Google Chromecast 2020 atau versi ke-4, merupakan perubahan major pada lini Chromecast, dimana sekarang chromecast sudah memiliki GoogleTV.

Dulu chromecast hanya bisa menampilkan tampilan yang ada di smartphone kita ke TV, sedangkan di edisi kali ini, memiliki GoogleTV dimana sudah memiliki interface seperti layaknya TV Box dan smart TV. Jadi kalian bisa langsung menonton youtube, netflix, ataupun aplikasi lainnya dengan menggunakan remote barunya.

Apasih yang membedakan Google Chromecast with Google TV ini dengan TV Box, ataupun Smart TV Stick merek lainnya?

Pertama ini adalah Google yang mendesain langsung bagaimana tampilan AndroidTV atau SmartTV yang Google imajinasikan sebagai GoogleTV. Jadi aplikasi yang ada di dalam GoogleTV sangat bebas iklan, bebas software tambahan dari merek merek TV seperti Xiaomi, TCL, Samsung dan lainnya, jadi intinya bersih, seperti iPhonenya TV deh.


Kedua, Remote yang canggih, katakan bye bye kepada remote lama TV non-smart kalian, karena remote dari Chromecast with Google TV ini tidak hanya mendukung fitur modern ceperti HDMI CEC untuk mengontrol TV secara digital, tetapi juga memiliki Pemancar Infrared seperti universal remote control, sehingga buat TV yang jadul, seperti yang saya gunakan ini, remote dari Chromecast ini bisa mengontrol untuk mematikan dan menyalakan, mengganti input, dan mengatur volume! sekali lagi, 1 remote untuk semua…

Ketiga, akses penuh ke Android TV Play Store, banyaknya aplikasi yang didukung tidak usah diragukan lagi, beda dengan tv dengan sistem sendiri seperti Samsung Tizen, LG WebOS yang aplikasinya lebih terbatas. Juga karena ini sistem operasi dari Google sendiri, maka software update akan lebih terjamin, ketika baru saya nyalakan saya sudah menerima 1 software update dan 1 firmware update untuk remote-nya.

Jadi buat siapakah Chromecast with GoogleTV ini? untuk orang orang yang memiliki TV lama yang belum smart, dan yang ingin mengontrol TV dan Chromecast dengan 1 remote saja, jadi ruangan lebih rapih dari banyaknya remote. Ya ini ala ala NinoPro style banget yang harus rapih dan minimalis lah kalau beli barang…

Sayang untuk harga Chromecast with GoogleTV ini relatif lebih tinggi dibandingkan smart tv box sejenis, dikisaran 900rb-an, jadi untuk kalian yang masih pengen repot repot sedikit atau jiwa minimalisnya belum kental, masih banyak sekali opsi smart tv box di harga yang lebih terjangkau seperti Mi TV Stick dikisaran 400rb-an, atau bahkan TV box TV box Android bekas dari provider internet yang sudah di “hacked” untuk unlock juga bisa kalian gunakan.

Gimana pendapat kalian tentang Chromecast kali ini? worth your money kah?