Cara screenshot di laptop ataupun komputer dengan Windows 10,  screenshot bisa dilakukan dengan tombol print screen dan menangkap seluruh bagian layar, dan masih harus kita letakan / paste di paint atau image editor biasanya.

Jika kalian mau melakukan screenshot dan langsung tersimpan secara otomatis menjadi .JPG bisa menekan tombol Windows + PrintScreen, nanti screenshot akan tersimpan pada folder my pictures/screenshot.

Lalu Windows memiliki fitur yang mungkin kalian sudah pernah dengar, namanya Snipping Tools.  Anda dapat menggunakan snipping tools untuk mengambil sebagian gambar, tetapi bukankah ini merepotkan? ketika anda ingin mengambil gambar dengan cepat, tetapi anda harus membuka program snipping tools terlebih dahulu.

Dalam Windows 10, Snipping Tools mempunyai shortcut kombinasi di keyboard anda, Anda dapat melakukan screenshot sebagian layar dengan menekan tombol windows + shift + S lalu layar anda akan terdiam dan keluar seleksi untuk memilih bagian layar anda. Tetapi kekurangannya, anda tetap harus meletakan / paste di image editor atau paint. Lalu melakukan save sebagai .jpg

Wah jadi panjang nih, mari menuju pointnya, Ada sebuah aplikasi yang dari dulu saya gunakan semenjak berpindah dari macOS. Aplikasi tersebut bernama Lightscreen, anda bisa mendapatkannya disini.

Lightscreen adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan anda melakukan screenshot seperti di macOS, screenshot yang langsung menjadi sebuah file .jpg yang siap anda gunakan untuk berbagi, maupun bekerja. Cukup download, dan install aplikasinya, juga jangan lupa settings hot key apa yang kalian inginkan, kalau saya menggunakan control + print dan control + alt + print.

 

Download Lightscreen

 

Mudah bukan ? Anda juga dapat menentukan dimana screenshotnya langsung tersimpan sebagai sebuah .jpg

Jangan lupa di share jika ini membantu pekerjaan anda :)

 

Baca juga:

Shortcut shortcut penting di Windows 10 yang harus kalian tau