Wah sudah lama tidak menulis nih, kehabisan ide yang bisa dibagi… Tapi hari ini saya akan mencoba berbagi review pengalaman menggunakan Keyboard wireless high end dari Logitech MX Keys… Saya membeli keyboard ini dikarenakan sedang mencoba decluttering my life. Seperti Marie Kondo yang berkata “this doesn’t spark joy” dan pastinya kabel itu doesn’t spark joy!

 

Sumber: Tidying Up with Marie Kondo ( Netflix )

 

Go Wireless nih ceritanya, bye bye kabel?

TLDR; rapih rapih ruangan, mencoba membuat workspace lebih ideal dan nyaman. Ini akan menjadi tulisan berikutnya…

Nah apakah worth untuk membeli keyboard semahal ini? Kenyataannya, Ya! Kenapa? Langsung saja saya jelaskan.

 

1. Bisa Multi Perangkat!

Salah satu poin utama yang membedakan keyboard ini dari keyboard wireless lainnya adalah kemampuannya untuk bertukar perangkat dengan cepat, karena keyboard ini dilengkapi unifying receiver dan bluetooth. Jadi kalian bisa bertukar koneksi dengan cepat dari 1 perangkat ke perangkat lainnya. Contoh: Dari Laptop ke Handphone atau iPad hanya dengan 1 tombol.

 

2. Pencahayaan dan Proximity Sensor

Tidak banyak keyboard wireless yang memiliki fitur pencahayaan loh, alasannya baterai dan lainnya, tetapi keyboard mx keys ini memiliki pencahayaan yang dapat diatur dan pastinya sudah dilengkapi proximity sensor yang bekerja seperti sulap! Lampu pencahayaan di keyboard akan dimatikan ketika tangan menjauh dan akan menyala sebelum kalian menekan tombol apapun.

 

3. Bahan yang premium

Keyboard MX Keys ini dibuat sangat kokoh, kerangka yang terbuat dari besi membuat keyboard ini cukup berat dan pastinya kokoh. Anda akan terkejut ketika mengangkat keyboard ini, walaupun tipis tetapi beratnya tidak berbeda jauh dari keyboard mechanical biasanya.

 

4. Nyaman digunakan

Nyaman itu relatif tapi Keyboard MX Keys ini dibuat presisi, alhasil mengetik di keyboard ini nyaman dan juga tidak berisik. Cocok untuk di studio, kantor, bahkan di kamar tidur. Walaupun jika dibandingkan dengan mechanical keyboard pastinya key travelnya berbeda, karena ini keyboard low profile, tetapi sangatlah nyaman digunakan menurut tangan saya. Kecepatan di typeracer sedikit menurun, tetapi saya rasa karena transisi dari mechanical keyboard ke low profile saja. Saya rasa setelah digunakan lebih dari beberapa bulan, kecepatan mengetik saya akan kembali normal.

*palm rest terpisah yaa… saya rasa tidak butuh sih, keyboardnya uda low profile soalnya…

 

4. USB C

Yang ini sih, nilai tambah saja… karena semakin banyak handphone yang menggunakan antarmuka USB tipe C, aneh bukan kalau masih ada pernangkat yang menggunakan USB Micro, pastinya akan membuat kabel berkurang 1 jika kalian sudah menggunakan USB tipe C semua…

 

Jadinya? apakah harganya cocok sama kualitas? Hmm.. Jujur, masih kemahalan… walaupun sudah di tambahkan fitur canggih seperti proximity sensor untuk membaca kedekatan tangan, multi perangkat dan bahan yang premium. Saya rasa harga 99 usd dan ditambahkan ongkos import, dengan harga seperti itu kalian bisa mendapatkan keyboard gaming mechanical yang bisa menyala RGB yang bagus.

Kembali lagi, apakah tampilan yang mewah dan bersih untuk ruangan kalian itu penting? lalu apakah kalian membutuhkan wireless dan koneksi perangkat? Jika itu semua kalian butuhkan maka saya rasa, masih worth untuk dibeli.