gambar: oled flicker yang tertangkap pada kamera

Seringkah mata Anda cepat lelah di depan layar komputer atau gadget Anda? Tipe layar OLED mulai banyak digunakan di smartphone seri flagship seperti Samsung Galaxy S dan dipopulerkan lagi oleh seri iPhone X. Dengan keunggulan kualitas gambar yang lebih tinggi, kontras rasio yang sangat tinggi, dan hemat energi. Tetapi OLED sendiri mulai menimbulkan banyak masalah terutama untuk orang yang memiliki mata sensitif. Yuk kita bahas singkat tentang OLED Flickering dan dampaknya kepada kesehatan mata.

Teknologi OLED dibuat dengan banyak komponen yang sangat kecil sekali yang dapat bercahaya ketika dialiri listrik. Disusun dengan berbagai macam konfigurasi merah, hijau, dan biru (RGB) untuk memproduksi seluruh spektrum warna. Karena setiap komponen bisa bercaya sendiri, sehingga OLED tidak perlu panel backlight untuk penerangan.

Dikarenakan OLED tidak memiliki backlight atau latar cahaya, cara mengurangi intensitas cahaya pada OLED adalah menggunakan metode PWM atau Pulse Width Modulation. Nah, PWM ini adalah penjahatnya.

Gambar: Pulse width modulation cycle

Oke.. seperti diagram diatas, Anda bisa melihat ON Time dan OFF Time, dimana layar OLED akan di matikan dan di nyalakan dengan cepat untuk memberikan efek intensitas cahaya yang lebih rendah. Lalu Semakin kecil brightness layar OLED Anda maka semakin cepat layar OLEDnya berkedip. Nah bayangkan coba lampu kamar Anda dimatikan dan dinyalakan terus menerus, apakah kalian akan merasa pusing? seperi di tempat konser?

oled-brightness-cycle

gambar: pulse width cycle pada setiap tingkat pencahayaan

light blinking

gambar: lampu berkedip pada konser

Untuk kebanyakan orang hal seperti ini tidak terjadi masalah, tetapi untuk orang yang memiliki mata sensitif biasanya akan terjadi masalah, dimana mata lelah, bahkan ada yang bisa melihat bahwa layar mereka berkedip.

Bagaimana cara mengecek masalah OLED Flickering?

  • Gunakan kamera pada smartphone kalian, buka aplikasi kamera
  • Arahkan kepada layar yang ingin di cek
  • Pada layar yang ingin di cek, coba kurangi intensitas cahaya ( brightness ) sampai paling rendah
  • Apakah layar menjadi bergaris garis ketika intensitas cahaya rendah?
  • Jika Ada, berarti layar anda memiliki masalah OLED Flickering

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah OLED flickering ini?

  • Gunakan intensitas pencahayaan yang lebih tinggi
  • Gunakan beberapa aplikasi, salah satunya OLED Saver
  • Beralih ke LCD
  • Cari fitur Anti-Flickering atau DC Dimming ( Eye Care )

Tidak hanya di TV, monitor, handphone, smartphone mengalami hal ini, Bahkan lampu LED murah pun bisa mengalami Flickering yang membahayakan mata.

lampu anti flicker philips

benq-zero-flicker

Memang di setiap teknologi memiliki kekurangan dan kelebihannya. Sebaiknya sebelum membeli layar OLED pastikan Anda tidak memiliki masalah mata sensitif. Juga sebagian manufakturer smartphone sudah mulai implementasi DC Dimming untuk mengatasi masalah ini. Sebelum menghindari teknologi OLED. Yuk baca disini kelebihan OLED dibanding LCD.

Nah, apakah kalian akan tetap membeli gadget dengan tipe layar OLED setelah mengetahui masalah ini?