iPhone 12 merupakan seri iPhone yang tidak disertai charger pada saat membeli iPhone. Menurut Apple hal ini ditujukan untuk produk yang lebih ramah lingkungan.

Kalau memang untuk menyelamatkan Bumi kita apa boleh buat yak? Nah tapi sebagai pembeli, tidak memiliki charger itu rasanya gimana ya? Apakah harus membeli charger resmi dari Apple yang harganya cukup mahal?

Kabel yang disertakan pada box iPhone 12 juga merupakan kabel USB C to Lightning, jadi kemungkinan besar kalian memiliki charger dengan lubang USB C sangat kecil jika sebelumnya kalian pengguna seri iPhone dibawah 12.

Jadi charger USB C apa sih yang bisa dibeli tanpa perlu mengeluarkan dana yang begitu fantastis untuk kepala charger? Sini saya rekomendasikan 1 alternatif sebelum membeli charger dari Apple.

 

VYATTA TURBO

Charger dari Vyatta ini dapat di beli dengan harga dibawah Rp. 100.000. Fitur yang ditawarkan juga sangat fantastis untuk harga dibawah seratus ribu. Kenapa saya memilih Vyatta Turbo ini dibanding kompetor lainnya?

 

Harganya yang fantastis disertai fitur yang hebat, dari memiliki 2 power port, 1 USB A dan 1 USB C. Setiap port mendukung berbagai macam charging kecepatan tinggi seperti Oppo VOOC, Huawei Supercharge, Samsung Adaptive Fast Charging dan terutama Power Delivery Standart untuk iPhone.

 

Terbukti sudah fitur Huawei Supercharge, tandanya Vyatta Turbo mampu mendeteksi berbagai varian kebutuhan dari setiap produsen manufakturer sehingga memberikan format Charging cepat yang sesuai.

 

Dilengkapi dengan dua port yang dibutuhkan oleh nyaris semua smartphone, USB A dan USB C. Jadi kalian dapat mengecas 2 perangkat tanpa perlu cabut colok kabelnya. Dilengkapi juga dengan lampu indikator pada lubang portnya sehingga dapat mengetahui bahwa charger ini operasional.

 

Nah gimana? Vyatta Turbo ini merupakan salah satu pasangan iPhone 12 yang tepat bukan? Canggih tanpa membuat dompet tipiss!! Saya sudah menggunakan charger dari Vyatta Turbo ini selama kurang lebih 1 tahun untuk iPhone XS dan Huawei P30 Pro. Sampai saat ini tidak ada kendala pada baterai dari kedua unit tersebut, boleh dibilang kualitas listrik yang dihasilkan cukup baik. Baterai iPhone XS saya masih sangat sehat masih di 91% walaupun sudah 2 tahun umurnya..

Walaupun terlihat sangat sempurna di harga yang murah, charger Vyatta Turbo ini memiliki satu kelemahan yaitu tidak bisa mengecas 2 perangkat super fast charging secara bersamaan. Jadi jika sedang melakukan pengecasan dengan Super Fast Charging maka perangkat kedua yang dihubungkan biasanya tidak terisi. Mungkin kemampuan charger ini full di 18 watt, sehingga ketika sedang melakukan pengisian cepat maksimum, jadi perangkat kedua tidak mendapatkan daya yang cukup untuk pengecasan.

Tetapi jika mengecas perangkat tanpa super fast charging, seperti powerbank, ataupun smartphone lama, maka charger Vyatta Turbo ini dapat mengecas 2 perangkat bersamaan.

Jadi untuk yang baru beli iPhone 12 dan butuh charger, jadikanlah Vyatta Turbo ini menjadi salah satu alternatif yang terbaik.

 

Beli Vyatta Turbo di Tokopedia Vyatta Official Store