gambar: wizconnected.com

Sedang mencari cari lampu pintar atau smart lamp untuk tempat tinggal kalian? Bingung dengan banyak sekali brand brand smart lamp seperti Xiaomi smart bulb, Yeelight, Bardi, Galvee, Arbit, dan banyak lainnya?

Saya kasih solusi terbaik untuk kalian, yaitu dengan menggunakan Philips Wiz Smart Lamp. Artikel ini tidak di sponsori oleh Philips, hanya merupakan pengalaman pribadi selama menggunakan berbagai macam brand smart lamp.

Kenapa sih harus Philips Wiz? Jawabannya Simpel karena Philips Wiz itu sangat reliable dan bagus secara merata. Kenapa beda dari yang lain? yuk langsungs aja dibahas….

 

Kualitas Cahaya

Mencari lampu? sebutlah nama Philips, brand yang sudah lama teruji dan banyak digunakan oleh masyarakat umum. Begitu juga dengan seri WiZ ini, kualtias produksi cahaya dari Philips WiZ ini sangat bagus dan tentunya sudah mengikuti standar Philips seperti Eye Care, Flicker Free dan reproduksi cahaya yang bagus. Berbeda dengan kualitas lampu lampu LED yang belum teruji mereknya.

 

Mudah Digunakan

Aplikasi yang simpel dan mudah digunakan, pengaturan lampu untuk pertama kali juga sangat mudah dan juga support pengaturan berbagai lampu secara bersamaan, sehingga menambahkan lampu baru dalam jumlah banyak tidak repot dengan aplikasi WiZ

Untuk fitur aplikasi juga simpel, karena WiZ ini hanya berfokus pada pencahayaan dan lampu, maka aplikasi ini sangat mudah digunakan karena tidak ada fitur fitur selain untuk pengaturan lampu.

 

Punya Akesoris Tombol Fisik

Buat merek lampu lain, kebanyakan besar semua smart lamp harus di kontrol menggunakan smartphone kalian, harus buka aplikasi, atau meletakan shortcut widget pada halaman utama smartphone kalian.

Nah Philips Wiz ini memiliki aksesoris WiZ Remote dimana remote ini dapat digunakan untuk melakukan kontrol lampu Philips WiZ. Jadi mudah sekali tanpa perlu membuka smartphone kalian untuk melakukan kontrol smartlamp kalian.

Enakan punya remote? mau buat redup, atau ganti warna lampu saja harus buka smartphone? sudah ketinggalan jaman! hehe..

 

Bekerja secara Offline*

Untuk yang sudah membeli WiZ Remote, kabar baiknya remote ini akan langsung berkomunikasi dengan lampu Philips WiZ yang sudah di konfigurasikan di Aplikasi WiZ. Alhasil, tanpa Wifi pun lampu Philips WiZ dapat di kontrol secara Offline atau tanpa internet.

Jadi untuk yang internetnya tidak menyala 24 jam, ataupun sering mati, Philips Wiz dengan WiZ Remote sangat cocok menjadi pilihan kalian.

 

Pilihan Aksesoris

Memang dari aksesoris Philips WiZ ini cenderung minim, hanya ada 2 yang paling mudah dibeli, yaitu WiZ Remote dan Motion sensor, tetapi sangat fungsional dan Independen karena kebanyakan dapat berkomunikasi langsung dengan lampu Philips WiZ itu sendiri tanpa mengandalkan Wifi setelah konfigurasi. Jadinya aksesoris dari Philips WiZ ini sangat reliable.

Contohnya, Motion sensor, kalian dapat letakan di gudang yang tanpa ada Wifi, dan lakukan konfigurasi pertama menggunakan Tehtering atau Portable Hotspot dari smartphone kalian.

Setelah di lakukan pengaturan, maka selanjutnya motion sensor akan langsung dapat berkomunikasi dengan Lampu yang ada digudang tersebut tanpa Internet/ Wifi, jadi ketika ada gerakan maka lampu akan lansung menyala.

Lalu karena akseosrisnya cenderung berkomunikasi langsung dengan si lampu Philips WiZ, maka waktu jedanya jadi pendek, berbeda dengan brand lain yang mengandalkan internet, sehingga terkadang memiliki lag ataupun delay yang lebih lama.

 

State Recovery dan WizClick

Buat yang pernah punya lampu pintar pasti pernah ngalamin, ketika listrik padam dari PLN dan ketika listrik kembali menyala, lampu langsung menyala terang benderang padahal sebelumnya sudah dimatikan.

Ya ini karena lampu pintar tersebut kurang pintar, alisa tidak memiliki memori, ataupun State Recovery/ Remember Last State, jadi ketika lampu kehilangan listrik, maka lampu dengan bodohnya akan menyala lagi padahal sudah dimatikan.

Berbeda dengan Philips WiZ yang memiliki memori, sehingga ketika kalian sudah mematikan lampu, dan listrik padam, ketika listrik kembali lampu Philips WiZ akan tetap padam, sehingga ketika kalian sedang tidur lampu tidak akan menyala secara tiba tiba.

Lalu tambahan WizClick, karena lampu Philips WiZ memiliki memori, maka dapat disimpan 2 konfigurasi simpel, ketika menyalakan dengan saklar 1x maka akan menyala profile 1, dan menyalakan saklar 2x beturut turut maka akan menggunakan profile ke 2.

 

Integrasi

Integrasi Philips WiZ cukup baik, mendukung Google Assistance, Smart Things, IFTTT, dan banyak lainnya. Sayangnya belum support untuk Apple Home Kit, jadi belum bisa dikontrol dengan Siri di iPhone.

 

Tonton Demo Pengaplikasian Aksesori Philips WiZ

 

 

Kesimpulannya, untuk kalian yang mau memulai dunia smart home, atau rumah pintar dan ingin mulai dari lampu, jadikan Philips WiZ salah satu pilihan lampu pintar yang teratas. Dikarenakan kualitas cahaya yang baik, aksesoris fisik yang dapat berkomunikasi langsung dengan lampu bahkan tanpa internetpun, membuat Philips WiZ sangat saya rekomendasikan.

Tetapi untuk kalian yang mau langsung integrasi sana sini, dan butuh aksesoris banyak seperti door sensor, temprature sensor, sensor cahaya dan lainnya, harus mulai melirik merek lain ataupun bisa langsung ke brand premiumnya Philips yaitu Philips Hue yang memiliki aksesoris yang sangat beragam.

 

Beli Philips WiZ:

Smart Bulb: https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=philips%20wiz

LED Strip: https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=philips%20wiz%20led%20strip

WiZ Remote: https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=philips%20wiz%20remote

Motion Sensor: https://www.tokopedia.com/search?st=product&q=philips%20wiz%20motion%20sensor