Pasti kalian pernah menemukan settingan yang bernama Loudness Equalization ketika sedang mengoprek setting di windows sound settings, dan kalian bingung apa fungsinya ya ? ketika dinyalakan terkadang bunyi notifikasi di windows malah menjadi lebih kencang. Sebenarnya apa sih fungsinya ?

Loudness Equalization adalah proses suara dengan metode Dynamic Compression, dimana suara yang halus akan di perbesar sehingga lebih mudah tanpa perlu memperbesar volume suara pada speaker atau headphone anda. Agar lebih nyaman dan tidak menggangu orang di ruangan senyap atau di malam hari. Baca Late Night EQ pada iOS.

Terminologi yang paling simpel untuk Loudness Equalization adalah, brings the minimum and maximum closer together. Ya membuat yang jauh dan yang dekat berkumpul menjadi satu level.

Contohnya, ketika anda sedang menonton film, ada orang sedang berbicara dan terjadi aksi ledakan yang heboh, biasanya suara orang berbicara itu akan tertutup dengan suara ledakan. Ketika menggunakan Loudness Equalization maka suara orang berbicara itu akan diperbesar tanpa membuat suara ledakan yang terjadi lebih besar, sehingga Anda bisa mendengar dialog lebih mudah.

Wah menarik sekali jika suara yang lebih kecil menjadi lebih besar, apakah sebaiknya saya gunakan untuk bermain game ? Jawabannya tidak menurut saya, ketika suara yang kecil ( jauh ) di perbesar, maka Anda sendiri akan kehilangan persepsi jarak pada game tersebut. Membuat pengalaman menjadi tidak menarik, sedangkan langkah kaki seharusnya dari kecil ke besar menandakan bahwa musuh datang mendekat. Ketika suara di normalisasi maka Anda tidak bisa membedakan lagi seberapa jauh posisi musuh tersebut.

Solusinya gunakan headphone atau earphone dengan definisi tinggi, ini secara alami akan membantu mengenali persepsi suara lebih baik. Jauhi proses suara secara software. Karena audio yang baik adalah audio yang orisinil tanpa tersaturasi proses digital / software.

Loudness Equlization adalah standar sebutan oleh Windows. Manufakturer lain akan menyebutnya lain lain seperti : Late Night EQ pada iOS, Smart Volume pada TV, Night Mode, Smart Volume Management, Audio Normalization, Same Level for All Tracks dan lainnya. Fungsinya sama menggunakan Dynamic Compressor untuk menormalisasi suara yang kecil menjadi lebih besar agar mudah didengar.

Keuntungan Loudness Equalization :

  • Suara kecil terdengar lebih jelas ( cocok untuk menonton film )
  • Lebih nyaman mendengarkan di volume yang lebih kecil
  • Baik untuk pendengaran
  • Audio akan lebih jelas di tempat yang berisik
  • Mendengarkan suara yang tadinya tidak terdengar

Kekurangan Loudness Equalization

  • Kelilangan persepsi dimensi / jarak pada audio
  • Suara audio yang tersaturasi
  • Tidak sepenuhnya membuat suara lebih keras ( hanya persepsi anda )

Kesimpulannya, apakah Anda harus menggunakan Loudness Equalization ? Ketika Anda terdapat pada posisi dimana Anda tidak bisa membesarkan volume audio Anda untuk mendengar suara yang lebih kecil. Saran saya hanya gunakan jika Anda sedang menonton film, atau speaker anda memiliki definisi kurang baik, dengan menggunakan Loudness Equalization akan membuat suara yang tadinya susah didengar lebih dominan. Jika anda merasa tidak ada kekurangan dari audio Anda sekarang, jangan gunakan fitur Loudness Equalization atau semacamnya, karena hanya akan men-saturasi audio Anda. Ingat audio yang baik adalah audio yang orisinil seperti yang Artisnya tujukan. Listen as the Artist / Producer intended.

 

Artikel Terkait

Tipe Tipe Umum Headphone, Earphone, dan Earbuds

Late Night EQ pada iOS iPhone, dan iPad.