image: setup ninopro di tahun 2020

Kerja setiap hari di depan monitor dan layar? Mata sekarang menjadi cepat lelah? Namun karena tuntutan pekerjaan tidak bisa beristirahat? Ketahuilah beberapa cara untuk meningkatkan waktu di depan layar tanpa kompromi yang banyak.

Disini saya akan memberikan 4 tips agar mata menjadi tidak mudah lelah, dari cara yang paling mudah dan gratis sampai jika ingin mencari solusi dengan melakukan investasi perangkat.

 

1. Pencahayaan yang tepat

Faktor cahaya sangat mempengaruhi ketahanan kita dalam mengkonsumsi konten di layar, tidak dapat dipungkiri bahwa jika dari dahulu orang tua kita sering mengingatkan untuk jangan menonton di tempat yang gelap dapat membuat mata menjadi cepat lelah dan memungkinkan menurunkan kualitas pengelihatan dalam jangka waktu panjang itu benar.

"テレビアニメを見るときは部屋を明るくして、テレビからはなれて見てください!"

Diartikan: Ketika sedang menonton Anime, terangkan cahaya di ruangan, dan jaga jarak antara TV dan diri kalian !

Bahkan beberapa siaran televisi diluar negri, menampilkan peringatan untuk tidak menonton di tempat dengan cahaya yang redup. Jadi jika mata kalian cepat lelah, coba sesuaikan cahaya lampu kalian agar pencahayaanya sesuai dengan cahaya monitor/ televisi kalian.

Selain itu juga dapat mengurangi dampak konten yang mempunyai fluktuasi warna, sehingga dapat mencegah beberapa orang yang sensitif pada konten tertentu dan dapat seizure atau kejang.

Jadi gunakanlah kecerahan yang sesuai dengan lingkungan kalian ya! Jadi yang memiliki konsep kecerahan rendah lebih baik karena tidak membuat mata itu lelah itu salah sekali. Jika kalian menggunakan kecerahan yang gelap di tempat yang terang akan membuat mata lebih cepat lelah karena harus bekerja lebih keras untuk membaca kontennya.

 

2. Ketahuilah apa itu Bias Lighting

Ingin meringankan beban mata? Gunakan metode Bias Lighting, apa sih itu? Bias lightning adalah cahaya latar/ ambient light yang diletakan pada belakang layar, sehingga mata yang tadinya hanya fokus pada konten yang ada di monitor, maka sekarang dengan adanya bantuan cahaya di belakang monitor, maka mata akan lebih relax dan santai ketika menatap layar.

Bias ligthing bisa bervariasi hargany, dari yang murah, Kalian dapat membeli LED strip/ LED Bar yang standar saja, lalu tempelkan saja dibelakang layar kalian.

Lalu ada juga bias light yang disebut premium, dimana teknologinya pintar, dan dapat menyesuaikan warna latar cahaya dengan konten yang ada di layar kalian, sehingga konten lebih dapat dinikmati seperti di bioskop.

gambar: contoh LED bar/ Strip yang ditempel di belakang layar.

Namun, penggunaan Bias ligthing itu tidak harus mahal, yang penting kalian memiliki cahaya di belakang layar yang dapat membagi fokus mata kalian agar tidak hanya menatap monitor tetapi menjadi memandang yang lebih luas. Pastikan kualitas LED/ lampu yang dibeli memiliki pencahayaan yang baik dan tidak berkedip/ flicker ya. Baca lebih lanjut tentang LED Flicker disini.

 

3. Gunakan dark mode disaat yang tepat, bukan setiap saat

Gunakanlah mode gelap atau dark mode jika memungkinkan, Jika kalian cenderung berada di tempat yang redup, opsi dark mode dapat membuat mata lebih nyaman, namun ketika sedang berada di tempat dengan cahaya yang terang, sebaiknya matikan lah fitur dark mode, karena warna latar belakang yang gelap di tempat yang terang dapat membuat kinerja mata lebih berat.

 

4. Sesuaikan warna tempratur layar

Cara yang ini mudah mudah susah untuk dilakukan, kalian dapat memanipulasi warna temprature layar atau bisa disebut juga color temprature. Coba sesuaikan warna layar kalian dengan warna lampu yang kalian gunakan agar memiliki nada warna yang sama.

Prinsipnya seperti kalian bekerja dengan kertas putih, jika kertas putih tersebut dicahayi lampu berwarna putih maka kertas tersebut akan putih, namun jika lampu kalian kuning, maka warna kertas putih kalian cenderung menjadi kuning. Nah warna yang natural membantu meringankan beban mata.

Jika lampu kalian hanya memiliki 1 warna maka mudah untuk menyamakan warnanya, tetapi jika kalian sering bekerja dengan cahaya natural seperti matahari, maka coba sesuaikan warna layar sesuai dengan tona dari cahaya matahari, dari siang yang cenderung lebih putih, hingga sore yang menjadi lebih kuning.

Caranya? Di pengaturan monitor kalian ada, yang namanya pengaturan Color Temp. Nah dari situ bisa dilakukan pengaturan tona warna layar seperti, Warm (kuning), Cool (cenderung biru), dan Natural. Ya memang harus dilakukan sendiri sesuai dengan kebutuhan saja..

Namun jika ingin investasi, ada beberapa monitor yang dapat melakukannya untuk kalian secara otomatis, seperti: BenQ Monitor dengan fitur Bright Intelegence Plus yang dapat menyesuaikan tempratur warna sesuai dengan lingkungannya secara otomatis.

Jika kalian mempunyai iDevice seperti: Macbook/ iPhone/ iPad kalian bisa menyalakan fitur True Tone Display. True Tone adalah fitur dari iDevice yang dapat mengatur warna tona layar secara otomatis dengan menggunakan sensor cahaya ambient.

 

Yuk sayangi mata kalian, dijaman era menatap layar terus, yuk ketahui bagaimana cara yang benar dan yang salah. Jika kalian yang memiliki waktu lebih, istirahatkan mata kalian jika kalian sempat dengan melihat pemandangan yang jauh atau merem merem sejenak disaat lagi senggang ;)

 

Cek USB LED Neon Light

Cek Monitor Eye Care