Tahun 2019, dimana tahun 5G mulai masuk di negara negara maju seperti Amerika, Korea dan China.

Di Akhir tahun ini, mulai ada berita Telkomsel sedang melakukan uji coba 5G di Batam. Uji coba tersebut dilakukan melalui gelaran Telkomsel 5G for Industry 4.0 di kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis (28/11/2019). –bangkapos.com

Telkomsel berencana menggunakan teknologi dari Ericsson dan akan bekerja sama dengan OPPO untuk uji coba. Semangat tidak kalian mendengar kabar baik, karena Indonesia kedepannya akan juga punya 5G loh!

Tapi.. ?

Jangan senang dahulu, 5G di tahap awal ini memiliki banyak sekali kelemahan dibandingkan keunggulannya. Jadi siap siap kembali ke masa lalu dimana 4G baru diluncurkan, signal hancur, dan lokasi sangat sedikit. Ya masalahnya akan seperti itu, dan akan lebih parah lagi. Kenapa?

Karena 5G menggunakan gelombang tinggi yaitu 3.5 Ghz yang lebih tinggi dibandingkan 2,4 Ghz-nya signal 4G. (CNN Indonesia)

Pernah tidak merasa kok sinyal 4G kamu lamban? atau bahkan menggunakan 3G terkadang lebih cepat atau lebih baik? Nah, ini dikarenakan 3G memiliki gelombang yang lebih rendah dibanding 4G, sehingga ketika didalam ruangan maka bisa jadi 3G kamu akan lebih bagus dari 4G.

Ini juga sebabnya handphone kalian akan berubah menjadi sinyal 3G, karena sinyal 4G tidak dapat menembus jika kamu berada di dalam ruangan atau tempat padat.

sumber: cbinsights.com

Seperti layaknya radio, kenapa sinyalnya terjangkau dimana mana, karena FM radio menggunakan frekuensi yang rendah, hanya sekitar 100Mhz, sangat rendah jika dibanding 2300Mhz (2.3Ghz) dari signal 4G. Makanya radio kamu jarang putus kan?

Oke, sekarang bayangkan, jika signal 4G kamu sudah susah tembus ke dalam kamar kamu, nah rasakan 5G yang berada di 3500Mhz (3.5Ghz), dimana sinyalnya semakin susah menembus tembok karena frekuensinya lebih tinggi dibandingkan 4G.

sumber: https://www.finder.com.au/5g-in-australia-the-long-road-to-a-faster-future

Nah, dari tabel diatas terlihat kan, bahwa 5G memiliki jarak jangkauan yang sangat pendek, tetapi memiliki data bandwith yang sangat besar.

Ya ini adalah hukum fisik yang harus diselesaikan. Jadi jangan berharap ketika 5G masuk kalian akan segera menikmati kata kata manis seperti, tidak ada delay, tidak lag, ataupun kata kata manis lainnya. Kalian pastinya akan mengalami gangguan sinyal 5G yang sering sekali. Bahkan sinyal 5G kamu bisa hilang jika tertutup ranting pohon, Seperti yang dikatakan oleh youtuber Michael Fischer (Mr. Mobile).

Jadinya? Positif boleh, karena Indonesia kedepannya akan memiliki 5G, tetapi jangan terlalu bangga dengan teknologi 5G ini apalagi langsung membeli handphone 5G jika sudah keluar, karena masih banyak sekali masalah dan kekurangan yang harus diselesaikan sebelum dunia 5G yang ideal bisa kita nikmati.

Lalu 5G pun tidak akan bisa menggantikan 4G, 3G, bahkan gelombang FM radio-pun. Semua harus saling mendukung dan melengkapi, karena setiap teknologi memiliki keunggulan dan kekurangannya. Seperti lebih lambat tetapi kuat menembus hambatan atau cepat tetapi tidak bisa menembus hambatan.

sumber: cablefree.net

Gambar diatas ini adalah dunia ideal kita, dimana semua sinyal sudah tersusun rapi dan berkesinambungan, untuk mencapai tahap ini masih butuh waktu yang lama sekali, jadi cukup nikmati signal 4G kamu yang sekarang ini dulu, dan jangan terlalu berharap kepada 5G, cukup optimis saja pada teknologinya yang akan terus berkembang, tetapi jangan termakan iklan untuk segera berpindah ke 5G.

Kita pun belum tau juga kan, harga paket 5G per bulan berapa, ataupun kuotanya seberapa besar kan…

Mari kita tutup dengan kesimpulan pendek.

 

Keunggulan 5G

  • Cepat! Sangat Cepat
  • Mendongkrak Industri Teknologi Informasi ( AI, Self-Driving Cars, Medical, dll )
  • Delay yang sangat kecil
  • Meningkatkan persaingan di Internet Kecepatan Tinggi
  • 5G mungkin menggantikan internet kabel
  • Panggilan suara dan video yang lebih jernih
  • Memungkinkan Virtual Reality dan AR yang lebih nyata
  • dan pastinya banyak potensi yang terbuka kedepannya

Kekurangan 5G

  • Jangkauan sinyal tidak jauh
  • Mudah terganggu jika terhalangi sesuatu
  • Dibutuhkan lebih banyak antena (tower antena) untuk menjangkau area dibanding 4G dan 3G
  • Belum tentu cost effective di area penduduk kecil

 

Nah bagaimana pendapat kalian tentang 5G ? Mari berdiskusi yuk…

Artikel dibuat di November 2019, belum tentu akan relevan di masa depan.