Sebelumnya saya sudah pernah membahas tentang Megapixel Besar Tidak Menjamin Kamera HP Semakin Bagus, Tetapi faktor megapixel itu sendiri juga ada perannya, terkadang megapixel yang besar juga bisa memberikan manfaat kepada kualitas foto loh…

Dengan cara apa? Pastinya megapixel yang besar juga harus dibantu dengan mesin yang mendukung, seperti Image Processor yang bagus, Neural Engine dan AI Processor yang handal, atau juga processor yang kuat. Tanpa semua itu besarnya megapixel hanya membuat file gambar semakin besar tanpa memberikan kualitas yang signifikan. Yuk kita pelajari disini…

 

Artificial Intelligence dan Neural Engine

Oh halo masa depan, dimana gambar yang kita foto tidak lagi seperti yang kita lihat, dimana dalam kasus tertentu foto akan diambil dalam jumlah banyak seperti misalnya 7 gambar yang akan digabungkan menjadi satu untuk menghasilkan foto yang tajam dan terang.

Juga AI akan membantu mengerti skenario foto dan mengoptimalkan konten didalam foto, seperti mengerti perbedaan muka orang, latar belakang, terang, gelap, warna, dan lainnya. Maka dari sini keluarlah terminologi seperti Smart HDR dari Apple, dan HDR+ dari Google, Juga Master AI dari Huawei, yang dimana melatih AI untuk proses foto yang lebih baik.

Semakin besar megapixel semakin banyak data yang bisa dipelajari oleh AI dan Neural Engine. Alhasil semakin banyak belajar data semakin bagus juga kualitasnya.

 

Pixel Binning

Pixel binning adalah proses teknik pada Image Signal Processor dimana biasanya 4 pixel dijadikan 1 pixel dan menghasilkan 1 pixel yang besar biasanya namanya super pixel. Kekurangan dari teknik ini karena memotong 4 pixel jadi 1 pixel, biasanya resolusi akan turun 4x lipat. Jadi sensor berukuran 108 megapixel hanya bisa menghasilkan 45 megapixel.

Wajarkan kalau handphone huawei, atau xiaomi kamu tulisannya 40 megapixel tapi kenyataanya fotonya cuman 10 megapixel atau lebih kecil?

Nah keuntungannya pixel binning apasih? Banyak…

Dengan menggabungkan banyak data dari megapixel yang besar hasilnya akan terlihat pada malam hari, ketika cahaya mulai redup maka sensitivitas sensor akan ditingkatkan untuk mengkompensasi cahaya yang redup, sehingga muncul noise, gambar buram dan lainnya.

Dengan membaca data dari 4 pixel tersebut dan menggabungkannya, maka informasi konten dan cahaya dapat lebih banyak diterima oleh image processor, sehingga gambar yang dihasilkan akan lebih terang.

 

Hybrid Zoom / Super-Res Zoom

Seperti pixel binning, semakin banyak informasi yang bisa ditangkap maka banyak sekali yang bisa dilakukan oleh AI, salah satunya adalah super zoom atau hybrid zoom. Dimana image processor akan menggabungkan perbedaan dari berbagai pixel dan saling melengkapi yang kurang agar menghasilkan foto zoom yang lebih tajam.

sumber: google ai blog

Super zoom juga biasanya sangat baik jika diimplementasikan pada handphone yang memiliki kamera ganda atau lebih. Karena setiap lensa memberikan informasi yang berbeda kepada image processor, semakin banyak informasi yang diterima sensor pastinya memberikan hasil yang lebih tajam jika didukung dengan processor yang bagus.

 

Kualitas Cetak Foto

sumber: photographylife.com

Yah paling terakhir kurang seru nih, tapi bener sih, semakin besar megapixel pastinya kita bisa mencetak di studio foto lebih besar, jadi semakin besar megapixel semakin besar kamu bisa mencetak foto kamu, seperti megapixel yang besar maka memungkinkan untuk mencetak ukuran pigura besar.

 

Jadi, kesimpulannya apa? Megapixel besar juga bisa menjadi manfaat pada prosesor yang canggih, alhasil memberikan kualitas foto yang baik, tapi ingat megapixel bukan segalanya, foto yang bagus harus didukung juga dengan Processor dan Image Signal Processor yang canggih, Software yang baik, Artificial Intelligence dan Neural Engine yang sudah dilatih untuk menghasilkan foto yang bagus, dan tidak terlepas dari kualitas lensa pada smartphone kalian juga yaaa…

 

Artikel Terkait:

Megapixel Besar Tidak Menjamin Kamera HP Semakin Bagus

Meningkatkan Kualitas Foto dengan AI Google Camera