Hai sahabat NinoPro! Kali ini saya akan berbagi pendapat tentang game Genshin Impact yang sedang viral dan heboh di akhir tahun 2020.

Tidak perlu banyak basa basi dari saya, game “gratis” ini sangat bagus, dan boleh dibuat mengubah sudut panjang banyak orang, dan membuat orang bertanya tanya untuk game yang berbayar dan memiliki kualitas lebih rendah dalam segi grafis, cerita, voice actor dan BGM.

Dalam singkat kata, kalian harus main game ini! Game ini tersedia baik di PC, PS4, Smartphone dan lainnya.

Yang ngak percaya, yuk deh menuju reviewnya!

 

1. Visual yang Memukau!

Game kualitas konsol dan PC yang gratis? Oh yes, Genshin Impact, game yang membuat semua orang terkagum dan mempertanyakan kok bisa ya gratis? Game dengan grafis seperti ini biasanya berbayar sekitar 60 – 70$. Kita ambil contoh Ni no Kuni II: Revenant Kingdom. Dengan grafis yang bisa dibilang sama bagusnya, Genshin impact adalah game yang memanjakan mata.

Minumum spek yang dibutuhkan juga boleh dibilang cukup pas pasan, untuk pengguna PC dengan standart VGA NVIDIA GTX 1050 2GB game ini sangat bisa dimainkan dengan sangat mulusss… +- 60FPS. Sayangnya untuk platfrom smartphone Android dan iOS membutuhkan spec yang bisa dibilang “monster”, iPhone yang memiliki RAM diatas 2GB baru bisa memainkan game ini, dan Android dengan prosesor yang tinggi baru dapat menjalankannya dengan baik.

Walaupun game ini Smartphone Ready, tapi alangkah baiknya jika kalian bisa bermain di PC, iPad ataupun Console.

 

2. Jalan Cerita yang Menarik

Aspek cerita banyak sering dilupakan jika berbicara tentang game yang ada di Smartphone, karena kebanyakan game smartphone berisikan tentang MOBA, Battle Royale. Tetapi genshin impact memberikan sebuah pengalaman yang baru dan genre RPG mendobrak smartphone gaming.

Ya Role Played Game atau RPG, cerita yang lucu dan menarik, dengan pilihan dialog yang lucu, Quest yang cukup menyenangkan dan tidak terlupakan visual cerita juga disajikan dalam mode 2D klasik presentasi dengan gaya “art nouveau” yang sangat menarik.

*mungkin mengandung spoiler

Juga berdasarkan info dari pemain Honkai Impact, kalian bisa menantikan cerita yang cukup mengejutkan karena pada seri Honkai Impact miHoYo berhasil menyajikan cerita yang memukau dan cukup dalam. Jadi nantikan cerita cerita di Genshin Impact yang siap membuat kalian terkagum kagum.

Pemain skip dialog, ayuk coba jangan skip di story ini, kalian juga akan menikmati Voice Actor/Actress yang berkualitas!

 

3. Open World, Explorasi tiada Batas

Salah satu nilai utama yang ditawarkan oleh Genshin Impact adalah Open World dan explorasinya, tanpa adanya restriksi restriksi aneh aneh, kita bisa berjalan kemana saja kita suka, sehingga terkadang kita akan lupa dengan Quest yang sedang kita jalankan.

Sembari berjalan, kita akan menemukan kotak harta karun, challenge, random event, puzzle solving dan lainnya. Sungguh menyenangkan untuk kalian pencinta Open world.

 

4. Sistem Elemental, Resonance dan Battle System yang Unik

sumber: keengamer.com

Salah satu mekanisme yang menarik dari game ini adalah elemental battle sistemnya, berbeda dengan kebanyakan game yang hanya punya mode effective dan not effective, misalnya air dilawan api, daun dilawan api, dan lainnya. Genshin impact memiliki kombinasi element, misalnya musuh dibahasahi dengan elemen air, lalu di setrum listrik, maka akan menjadi electro charged yang berarti ada dmg extra dan jika banyak musuh yang basah dan electro charged maka akan terjadi chain lightning effect.

 

Demo Video Boss Fight ( Stormterror Lair’s Dvalin )

 

Demo Video Coop:

ps: demo video yang dibuat secepatnya, maap jika mainnya ngasal xD

Contoh lainnya:

  • Air ketemu Api akan menjadi Vaporize
  • Listrik ketemu Es akan menjadi super conduct
  • Air ketemu listrik menjadi electro charged
  • Air ketemu es akan menjadi freeze
  • Es ketemu api akan menjadi melt
  • Api ketemu Listrik menjadi overload dan meledak
  • Semua element kena angin (anemo) akan menjadi swirl dan ada dmg extra
  • Dan lainnya…

Di video diatas, cukup unik bukan elemental combonya? Saya menggunakan combo Vaporize, Melt, Freeze Shatter dan Swirl, Disini kalian akan dibuat lebih kreatif dengan combo combo kalian, terutama untuk memecahkan shield musuh, misalnya shield api, kalian akan dibuat kreatif dengan melawan api dengan element listrik? air? es? kalian atur sendiri, disini api bukan berarti harus dilawan dengan air ;)

 

5. BGM yang mengubah persepsi musik game

BGM dengan musik gaya barat, jepang mungkin itu sudah biasa, tetapi mendengar musik dengan bumbu instrument dari China yang di arrange dengan gaya modern? Nah Genshin Impact membuat sebuah genre musik yang unik. Juga banyak BGM yang sangat bagus, dan setiap region memiliki musik dan battle musiknya sendiri. Misalnya region Monstadt yang memiliki musik ala European, lalu region Li Yue dengan nuansa China.

Tidak lupa game ini memiliki siklus siang dan malam, dan lagunya akan berganti seiring jamnya. Sudah seminggu saya main dan belum bosan juga dengan BGMnya karena musiknya berganti terus dan terkadang malahan kita yang mencari musik itu dimana.

 

6. Multiplayer ?

Aspek multiplayer Genshin Impact adalah aspek yang terlemah dari game ini, tapi perlu dimaklumi game ini masih dalam tahap Open Beta, jadi kemungkinan konten multi player akan bertambah.

Co Op disini untuk sementara lebih untuk membantu atau dibantu teman untuk menyelesaikan “dungeon” dan elite bosses untuk farm material senjata, artifacts, challenge dan lainnya.

Anggap saja ini seperti game PlayStation yang Offline, yang dimana teman datang hanya untuk menjadi player 2P 3P dan 4P jadi jangan terlalu memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi untuk multiplayer modenya

Sisanya hanya untuk bersenang senang seperti foto bersama, dan explorasi saja.

 

7. Free to Play*

Hello! Ya game ini sebenarnya Free to Play, alias Gratis! dengan tapi, ini game sebenarnya game Gacha, jadi bermain gratispun bisa tetapi dengan pengorbanan waktu dan effort yang lebih dibandingkan orang yang melakukan Pay to gacha.

Gamenya relatif tidak Pay to Win, karena kebanyakan konten itu Single Player mode, dan Quest juga banyak sekali yang Single Player, jadi disini Gachanya hanya membuat kalian progress lebih mudah saja, bukan berarti tidak bisa jika tidak bayar.

Problem hanya terjadi pada energi sistem yang disebut Resin, Energi disini sangat terbatas, dan untuk refill energi membutuhkan primogem alias top-up~.

Kembali lagi, disini tidak ada kompetisi yang gimana gimana banget seperti PVP, GVG, Leaderboard DMG dan lainnya, jadi kalian pemain gratisan paling hanya ketinggalan level saja, dan progressing sedikit lebih susah. Tetapi ujung ujungnya juga bakal selesai.

* Walaupun saya dapet Venti, tetapi main DPS hitter saya adalah *4 Xiangling, unit gratis yang bisa didapatkan in game.

 

Singkat kata kembali, mainkanlah game ini jika memiliki perangkat yang mendukung!

 

Download:

Download for PC

‎Genshin Impact
‎Genshin Impact
Developer: miHoYo Limited
Price: Free+
Genshin Impact
Genshin Impact
Developer: miHoYo Limited
Price: Free+

 

 

*Review ditulis pada tanggal 12/10/2020 saat game Open Beta, mungkin kedepannya akan ada artikel yang menjadi tidak relevan hingga post diupdate.