Harddisk Itu Sudah Ketinggalan Jaman! Ya itu yang saya yakin di jaman sekarang ini, apa lagi di era windows 10. Oke, oke ini adalah tulisan untuk di halaman diskusi, maka ini adalah 100% opini dari saya, Yuk diskusi sedikit, kenapa saya bilang hard disk itu sudah ketinggalan jaman atau bahasa ingrisnya obsolete.

Di jaman sekarang dimana SSD atau solid state drive mulai terjangkau, internet 4G mulai dimana mana, juga cloud storage seperti google drive, dropbox dan onedrive semakin populer, apa pointnya lagi kita menggunakan hard disk ? Yuk dibahas sedikit perbandingan solid state drive (SSD) dan hard disk drive (HDD).

Hard Disk Drive ( HDD )
Tipe penyimpanan yang paling umum dan sudah digunakan sejak dulu. Hard Disk menyimpan data dalam piringan magnetik, menggunakan motor yang diwakilkan dalam kecepatan dalam rotasi per menit (RPM)

Solid State Drive ( SSD )
Tipe penyimpanan yang menggunakan memori flash ( kartu memori ) dan tidak mempunya elemen bergerak. Keunggulan dibanding HDD adalah lebih tahan dari getaran dan performa yang sangat tinggi dikarenakan tidak perlu berotasi untuk membaca dan menulis data.

Mari kembali ke pembahasan kenapa penggunaan hard disk harus dijauhi ketika membeli atau merakit komputer baru, apa lagi di jaman sekarang ini…

gambar : banyaknya problem di windows 10, penggunaan disk tinggi.

Windows 10 update terbaru sudah didesain lebih kepada flash storage oriented, yang artinya lebih difokuskan untuk memory flash yaitu SSD, dengan banyaknya background process, fitur smart, dan lainnya. Membuat windows 10 di hard disk berjalan tidak maksimal dan terkadang mengalami penggunaan hard disk 100% tanpa sebab. Bisa dilihat di gambar diatas, banyak sekali yang mengeluhkan windows 10 disk usage tinggi.

 

Lalu booting dan start up time yang lambat, walaupun windows 10 sudah menerapkan fast boot, tetapi itu tetap saja tergolong lama jika dibandingkan SSD, Anda dapat menyalakan windows 10 kurang dari 10 detik dengan SSD, buat apa membuang buang waktu untuk menunggu windows menyala, bahkan itu baru menyala, dan belum bisa digunakan karena windows akan masih me-load proses proses seperti AntiVirus. Jika Anda masih menggunakan hard disk, anda setiap harinya bisa membuat waktu 1 sampai 2 menit untuk menyalakan hingga dapat menggunakan komputer.

gambar: google search – masalah windows disk usage di hard disk

Ada lagi background proses yang sangat tidak ramah dengan hard disk, seperti SuperFetch, wah itu sangat terkenal sekali jika anda melakukan pencarian di google. Belum lagi ada Indexing, Cortana dan lainnya yang tujuannya menyajikan informasi yang relevan kepada Anda dengan melakukan scanning scanning email, documents dan lainnya. Membuat kerja hard drive menjadi lambat dikarenakan banyaknya proses yang berjalan di background. Baca lebih disini, bagaimana membuat windows 10 lebih ringan.

gambar dari : legitreview

Buat gamers dan para pekerja professional lebih parah lagi, apa lagi gunanya hard disk, ketika sedang bekerja load membuka program lama, ketika save juga lambat, lalu loading game juga lebih lama, apa sih gunanya yaa ?  Kalian mau main game, kerja atau buang buang waktu yaa ? Mengacu pada gambar diatas, Anda bisa menghemat 10 detik lebih untuk loading game, belum lagi ada yang namanya micro stutter alias lag lag yang ga jelas yang diakibatkan hard disk yang sibuk menyiapkan file yang dibutuhkan untuk game, seperti texture, dan lainnya.

Jadi ? Gunakanlah SSD yuk, setidaknya untuk boot drive, atau media penyimpanan untuk sistem operasi, sehingga windows menyala dengan cepat, sistem lebih responsif dan pekerjaan lebih cepat selesai juga tidak dibilang teman loaders atau lola ( loading lambat ) ;)

 

Kelebihan SSD :

  • Lebih tahan banting
  • Lebih ringan
  • Loading game dan program lebih cepat
  • Sistem operasi menyala dengan cepat
  • Sistem lebih responsif
  • Transfer data yang cepat dengan antaramuka baru NVME

Kekurangan SSD :

  • Umur lebih pendek dari HDD
  • Kapasitas lebih kecil
  • Harga relatif masih lebih mahal dibanding HDD

 

Wah menyalakan komputer saja sudah lama, apalagi kena windows update lagii… Baca disini cara untuk mematikan windows update terbaru. Lalu jika Anda tertarik mengetahui perangkat apa saja yang menjadi utama membeli sebuah laptop atau komputer Anda bisa baca disini.