Bekerja baik itu di rumah atau di kantor dengan komputer pastinya harus lebih efektif dengan kombinasi kombinasi tombol di windows yang pastinya lebih mudah dari pada menggunakan mouse ataupun menavigasi ke sebuah tombol tertentu.

Itu dia pentingnya mengetahui kombinasi tombol shortcut atau jalan pintas pada sistem operasi yang kita gunakan, kali ini kita akan membahas tentang kombinasi yang berguna pada Windows 10.

Buat yang males baca bisa tonton prakteknya disini..

Tombol Kombinasi Rekomendasi

Ini adalah tombol kombinasi yang setiap hari saya gunakan, dan sudah hafal mati, kalian juga sebaiknya segera menerapkan ini, ini akan membuat pekerjaan kalian lebih mudah! Yuk langsung saja…

Windows + E : Membuka Windows Explorer

Apa itu Windows Explorer? bahasa simpelnya membuka my computer deh.. terbuka bagian dokumen yang bisa di akses.

Windows + W : Menutup Windows/ Tab

Mirip alt+f4 yang populer, tetapi tidak destruktif, hanya menutup 1 per 1, misalnya di google chrome, maka hanya menutup 1 Tab

Windows + D: Kembali ke desktop

Lagi bekerja? pengen ke desktop untuk mengambil file atau membuka program? Jangan minimise 1 per 1, gunakan tombol Windows + D

Windows + Tab: Task Switcher

Mirip alt + tab, tetapi lebih besar dan ada tampilan yang memudahkan melihat status aplikasi tersebut sedang apa

F2 pada file: Rename/ Menamai ulang

Pilih dokumen atau file yang ingin di ubah namanya, dan tekan F2 untuk mengubah nama file tersebut dengan cepat

Windows + Prt Scr: Screenshot Seluruh layar

Screenshot seluruh layar dan langsung menyimpannya dalam format PNG kedalam folder Screenshot di dalam My Pictures. Juga secara otomatis di copy ke dalam clipboard, kalian bisa melakukan paste (ctrl+v) di program yang kalian sedang gunakan.

Windows + X

Membuka pengaturan tersembunyi yang akan muncul di start menu, disini bisa mengakses banyak pengaturan seperti membuka device manager, task manager, shutdown, restart, dan lainnya.

Windows + L

Mengunci windows, dan kembali ke layar sign in. Ingat ini tidak sign out ya, jadi semua file dan pekerjaan masih dalam kondisi yang sama, hanya mengunci agar tidak bisa digunakan oleh orang lain. Cocok untuk di kantor pada saat ke toilet ataupun jam istirahat.

Ctrl+Shift+V: Paste tanpa format (plain text)

Sedang melakukan copy paste dari internet ke Microsoft Word? tetapi jadi berantakan? Gunakan Ctrl+Shift+V untuk paste without formatting, sehingga hanya text polos yang di paste, semua formating seperti tabel, link, rumus, dan lainnya akan hilang.

 

Lainnya

Saya rasa kalian sudah tau kombinasi umum ini, tapi baiknya saya cantumkan lagi bagi kalian yang belum tau.

Ctrl+A: Select All

Melakukan seleksi semua pada text yang ada pada aplikasi yang aktif

Ctrl+C: Copy

Melakukan copy pada gambar atau tulisan pada aplikasi yang aktif

Ctrl+X: Cut

Melakukan penghapusan dan memasukkannya ke dalam clipboard yang bisa di pindahkan ke tempat yang dituju. Ini sama saja seperti melakukan Copy dan Paste lalu menghapus yang sudah kita copy tadi.

Ctrl+V: Paste

Melakukan paste atau tempel, meletakan sesuatu yang di copy pada dokumen atau aplikasi yang aktif.

Alt + Tab: Menukar aplikasi

Kombinasi paling umum yang semua hampir sudah tau, kombinasi untuk berganti ganti aplikasi tanpa harus mengarahkan mouse ke aplikasi tersebut

 

Berikut ini adalah 8 kombinasi shortcut yang menurut saya paling berguna, dan kalian juga harus terapkan ya di keseharian kalian, agar semakin efektif bekerja!