Wah tidak menyangka sudah tahun 2020. Selamat tahun baru, untuk yang membaca artikel ini di tahun 2020 awal. Lalu, seperti yang kalian tau, saya salah satu penggemar brand Logitech MX series, dimana terjamin realibilitas, performa dan bentuknya yang stylish.

Saya juga pernah menulis review untuk MX Keys, keyboard wireless premium dari logitech, yang memiliki fitur proximity sensor agar keyboard bisa menyala otomatis sebelum tangan menyentuhnya.

Nah sekarang, mousenya, MX Anywhere 2S ini boleh dibilang “adeknya” MX Master Series. Dimana banyak fitur yang dibawa dari MX Master tetapi kedalam bentuk yang lebih kecil dan lebih portabel. Langsung saja, ini keunggulan keunggulan si MX Anywhere 2S ini.

1. Kecil, Handal, Banyak Fitur

Mouse MX Anywhere 2S ini cocok untuk tangan yang lebih kecil dan untuk dibawa bawa, dari segi fungsionalitas nyaris semua fitur masuk kedalam MX Anywhere 2S ini, seperti Gesture button, hyper fast smooth scrolling, multiple device connect, vertical scrolling dan lainnya.

2. Sensor Handal Dark Field

Sensor yang digunakan juga tetap sama, yaitu dark field sensor, yang memungkinkan menggunakan mouse ini di kaca bening, seperti meja di ruangtamu biasanya. Jadi cocok untuk kalian yang suka bawa laptop dan pergi meeting dimanapun tanpa perlu membawa mousepad.

meja-kaca

Meja kaca bening? Bukan masalah buat sensor Dark Field dari logitech ini, mau kalian di kafe ataupun di ruang tamu, bisa!

 

3. HyperFast Scroll

 

Lalu seperti yang saya bilang, hyperfast scrolling juga tersedia di MX Anywhere 2S ini, lalu apa sih Hyperfast scrolling itu? Untuk pengguna MX Master pasti sudah familiar dengan fitur ini, Mouse MX Anywhere 2S ini memiliki 2 versi scrolling, 1 scrolling biasa (click-to-click) seperti layaknya mouse biasa dan hyperfast scroll itu dimana scrolling bebas tanpa friksi, sehingga terasa scrolling seperti di layar sentuh.

4. Multi Connect Wireless & Bluetooth

Mouse MX Anywhere 2S ini memiliki wireless dan bluetooth untuk kemudahan koneksi multi perangkat. Sehingga bisa untuk bertukar perangkat dengan cepat,  Jadi kalian bisa bertukar koneksi dengan cepat dari 1 perangkat ke perangkat lainnya. Contoh: Dari Laptop ke Handphone atau iPad hanya dengan 1 tombol.

5. Software Logitech yang Banyak Fitur

Mungkin fitur kostumisasinya tidak berbeda jauh dari mouse gaming, banyak pengaturan yang bisa di modifikasi, seperti setiap tombol dapat di ubah sesuai kebutuhan, apakah itu untuk bekerja atau untuk browsing saja. Juga bisa melakukan per app detection, sehingga settings dapat berubah sesuai dengan apliaksi atau program yang digunakan loh..

 

Wah, banyak sekali ya keunggulan dari mouse MX Anywhere 2S ini, adakah kekurangannya? pastinya ada, tidak ada produk yang benar benar sempurna bukan? Ya mouse ini mengorbankan fitur click tengah atau middle button, karena diganti menjadi tombol hyper fast scroll. Untuk kalian yang sering banget menggunakan klik tengah, pastinya membutuhkan waktu adaptasi, dikarenakan click tengahnya tidak ada.

Tetapi kekurangan ini bisa ditutupi dengan remapping tombol vertikal scroll kiri dan kanan menjadi click tengah. Ya walaupun tidak sama persis dengan click tengah, tetapi setelah adaptasi 1 sampai 2 minggu, saya sudah terbiasa menggunakan vertical scroll menjadi click tengah.

 

Jadi? MX Anywhere 2S ini adalah mouse portable dengan fungsi banyak, yang sangat handal untuk dibawa bawa. Cocok untuk kalian yang bekerja dengan laptop dan sering bekerja diluar ruangan kerja. Dengan fitur yang tidak kalah dengan mouse besar lainnya. Pastinya MX Anywhere 2S ini bisa mengakomodir kebutuhan pekerjana kalian, baik untuk bekerja word prcoessing dengan halaman panjang, desainer yang membutuhkan scroll dengan presisi ataupun kalian yang butuh mouse dengan scroll terbaik.