Di jaman sekarang ini, polusi di kota kota besar semakin meningkat seiring pertumbuhan kendaraan terus bertambah, dan tidak terlihat gerak gerik pemerintah untuk mengatasi masalah polusi ini, salah satunya adalah Jakarta atau bisa jadi juga kota-mu?

Kita sebagai warna negara Indonesia perlu lebih peduli tentang polusi dan kesehatan tubuh kita sendiri, Jadi disini saya bagi cara untuk memantau polusi di kota kota tempat kalian tinggal, saya dulu menggunakan ini waktu saya tinggal di Beijing, China. Dimana polusinya ngak kalah keren deh dari Jakarta! hehe..

Jakarta yang didominasi pengguna kendaraan bermotor, terutama yang ber roda dua. Sudahkah Kalian semua menggunakan masker disaat sedang polusi tinggi? Jangan meremehkan polusi di ibu kota loh.. Banyak yang bilang, menghirup udara polusi tinggi seperti merokok sebungkus lebih, apalagi setiap hari… dan ditambah lagi jika kamu yang merokok, boleh lebih ngeri ngeri lagi dong?

Jika kalian menggunakan masker ketika naik angkutan umum, ataupun berkendara roda dua, maka kalian sudah benar, Jika Kalian yang masih sering lupa atau mood mood-an (kadang-kadang) juga sebenernya tidak apa apa, tetapi kalian harus tau kapan harus pakai, dan kapan boleh tidak pakai ketika sedang keluar.

Nah disini gunanya aplikasi AirVisual, aplikasi ini digunakan untuk memantau kondisi kondisi polusi di kota kota, dengan memanfaatkan sensor sensor polusi yang tersebar di berbagai daerah.

Alhasil kalian bisa tau sebelum keluar rumah, apakah Kalian harus menggunakan masker pada hari itu atau tidak wajib. Jika Kalian orang yang malas, atau terkadang lupa, dengan aplikasi ini kalian jadi bisa tahu jika sedang polusi tinggi, sebaiknya berbalik ke rumah sebentar dan mengambil masker kalian. Ingat kesehatan itu penting ya!

Yuk download aplikasi AirVisual diakhir atikel ini, dan pantau polusi disekitar Kalian, dan ikuti rekomendasinya, kapan harus mengenakan masker dan kapan boleh tidak.

AirVisual akan menampilkan nilai polusi dan di beri katagori, apakah itu baik, sedang, kotor, sangat kotor dan lainnya.

Ini foto perbandingkan Jakarta ketika sedang bersih dan sedang polusi tinggi.

Cukup seram kan perbedannya? Mungkin kamu tidak bisa melihat jika tidak berada diposisi tinggi, foto ini diambil dari lantai 36, Jadi jika sedang kotor diatas 100 atau sudah berwarna merah, Ikuti rekomendasinya dan sebaiknya kenakanlah masker kalian.

Ingat aplikasi ini tidak hanya untuk Jakarta ya, Gimana apakah kota kalian berpolusi? Jangan lupa jaga badan, dan tetap sehat ya, apalagi kalian yang setiap hari berkendara! Lalu ayok di share ke keluarga kalian, biar sama sama bisa lebih sadar akan polusi.

 

Apple iOS

‎AirVisual Air Quality Forecast
‎AirVisual Air Quality Forecast

Google Android

Air Quality | AirVisual
Air Quality | AirVisual
Developer: IQAir AG
Price: Free

atau pantau melalui websitenya

https://www.airvisual.com/