Punya pertanyaan seperti Apa itu GHz pada laptop? Apa itu Turbo Boost? SMT, RAM, UFS 2.0/ 3.0? SSD, HDD?

Yuk kita bahas spesifikasi umum yang kalian harus mengerti sebelum membeli gadget seperti smartphone, handphone, laptop maupun komputer, baik itu untuk diri sendiri ataupun untuk hadiah orang lain.

Kita mulai dari yang paling umum…

CPU GHz ( Frekuensi )

1.6Ghz, 2.4Ghz, 2.8Ghz sampai 5.1Ghz, apaan sih itu? Secara mudah itu adalah seberapa cepat sebuah CPU atau otak komputer menyelesaikan 1x putaran (cycle) lebih mudahnya kyk RPM mobil deh… pasti tau dong, makin gede RPM mobil makin ngebut kan mobil kamu? Ya CPU juga gitu.. semakin tinggi GHz berarti bisa melakukan pekerjaan yang lebih cepat

 

Core Count (Jumlah Inti Prosesor)

Dual Core, Quad Core, Hexa Core, 1 Inti, 2 Inti, 4 Inti, 8 Inti. Kalian pasti sering mendengar terminologi tersebut. Ya ini adalah jumlah inti atau otak prosesnya.. Jika biasa spesifikasi akan menggabungkan CPU Ghz dengan Core Count.

Seperti: Intel Core i7 7700HQ @ 2.8Ghz (4 Core 8 Thread)

 

Thread Count ( Jumlah Thread )

Ini adalah pasangan dari Core Count, yaitu thread, bukan berarti setiap 1 inti hanya bisa melakukan 1 pekerjaan. Pada seri proses tertentu seperti Intel Core i5 dan AMD Ryzen 5 sudah memiliki fitur Hyper Threading atau SMT dimana setiap intinya bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Contoh: Intel Core i7 7700HQ @ 2.8Ghz (4 Core 8 Thread)

Ini artinya memiliki 4 inti prosesor, tetapi bisa melakukan 8 pekerjaan sekaligus secara mudahnya.. seperti 4 orang tapi jika ditotal maka ada 8 tangan bukan?

 

Turbo Boost dan Precision Boost

Turbo? pshhh siuuu… bukan yang itu.. tapi mirip lah seperti yang di mobil mobil fast and furious.

Contoh: Intel® Core i7 7700HQ Processor | 6M Cache, | @ 2.8Ghz, up to 3.80 GHz

Oke disini kamu memiliki kecepatan GHz 2.8Ghz tetapi dengan kondisi yang tepat seperti suhu yang baik, maka prosesor kamu akan melakukan Turbo hinggai 3.80Ghz.

Lebih cepat, pastinya iya.. tapi ingat Turbo adalah bonus, jika suhu kritikal sudah tercapai maka prosesor akan berjalan dibawah kecepatan Turbonya yaitu di 2.8Ghz

Jika turun dibawah base clock 2.8Ghz maka itu dinamakan thermal throttling, bahasa simpelnya kepanasan, jadi harus berjalan lebih pelan.

 

CPU Cache ( L1 L2 L3)

CPU Cache adalah memori yang tertanam pada CPU kalian, ini adalah memori tercepat yang ada di dalam gadget kalian, jauh lebih cepat dari memori RAM ataupun Memori VRAM. Jadi semakin besar CPU Cache menandakan kehandalan CPU tersebut. Biasanya CPU high-end memiliki Cache yang sangat besar..

Contoh: Intel® Core i7 7700HQ Processor | 6M Cache | @ 2.8Ghz, up to 3.80 GHz

Tipikal Cache standart mungkin di 4 MB sampai 6 MB, tetapi jika CPU high-end bisa memiliki Cache besar seperti 16 MB sampai 32 MB keatas.

 

RAM

RAM adalah Random Access Memory yang artinya untuk menyimpan memori sementara yang dilakukan oleh komputer pada saat melakukan proses. Mudahnya semakin besar RAM semakin banyak aplikasi yang bisa di jalankan secara bersamaan.

Umumnya 8GB sudah sangat cukup untuk orang umum, tetapi untuk gamers ataupun profesional membutuhkan RAM 16GB atau lebih.

Biasanya saya menggunakan 11 – 12GB selama saya bekerja untuk membuka Adobe XD, Adobe Photoshop, Google Chrome, Spotify, dan MS Word.

 

Tipe Memori

DDR3, DDR4, LPDDR4, GDDR5, HBM? Kalian sering membaca atau mendengar itu? Itu adalah tipe tipe memori pada RAM kalian. Secara mudah semakin tinggi angka di belakangnya maka akan semakin cepat RAM tersebut.

Apa kegunaan Ram yang cepat? pastinya membuat gadget kalian juga lebih cepat..

 

Kecepatan Memori RAM

DDR4 2666MHz DDR4 3200MHz? Ya itu seperti Ghz pada CPU, semakin cepat angkanya semakin cepat juga RAM kalian. Ingat RAM yang cepat membuat komputer lebih cepat, Ingat dalam sebuah gadget, semua komponen saling bekerja sama, jika ada satu yang lambat semua akan menjadi lambat, dan disebut BottleNeck! Seperti kamu nuang galon aqua, lama kan? karena leher galonnya kecil…

Jadi kalo CPU kencang, tapi Ram lambat, jangan berharap kamu bisa menikmati kecepatan dengan maksimal.

 

Single Channel, Dual Channel, Quad Channel

Ini adalah konfigurasi RAM kalian, paling umum adalah single channel dan dual channel.

Contoh: 1x8GB dan 2x4GB

Walaupun sama sama berjumlah 8GB, tetapi dual channel akan berjalan lebih cepat. Untuk gamers pastikan laptop sudah Dual Channel. Untuk pekerjaan umum single channel sudah cukup.

 

HDD, SSD, SSHD

Tipe penyimpanan data pada komputer atau laptop, paling umum adalah HDD yang merupakan paling lambat tetapi memiliki memori yang sangat besar. SSD adalah yang diwajibkan di Windows 10. kalian bisa membaca kenapa harus SSD disini.

SSHD adalah gabungan dari keduanya, opsi budget yang cukup menyenangkan.

UFS 2.0 UFS 3.0 adalah tipe memori flash yang biasa terdapat pada handphone, semakin tinggi angka dibelakangnya maka semakin cepat.

 

Saya rasa ini adalah rincian spesifikasi yang paling umum yang harus diketahui oleh semua orang dalam memutuskan membeli sebuah komputer, laptop ataupun gadget. Jangan sampai salah beli, belilah sesuai kebutuhan dan sesuai budget.