Windows has stopped this device because it has reported problems (Code 43)

Error Code 43 atau Windows has stopped this device because it has reported problems (Code 43). Ini masalah yang cukup generic yang bisa dialami oleh semua orang dikarenakan permasalahan pada Driver perangkat seperti Bluetooth, Wireless, USB Hub, ataupun perangkat lainnya.

Banyak sekali cara cara untuk mengatasi masalah ini, tetapi yang saya coba semua belum ada yang dapat menyelesaikan masalah yang terjadi pada saya, ataupun mungkin kalian?

Nah apa sih cara yang paling ampuh untuk menyelesaikan masalah ini?!

Yuk langsung saja dari cara yang paling mudah dahulu…

 

1. Uninstall Driver dari Perangkat yang bermasalah

Cukup Buka Device Manager ( Windows+X > Device Manager ), Lalu cari perangkat yang bermasalah, biasa ditandai dengan tanda (!) dan warna kuning.

Klik Kanan dan lakukan uninstall, Jika sudah lakukan refresh dan cari tombol ( Scan for new hardware changes )

Biarkan Windows melakukan Instalasi program tersebut. Jika sudah selesai kembali periksa apakah perangkat tersebut sudah berfungsi.

 

2. Restart Laptop / Komputer Kalian

Jika cara pertama tidak berhasil, lakukan cara yang sama, tetapi pada saat sudah di uninstall, sekarang langsung lakukan restart/reboot laptop/komputer kalian.

Setelah menyala kembali periksa apakah perangkat kalian sudah berfungsi.

 

3. Lakukan Shutdown Penuh ( Shutdown Lalu Cabut Colokan Listrik, Ataupun Baterai Laptop )

Siapa sangka cara ini mampu menyelesaikan banyak permasalahan pada laptop/ komputer kalian. Terkadang perangkat yang bermasalah berada di tempat yang tidak bisa di cabut, misalnya di dalam laptop ataupun motherboard komputer kalian.

Jika kalian melakukan restart, maka listrik belum terputus penuh ke perangkat yang sedang bermasalah tersebut, ketika Windows kembali menyala, maka perangkat tersebut masih dalam keadaan bermasalah/ error.

Solusinya agar perangkat tersebut ikut ter-restart dengan sempurna adalah dengan melakukan Shutdown penuh, atau mematikan Total.

Lakukan Shutdown, Lalu cabut perangkat kalian dari listrik, dan biarkan beberapa saat hingga kapasitor di dalam mesinnya hilang.

(diamkan beberapa menit, atau paksa colok dengan USB yang memakan daya, seperti eksternal hard disk, ataupun dengan mencoba cas handphone kalian pada saat komputer sedang mati)

Setelah beberapa saat, coba nyalakan kembali, dan periksa perangkat yang bermasalah tersebut. Semoga semua cara ini  dapat menyelesaikan masalah di komputer/ laptop kalian ya…

 

Kalo di kasus saya, Cara ke 3 berhasil menyelesaikan permasalahan error 43 pada laptop saya, setelah mencari seharian masalahnya, ternyata caranya sangat mudah jika sudah tau triknya.

Lalu jika semua cara sudah dicoba tetapi belum berhasil ada kemungkinan perangkat kalian memang bermasalah pada hardware level atau rusak, bukan error pada software/ driver/ perangkat lunaknya saja.

Goodluck troubleshooting !