Dahulu saya jarang sekali memperhatikan aspek keyboard, karena pada dasarnya saya pikir keyboard semua sama saja, berbeda dengan mouse yang memiliki sensor yang berbeda beda, DPI settings yang berbeda beda, dan berbagai macam teknis seperti CPI, Lift distance dan polling rate, dst…

Kenapa tiba tiba membeli mechanical keyboard? Sebelumnya saya menggunakan keyboard premium produktivitas dari Logitech MX Keys yang pastinya sudah sangat memumpuni untuk keseharian saya.

Jawabannya? Karena pandemi covid, WFH, dan gaming. Ternyata dulu saya jarang menggunakan keyboard pribadi secara lama, sehingga tidak merasakan bahwa keyboard yang memiliki travel click panjang itu penting juga, terutama untuk sesi gaming.

Sejak WFH saya jadi lebih sering bermain game, baik itu DoTA, Overwatch, sampai Genshin Impact. Pada awalnya Keyboard low profile MX Keys enak enak saja, tetapi setelah sekian lama, akhirnya saya merasa pegal karena kurangnya key travel, sehingga melakukan banyak konsultasi ke teman saya yang sudah mendalami bidang mechanical keyboard cukup lama dan menyarankan untuk mencoba Keychron K8.

Keychron K8 adalah wireless mechanical keyboard ten keyless (TKL) dan saya membeli dengan opsi Red Switch.

Kenapa Red Switch? Karena saya baca paling hening dan memiliki tekanan aktuasi yang paling ringan, sehingga saya rasa cocok untuk saya bermain game dan mengetik minutes of meeting pada saat Meeting Online dengan Zoom ataupun Google Meets.

Nah gimana keyboard Keychron K8 itu sendiri? Saya cukup puas dengan keyboard ini jawabannya. Kenapa cukup puas? yuk langsung saja…

1. Dukungan Multi Perangkat

Fitur Keychron K8 sangat cocok untuk multi device user seperti saya, yang perlu bekerja di macOS, dan Windows. Keychron K8 ini mendukung 3 profile bluetooth untuk bertukar perangkat secara cepat. Sehingga tidak perlu melakukan pairing berkali kali untuk pindah perangkat.

Perangkat yang saya gunakan biasanya laptop MSI GS 63 VR sebagai koneksi nomor 1, berikutnya untuk macOS di nomor 2 dan Smart TV TCL saya di nomor 3. Sehingga sangat nyaman jika Kalian memiliki berbagai perangkat.

2. Mac/Windows Switch

Fitur ini sangat penting untuk saya yang bekerja di 2 operating sistem, Windows dan macOS. Dengan adanya switch Mac/Windows makan tombol alt keys dan windows key dapat di konfigurasi secara otomatis jadi tidak terbalik balik ketika masuk kedalam operating sistem masing masing.

3. Baterai yang Awet

Untuk keyboard yang memiliki pencahayaan RGB, keyboard Keychron K8 ini sangat awet daya tahan baterainya. 95% menggunakannya dalam mode bluetooth dan hanya melakukan pengecasan setiap 1-2 minggu sekali. Oh terlebih saya selalu menggunakan lampu RGBnya setiap malam hari, jadi bisa dibilang keyboard ini memiliki baterai yang mengagumkan.

4. Bluetooth 5.1 dan Wired Mode

Ingat pada point 3 saya bilang 95% menggunakan dalam mode bluetooth? Ya karena bluetooth 5.1 masih memiliki delay yang bisa dirasakan ketika bermain game e-sport title seperti DoTA 2 dan Overwatch, sehingga pada sesi gaming intensif saya harus menggunakan mode kabel agar delaynya tidak ada.

Untuk kalian yang ingin fokus bermain game saja bisa menjadikan opsi keyboard dengan wireless 2.4Ghz ataupun protokol seperti Lightspeed dan Hyperspeed, jangan gunakan bluetooth jika kalian ingin kompetitif gaming.

5. Tidak ada Software

Ini bisa dibilang sebagai positif dan negatif, tapi buat saya ini menjadi poin yang positif, dikarenakan tanpa adanya software keyboard ini tidak perlu dikonfigurasi lagi, semua langsung bekerja dengan baik. Lalu tanpa adanya software makan komputer kalian akan lebih ringan karena tidak ada ram dan cpu resource yang digunakan untuk software dari keyboard.

Belum lagi software software yang biasa ditawarkan dari perusahaan lebih kecil biasanya kurang stabil dan belum tentu support macOS juga kan? Ambil contoh Razer Synapse saja belum support macOS dan di windows masih dalam tahap Beta.

6. Pencahayaan RGB

Untuk yang membeli dengan opsi RGB, opsi yang ditawarkan dari Keychron K8 ini cukup memadai dan cukup memanjakan mata, seperti standartnya breathing, static, reactive, wave, dan berbagai opsi lainnya juga tersedia. Tetapi ingat karena tidak adanya software makan komputer tidak akan bisa berkomunikasi secara langsung, sehingga mode singkronisasi seperti Audio mode dan Game mode tidak didukung.

7. Hot swappable

Hot swappable yang dimaksudkan Kalian dapat mengganti switch dengan yang kompatibel, saya membeli dengan opsi Red Switch yang berarti linear feeling, jika suatu saat nanti saya ingin merubah ke feels yang lebih tactile saya bisa beralih ke Brown Switch tanpa perlu membeli keyboard baru. Jadi enaknya hot swappable adalah kostumisasi tiada batas, dan jika ada key yang rusak maka sangatlah mudah untuk mencari penggantinya tanpa perlu pergi ke service center.

 

Demo Keyboard Keychron K8 dengan Red Switch

 

Perlu diketahui juga,

1. Profil tinggi

Keyboard Keychron K8 ini memiliki profil yang tinggi, sehingga dalam sesi gaming lama mungkin dibutuhkan handrest atau dudukan tangan, kalau tidak akan terasa pegal karena harus menjaga posisi tangan. Untuk mengetik tidak ada masalah karena dalam mengetik biasanya tangan tidak perlu bersandar pada meja.

2. Bluetooth 5.1 Memiliki Delay

Kembali lagi seperti yang saya bilang, Bluetooth 5.1 memiliki delay, sehingga untuk bermain game yang kompetitif mau tidak mau harus beralih ke mode kabel/ wired.

Untuk demonstrasi delay dan latencynya bisa menonton video diatas, Mouse dengan polling rate 1000hz (1ms) vs bluetooth 5.1 polling rate sekitar 125hz (8ms)

3. Sedikit Kopong Feelnya

Walaupun saya membeli dengan opsi aluminium frame, tetapi feels yang dirasakan masih sedikit kopong dalamnya, sehingga pada saat mengetik keras masih terdengar suara gema dari spring mechanicalnya, mungkin nantinya akan saya lakukan modifikasi sehingga lebih tidak kopong isi dalam keyboard ini

4. Tidak ada software

Kali ini dalam point negatifnya, kalian tidak bisa melakukan konfigurasi, jadi fitur seperti macros dan automasi lainnya tidak tersedia di keyboard ini

5. Harga

Harga yang ditawarkan oleh Keychron K8 ini cukup premium jika dibandingkan kompetitornya, jika kalian tidak memerlukan fitur fitur seperti mac/windows switch, multi device support maka ada opsi lain yang lebih baik pastinya.

 

Saya cukup merekomendasikan Keychron K8 untuk kalian yang menginginkan Keyboard Mechanical Wireless dengan estetik yang cukup elegan, fungsi multi perangkat dan pencahayan RGB yang indah.