Dipopulerkan oleh Apple dan semakin banyak produsen handphone yang menghilangkan lubang headphone dan menggantinya dengan USB-C headphone. Apakah harus lubang headphone jack dihilangkan?

Adakah manfaatnya? Juga muncul muncul isu mendengar Audio Digital? Apakah itu? Yuk dibahas!

Manfaatnya? sebenarnya ga ada sih kalau dalam soal suara dan audio.. tidak hanya merepotkan orang berpindah ke wireless atau bluetooth headphone, perpindahan ke USB-C Headphone itu tidak ada manfaatnya, selain hanya membuat repot harus membawa alat tambahan atau dongle converter usb-c ke audio jack, juga tidak semua orang punya usb-c.

Bingung kan punya headphone usb-c tapi laptop atau komputer kamu belum ada colokan USB-C, gimana kamu colok itu headphone usb-c yang dibeli ke komputer kamu? :(

Terus dengar dengar bener ga sih kualitas suara yang dihasilkan oleh USB-C itu lebih bagus, dann… jawabannya tidak selalu benar.

Mendengar digital audio adalah mitos, karena digital berarti data, lihatlah data digital itu 0 dan 1 (10101010101), terus mampukah telinga kalian mendengar kode biner digital 0 dan 1? Jawabannya tidak, kecuali kamu robot. beep beep…

gambar: Digital to Audio Converter yang Serius dan Mahal !

Nah gimana kalian bisa mendengar suara digital, pastinya membutuhkan sebuah alat yang bernama DAC atau Digital to Analog Converter, dimana data biner 0 dan 1 akan diubah menjadi gelombang getaran yang membuat membran speaker dan headphone kamu bergetar dan mengeluarkan suara yang bisa didengar oleh kalian…

Ini lah speaker atau headphone yang bergetar yang membuat kamu bisa mendengar suara, bukan dengerin signal digital listrik 0 dan 1 loh..

gambar: cirrus logic adalah salah satu DAC yang digunakan oleh iPhone 6s

Jadi DAC yang ada di dalam handphone kalian mengeluarkan suara ke lubang headphone jack kalian, dan menggetarkan headphone atau speaker kamu, maka kamu dapat mendengar suara, dan biasanya DAC yang tertanam pada prosesor bawaan itu cukup bagus seperti bawaan Qualcomm Snapdragon ataupun Mediatek dan Apple Cirrus Audio Logic.

Apa jadinya kalau headphone jack dihilangkan? Kamu perlu DAC external pada headphone kamu, makanya munculah dongle atau converter dari usb-c ke headphone seperti gambar diatas ini…

sumber: https://www.heise.de

Terus kenapa bisa lebih jelek? Ya, yang tadinya sudah tertanam bagus di dalam pada smartphone kalian, sekarang harus dikeluarkan dan dibuat lebih ramping dan kecil, dan kalian tidak tahu merek headphone mana menggunakan chip DAC dari pabrikan mana, alhasil suara yang dihasilkan belum tentu sebagus bawaan smartphone kalian loh…

Ambil contoh dari tabel diatas, lihat kotak hijau, itu adalah kemampuan DAC internal pada iPhone 6s, dan yang kotak merah adalah DAC external pada dongle yang diberikan oleh Apple, apa yang bisa kamu lihat? pada dynamics terjadi penurunan 2 desibel. Juga ada pengaruh sedikit ke Total Harmonic Distortion. Jadi? bisa dibilang DAC external pada dongle jarang bisa membuat kualitas suara audio lebih baik mungkin juga lebih buruk.

Sudah kubilang, menghilangkan lubang headphone tidak membawa keuntungan apapun dalam kualitas suara. Tapi dalam sisi positif lainnya, dengan menghilangkan lubang headphone jack, handphone akan lebih tahan air, dan biasa tempat yang tadinya buat lubang headphone bisa dimanfaatkan untuk baterai yang lebih besar… Jadi ada juga keuntungannya ya.. sedikit…

Jika suaranya headphone usb-c bagus berarti DAC yang kamu dapatkan cukup bagus bukan karena digital audio, mungkin seperti headphone bawaan samsung yang di co-branding oleh AKG.

Kesimpulannya? menghilangkan headphone jack adalah kesalahan sampai wireless audio benar benar bagus, dan tidak ada yang namanya digital audio bisa di dengar. Jadi jangan termakan isu usb-c atau lightning audio memutarkan digital audio sehingga kualitas audio dan musik menjadi lebih bagus. Terus kalau handphone kamu tidak memiliki headphone jack, tapi tidak tahan air? dan tidak dikasih headphone dongle atau headphone bawaan usb-c, oke kamu ditipu. selesai.

Tidak juga sih, kalau kamu membeli handphone dengan harga budget dengan spesifikasi yang cukup bagus, terkadang audio memang menjadi korban. Karena audio bagus adalah opsional?

Pokoknya yang bilang suara digital dari USB-C lebih bagus, disuruh baca tulisan ini ya, biar pikirannya terbuka… atau dia memang robot bisa mendengar data? hmm.. misteri.