Tahun 2019 dimana semua produsen smartphone berlomba lomba membesar besarkan megapixel, 32 megapixel?, 64 megapixel, 108 megapixel!? Yang bener nih…

Nah.. Bener ga sih sebenernya yang perlu dilihat hanya angka megapixel? Bener ga sih, semakin besar megapixel itu semakin bagus hasil fotonya? Atau sebenarnya ada faktor lain yang harus diperhatikan ketika ingin membeli sebuah smartphone yang menghasilkan foto yang bagus?

Ternyata memang pada dasarnya besar megapixel bukan hanya faktor satu satunya yang membuat kualitas gambar dari smartphone kalian itu bagus loh…

 

1. Besarnya Sensor Pada Kamera HP

Yup, Sensor pada kamera itu sama pentingnya dengan megapixel, semakin besar sensor yang ditanamkan pada smartphone kalian, maka semakin tinggi kualitas yang bisa dihasilkan, terutama pada di malam hari.

Apa sih sensor kamera? Sensor kamera itu gunanya untuk menangkap cahaya yang masuk pada kamera dan menjadikannya sebuah gambar, pastinya sensor yang besar akan menerima informasi lebih banyak dan menghasilkan gambar yang lebih bebas noise dan artifak (gangguan).

Sebenarnya banyak sekali teknis yang bisa dibahas dari sensor kamera, tapi yang perlu kamu tahu sekarang, semakin besar sensor kamera, maka biasanya kualitas fotonya semakin bagus juga…

 

2. Optical Image Stabilizer

image credit: https://www.prnewswire.com/

Optical Image Stabilization adalah salah satu faktor penting untuk kamera pada smartphone kalian, tidak hanya membantu mengurangi foto buram pada saat malam hari, juga membantu meningkatkan ketajaman foto disaat kalian sedang bergerak ketika mengambil foto atau video.

Optical Image Stabilizer adalah sebuah mekanisme dimana lensa dapat bergerak dengan informasi yang didapatkan dari gyro sensor untuk kompensasi dari getaran tangan pada saat memegang smartphone atau handphone kalian.

Terlebih lagi jika digabungkan dengan Digital Image Stabilization, maka hasilnya bisa seperti kamera kelas profesional. Jadi pastikan kamera kalian memiliki Optical Image Stabilization ya.. Ini juga sebabnya smartphone yang memiliki banyak kamera hanya bagus pada kamera utamanya, karena sisanya tidak dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer.

 

3. Image Signal Processing ( ISP )

Kamera pada smartphone adalah kamera yang pintar, tidak hanya asal jepret, tetapi otaknya juga harus bagus, dengan dukungan image signal processor yang canggih maka dipastikan kualitas foto akan lebih bagus. Image signal processor mengambil alih proses gambar seperti pengurangan noise, HDR (high dynamic range), kecepatan auto fokus, Digital Image Stabilisation, proses warna dan rekognisi suasana, seperti apakah ini malam hari? apakah sedang memotret binatang peliharan, atau pantai kah?

ISP yang pandai pastinya membuat hasil jepretan kalian semakin bagus, dan dijaman sekarang ini kemampuan Artificial Intelligence dan Neural Processing juga biasanya sudah tersedia untuk membantu menghasilkan kualitas foto terbaik.

Biasanya processor tingkat flagship menghasilkan foto yang lebih bagus dibanding seri budget, karena processor yang kuat dapat memproses lebih banyak informasi gambar dan kompleksitasnya, terlebih jika processor tersebut memiliki neural engine atau AI processor. Contoh: Snapdragon 855 dengan Qualcomm Spectra™ 380 image signal processor dan Dual 14-bit Computer Vision ISP (CV-ISP)

 

4. Perangkat lunak / Software

Tidak Android ataupun Apple iOS, tidak ada sebuah mesin yang bisa bekerja tanpa bantuan dari software, dengan sinergi yang baik dari kedua hal tersebut membuat kualitas foto yang dihasilkan semakin baik.

Google membuat dunia heboh ketika mengeluarkan sistem proses HDR+ dimana dynamic range dan ketajaman foto dapat meningkat drastis dikarenakan sekali jepret kamera, sistem akan mengambil beberapa gambar sekaligus dan menggabungkannya menjadi satu gambar yang optimal.

Kalian bisa baca lengkap gimana caranya meningkatkan kualitas foto dengan google camera disini.

 

5. Kualitas Lensa

Sudah bicara yang canggih canggih, jangan sampai lupa, ujung ujungnya juga lensanya kameranya, di smartphone flagship atau kelas atas, biasanya memiliki kualitas lensa yang bagus, sehingga minim distorsi dari cahaya terang dan ketajaman karena menggunakan kualitas kaca yang baik, bahkan ada yang menggunakan lensa safir seperti pada seri iPhone.

sumber: cultofmac

Kualitas lensa yang buruk, seperti plastik ataupun kaca yang murahan membuat ketajaman gambar berkurang, juga bisa mengakibatkan lens flare, dimana pencahayaan yang terang dapat membuat foto silau karena pantulan cahaya yang tidak baik.

 

Nah ya, sekarang kalian sudah pada tahu nih, tidak hanya besaran megapixel yang menentukan kualitas foto dari smartphone atau kamera kalian… banyak faktor lainnya juga ya. Lalu apa gunanya sih megapixel besar besar? Pastinya ada juga, Megapixel yang besar pastinya memuat informasi yang lebih banyak, nah di zaman sekarang ini Artificial Intelligence (AI) sangat suka informasi, nah dengan bantuan dari AI ini banyak sekali yang bisa membuat foto kalian semakin bagus loh. Yuk kita bahas di artikel selanjutnya.

 

Artikel Terkait:

Meningkatkan Kualitas Foto dengan AI Google Camera

Manfaat Megapixel Besar Pada Handphone