduction. Untuk suaranya cukup bisa diterima dari segi harganya yang terjangkau dan bahkan untuk beberapa genre lagu cukup nikmat juga profil suaranya.

Bisa membeli Plextone Boost1 Bone Conduction disini

 

Artikel Lain:

Pakai handphone Android? Yuk upgrade suara headphone/earphone kalian GRATIS!