Apasih fungsi Late Night EQ yang terdapat pada sistem operasi iOS? Pernahkah kalian menggunakannya? Saya pernah mendengar dari beberapa sumber bahwa menggunakan Late Night EQ dapat membuat speaker perangkat iPhone / iPad lebih kencang, juga meningkatkan kualitas suara pada earphone / headphone yang digunakan. Apakah benar seperti itu ? Mari kita bahas secara simpel, padat dan jelas.

Late Night EQ terdapat pada Settings > Music > EQ

 

Late Night EQ adalah global equilizer yang memproses keselurhan audio dengan metode proses Dynamic Compressor, dimana suara yang lebih halus akan dibuat lebih kencang dan suara yang kencang di normalisasi agar keseluruhan audio dapat didengar dengan volume yang lebih rendah. Apakah kegunaan proses ini ? Tujuannya untuk memperjelas keseluruhan audio yang di putar dengan volume kecil, itu dia kenapa Apple menamakannya Late Night EQ, dimana biasanya pada malam hari orang mendengarkan dengan volume lebih kecil.

Kekurangan mendengarkan audio atau lagu dengan volume yang lebih kecil terkadang membuat detail suara yang pada dasarnya kecil menjadi hilang, seperti suara instrumen, suara ambien, atau bahkan bass yang tidak terdengar. Terkadang untuk mengkompensasi suara tersebut kita menaikan volume agar terdengar semua. Late Night EQ dengan Dynamic Compressor-nya membuat suara yang tadinya tidak kedengaran tersebut terdengar lebih jelas.

Late Night EQ atau bisa dibilang sama dengan Loudness Equalization itu sendiri memiliki kelemahan mengurangi kualitas audio atau musik yang kita putar, dikarenakan audio terkompresi, suara halus lebih kencang dan suara kencang akan di buat normal, efek yang dihasilkan adalah kualitas audio berkurang kejelasannya karena semua berkumpul pada level tengah. Mungkin bisa dibilang kehilangan definisi audionya.

contoh normalisasi

Keuntungan menggunakan Late Night EQ

  • Lebih nyaman mendengarkan di volume yang lebih kecil

  • Baik untuk pendengaran

  • Audio akan lebih jelas di tempat yang berisik

  • Suara notifikasi pada iOS akan terdengar lebih keras

  • Mendengarkan suara yang tadinya tidak terdengar

Kekurangan menggunakan Late Night EQ

  • Suara audio yang tersaturasi

  • Membuat notifikasi pada iOS lebih berisik dari biasanya

  • Tidak sepenuhnya membuat suara lebih keras ( hanya persepsi anda )

  • Kehilangan persepsi dimensi, dikarenakan suara jauh yang kecil akan dibuat lebih besar

 

Selebihnya akan saya bahas lagi di post selanjutnya, apakah Loudness Equalization di Windows 10 itu, dan apakah Late Night EQ / Loudness Equalization bermanfaat untuk bermain game first person shooter seperti PUBG ?

 

Artikel Terkait

Tipe Tipe Umum Headphone, Earphone, dan Earbuds

Fungsi Loudness Equalization di Windows 10.