Kalian baru ganti modem wireless / wireless router kamu? Nah yang lama didiamkan saja kan sayang…

Kalian bisa memanfaatkannya menjadi extender / repeater loh.. tergantung dari tipe routernya juga yaa.. Buat yang wireless repeaternya sudah support mode extender kalian bisa baca cara lengkapnya disini.

Tapi kita berbicara yang pasti pasti aja.. kita paksa wireless router merek apapun menjadi extender, tapi harus menggunakan kabel lan ya..

Oh, Jika kalian menggunakan modem wireless, bukan router wireless yaa, memiliki fitur Wireless Router Mode / Fallback LAN / Lan Backup atau bisa nama lainnya.

Contoh: Modem Indihome/ Modem XL Home/ Modem Bolt Home yang lama, dsb.

NB: Jika tidak ada fitur semacam ini, maka modem wireless kalian hanya bisa berfungsi sebagai modem, buka wireless router dan tidak bisa digunakan untuk extender.

Sebenarnya caranya sama sekali gak susah, yang susah hanya narik kabelnya aja dan penempatannya aja, misalnya dari lantai 1 ke lantai 2.

Langsung saja, kalian hanya perlu menamakan nama wireless router yang dijadikan extender dengan nama yang sama, tetapi channel wifi yang berbeda.

Skematiknya bisa seperti ini:

Contoh:

Wireless Router Utama : NinoPro Wireless | Channel 1

Wireless Router Extender : NinoPro Wireless | Channel 6 atau Channel 11

Konfigurasikan dengan cara ke bagian advanced wireless atau manual wireless settings, Ingat semua konfigurasi harus sama persis, password sama, security type jg harus sama, misalnya WPA2PSK. Yang berbeda hanya channelnya, agar perangkat bisa terhubung secara otomatis.

Lalu posisikan wireless router ke dua yang ingin dijadikan extender dengan peraturan sebagai berikut.

Jangan terlalu dekat, maka akan konflik dan membuat perangkat yang terhubung bingung dan tidak berpindah secara otomatis karena signal ke wifi router sebelumnya masih kuat.

Bagaimana cara mengetahuinya?

  • Anda bisa gunakan smartphone/laptop Anda dan cobalah berjalan sampai indikator signalnya berkurang hingga 50% ( misalnya 2 Bar dari 4 Bar )
  • Disitulah posisi yang cukup baik untuk wireless repeater Anda

Karena nama wifinya sama, password sama, perangkat kalian jika sudah mengalami kekurangan signal akan berpindah ke signal yang lebih kuat

Wifi 1 : Signal 30% – NinoPro Wireless

Wifi 2 : Signal 70% – NinoPro Wireless

Perangkat akan pindah dengan sendirinya, karena perangkat tersebut tidak tahu bahwa ini adalah 2 perangkat wifi yang berbeda karena semuanya sama.

Nah jadi inilah cara menggunakan wifi router bekas kalian yang tidak memiliki fitur wireless extender tanpa perlu membeli extender tambahan.