Halo pengguna iOS, sudahkah kalian mengetahui fungsi widgets pada iPhone atau iPad kalian? atau jika sudah tau, apakah sudah kalian gunakan secara maksimal widget screen itu?

Cara mengakses widget itu dari notification center, dan geser ke kiri,  Anda akan mendapatkan layar untuk meletakan widgets widgets yang tentunya sangat berguna.

Sebelum itu tonton demo kegunaan widgets disini yuk, bagaimana widgets dapat membantu mempermudah keseharian Anda.

 

Berikut ini adalah list dari widgets yang pertama pasti saya install ketika saya menggunakan iOS.

Wifi Widget – See, Test, Share by Confirmed, Inc

Wifi widgets, untuk mengetahui seberapa bagusnya koneksi internet kita, ketika di pencet akan memberikan delay dalam ms, semakin besar delaynya akan semakin lambat koneksinya, jadi anda bisa menetukan apakah harus menggunakan wifi atau cellular data. ( dibawah 100ms : cukup baik, diatas 100ms : sedang, diatas 500ms : buruk )

https://itunes.apple.com/id/app/wifi-widget-see-test-share/id1192965614?mt=8

DataFlow – Data Manager by Feng Mi

DataFlow, sebenarnya untuk mentracking penggunaan cellular dan wifi kita, jika kita memiliki paket terbatas, tetapi menurut saya fungsi yang paling berguna adalah, meteran kecepatan download dan upload kita. Jadi kita bisa tau apakah berkualitaskah jaringan yang kita sedang gunakan.

https://itunes.apple.com/id/app/dataflow-data-manager/id955447159?mt=8

Clips Board by Hanh Nguyen

Clips adalah widgets untuk mem-pin atau menyimpan kata kata yang sering kita gunakan, atau kita copy. Sehingga kita tidak perlu mengetikan kata kata itu terus, cukup klik dan otomatis ke copy ke clipboard dan siap di paste di aplikasi manapun.
https://itunes.apple.com/id/app/clips-board/id980533833?mt=8

WidgetCal – Calendar Widget by YunaSoft Inc.

WidgetCal adalah kalender mini yang bisa diakses dimana saja, ketika anda lupa besok hari apa, tidak perlu membuka kalender, cukup mengintip dari widgets mu saja.

https://itunes.apple.com/id/app/widgetcal-calendar-widget/id919048459?mt=8

PCalc Lite by TLA Systems Ltd.

Calculator cepat dimana saja, tanpa perlu mengakses aplikasi kalkulator, anda dapat menghitung nominal tanpa perlu meninggalkan aplikasi yang sedang dikerjakan. Contoh: sedang menggunkan aplikasi perbankan, anda tidak perlu switching aplikasi. Terkadang aplikasi bank akan menanyakan pin ketika anda kembali ke aplikasi tersebut.

https://itunes.apple.com/id/app/pcalc-lite/id300311831?mt=8

Shortcuts by Apple

Shortcut shortcut berguna yang bisa di gunakan, ada galeri dari komunitas untuk langsung digunakan, seperti Tea Timer untuk mempersiapkan teh tanpa perlu setting manual timer, dan sisanya saya program sendiri untuk smart devices saya.

https://itunes.apple.com/id/app/shortcuts/id915249334?mt=8