Review yang terlama yang pernah kalian baca mungkin… Ini adalah review Logitech MX Master, dan valid untuk Logitech MX Master 2S setelah 5 tahun lebih pemakaian. Review ini dibuat karena waktunya saya mengakhiri penggunaan MX Master saya, bukan karena rusak loh, karena setelah 5 tahun kebutuhannya mulai berganti dan office mouse MX Master ini mulai tidak cocok untuk profil saya…

Logitech MX Master adalah mouse logitech high end yang pertama saya beli dikarenakan semua tech youtuber (MKBHD, Dave2D, dll) pada masanya menggunakan mouse tersebut. Sehingga saya sendiri penasaran sebagus apakah mouse itu, Akhirnya saya beli.. waktu itu di Indonesia belum ada trend MX Master, dan tokopedia dan semacamnya belum secanggih sekarang, jadi kalian bakalan susah banget beli mouse MX Master ini, terutama di tahun 2015.

Tetapi kebetulan saya lagi di Beijing, China. Saya punya akses ke marketplace TaoBao yaitu marketplace terbesar pada masanya. Jadi datanglah Mouse Logitech MX Master.

Logitech MX Master ini, besar, berat, banyak fitur dan sangat premium. Dengan koneksi multi fungsi yang dapat terhubung sampai dengan 3 perangkat yang berbeda yang bisa diganti ganti sangat cocok untuk orang yang memiliki banyak perangkat.

Bentuknya yang ergonomis, dan tombol di samping yang pas posisinya membuat nyaman digunakan. Walaupun beratnya 145 gram, ya itu cukup berat loh untuk sebuah mouse, mouse biasa sekitar 90-100 gram, saya tidak merasa pegal menggunakannya selama bekerja, ya pekerjaan saya membutuhkan banyak tombol tambahan, untuk switching app, scroll samping, dan lainnya.

Untuk baterainya juga hemat, sangat hemat. Bahkan bisa sampai 1-3 bulan baru membutuhkan cas lewat micro USB. Sangat mengagumkan.

Fiturnya juga sangat banyak, tombol bisa dikonfigurasi, memiliki side scroll wheel untuk scroll ke samping, sangat cocok untuk pekerjaan kreatif seperti menggambar, mengedit video, melakukan editing resolusi besar di photoshop dan excel untuk sheet yang panjang ke samping.

Juga tidak melupakan fitur utama ciri khas logitech MX Master yaitu free spinning Hyperfast Scroll wheel, dimana Scroll wheelnya bisa di ganti modenya menjadi tanpa friksi dan seperti touchscreen. kalian tidak akan bisa mendapatkan pengalaman ini diluar seri MX Master Mouse.

Tidak lupa dengan fitur smart shift, ketika Kalian ingin melakukan scroll yang panjang keatas, Kalian cukup melakukan sentilan kepada scroll wheel dari Logitech MX Master ini, maka scroll wheel akan berputar seperti roda!

Lalu fitur gesture pad, dimana ketika Kalian menekan tombol gesture, dan melakukan gerakan ke kiri, atau ke kanan, atas bawah memiliki fungsi yang bisa dikonfigurasikan. Sehingga mouse yang sudah banyak tombol ini, memiliki tombol virtual lagi, semakin banyak tombol, semakin produktif!

Untuk sensor juga sudah sangat canggih, menggunakan logitech Dark Field, yaitu laser dimana mouse ini memungkinkan digunakan pada alas bening seperti meja kaca tanpa memerlukan mousepad.

Awet! Mouse ini sangat awet! Melebihi ekspektasi saya! Walaupun saya dengar logitech memang awet tetapi 5 tahun tanpa kerusakan major seperti double click itu sangat mengagumkan. Saya akan memaparkan kerusakan yang saya alami, Di Tahun ke 4 scroll samping telah mati dan tidak bisa digunakan. Di Tahun ke 5 Gesture pad mati dan sudah tidak bisa digunakan, juga baterainya mulai terlihat umurnya, yang tadinya setiap bulan cas 1x sekarang 2-3 hari cas 1x. Terakhir, texture mouse mulai berasa lengket, mungkin coating karetnya sudah mulai hilang jadi lebih menyerap minyak pada tangan. Ini yang membuat saya ingin ganti mouse.

Apakah rusak? Tidak! klik kiri dan klik kanan masih berfungsi normal tanpa kendala. hebat Logitech!

Jadi? Mouse yang sempurna bukan? Menurut saya iya, tapi untuk ukuran tangan yang terbilang besar. Kebetulan tangan saya termasuk ukuran yang kecil, sehingga membutuhkan pembiasaan untuk menggunakan mouse dengan posisi sedikit diatas dan tangan tidak menempel pada mousepad.

Apakah ini masalah? Selama ini tidak, tetapi karena virus corona menyerang di tahun 2020. Penggunaan profil mouse saya jadi banyak berubah, biasanya malam saya keluyuran keluar, sekarang malam hari saya mulai melakukan banyak sesi online gaming, dimana banyak pergerakan dan click, berbeda dengan pekerjaan saya selama ini yang hanya edit foto, layouting di inDesign, Photoshop dan Adobe XD.

Tangan yang kecil ditambah besar dan beratnya mouse ini membuat yang tadinya tidak terasa berat menjadi sebuah beban selama bermain game aktif seperti Dota 2, overwatch dan lainnya. Ingat sebelumnya saya jarang bermain game durasi panjang 3-4 jam keatas dengan mouse ini. Ya memang salah sendiri, ini adalah mouse produktivitas kantor, dimana pergerakan tidak akan secepat bermain game. Ya ibaratnya main bulu tangkis pake raket tenis. Salah sendiri!

Selama 5 Tahun ini akhirnya saya bisa menyimpulkan. Logitech MX Master tetaplah seri mouse yang terbaik untuk produktivitas menurut saya, tetapi ingat mouse ini lebih diperuntukan untuk tangan ukuran menengah besar dan besar, Jadi untuk kalian yang tergiur menikmati mouse ini tetapi memiliki profil tangan yang kecil, cobalah berpikir beberapa kali lagi, dan alangkah baiknya mencari tipe mouse lain atau ke adiknya yaitu MX Anywhere. Kalian bisa baca review MX Anywhere 2S disini.

 

Beli MX Master disini.

https://www.tokopedia.com/logitech/logitech-mx-master-2s-wireless-mouse

 

Lalu saya pakai mouse apa sekarang untuk menggantikan Logitech MX Master ini? Razer Viper Ultimate. Bisa baca reviewnya disini.