Bingung Jika Kalian mendengarkan musik atau audio lainnya melalui headphone Bluetooth, lalu tiba tiba kualitas audio dan volumenya turun? Itu mungkin karena membuka app atau website yang menggunakan mikrofon internal headphone Bluetooth seperti Telepon, Meeting dengan Zoom atau Google Meets, Discord, bermain game dengan voice chat dan hal lainnya.

Hal ini terjadi karena Bluetooth memiliki dua mode:

  • Mode kesatu di antaranya untuk mendengarkan audio berkualitas lebih tinggi, biasanya sekitar 44100 hz – 16bit yang biasanya dibilang kualitas musik CD.
  • Mode kedua untuk mendengar dan berbicara melalui mikrofon, biasanya sekitar 8000hz – 16bit seperti kualitas telepon jadul.

Saat Bluetooth beralih ke mode kedua, kualitas audio yang Anda putar akan berkurang hingga mikrofon internal pada bluetooth headphone tidak lagi digunakan lagi.

 

Dengar demo penurunan kualitas suara Bluetooth headphone

 

Hal ini saya sadari ketika sedang mendengarkan spotify dan membuka ruangan meeting di google meets yang menggunakan microphone, tiba tiba kualitas suara turun drastis. Ternyata ini penyebabnya.

Jadi inilah kekurangan Bluetooth Headphone, dimana kalian tidak bisa menggunakan untuk mendengarkan lagu sambil menunggu mulainya meeting.

Inipun juga berpengaruh pada saat bermain game dan menggunakan microphone, pasti suaranya jadi lebih rendah, untuk yang sering bermain game seperti PUBG, Fortnite ataupun game lainnya yang menggunakan voice chat, sebaiknya menggunakan Headphone dengan kabel.

Jadi jika kalian ingin bluetooth headphone untuk gaming baiknya dihindarkan dahulu, kecuali jika menggunakan wireless gaming headset seperti Razer Blackshark V3 Pro Wireless yang menggunakan adaptor wireless khusus bukan bluetooth sehingga tidak akan terjadi penurunan kualitas audio pada saat mikrofon sedang digunakan.

 

Jadi tidak ada yang serba bisa, mau tanpa kabel belum tentu bisa bagus selalu suaranya. Jadi kalian lebih pilih Wireless headphone atau yang berkabel?