Punya speaker? Pastinya ya.. apa lagi uda mampir kesini.. tapi speaker-nya berbunyi dengung, pada saat tidak memutar audio..

Wah kenapa ya itu? Itu biasanya disebabkan oleh Ground Loop, Ground loop adalah dimana dalam sistem kelistrikan terjadi ketika dua titik dari rangkaian yang seharusnya memiliki potensial referensi earth/ground yang sama tetapi terjadi perbedaan potensial di antara keduanya. Hal ini yang biasanya menyebabkan bunyi dengung, atau hum, dan ganguang signal pada audio.

Kenapa bisa terjadi? Biasa ini terjadi pada rumah rumah lama yang listriknya tidak di ground/ earth secara benar, atau bahkan tidak memilikinya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui grounding/ listriknya tidak benar? Pernah tidak kalian memegang casing komputer kalian/ laptop/ macbook ataupun benda berbahan metal dan terasa ada aliran listrik ataupun bahkan sampai tersetrum? Nah itu tanda tanda grounding/ earth tidak baik, karena listriknya lari ke tanah/earth/ground melalui tubuh kalian… wajar kan makanya kesetrum..

Nah yang kayak gini juga salah satu penyebab speakernya berbunyi… dengung.. humm…..

Contoh suara di video:

Uh oh, pasti suaranya kayak di video tersebut kan.. bete banget pasti..

 

Nahh.. Gimana cara mengatasinya? Ada beberapa cara yang bisa dicoba, dari yang gratis sampai yang membutuhkan alat (berbayar). Langsung saja..

1.  Gabungkan sumber colokan speaker dan komputer

Ground loop terjadi jika listrik yang seharusnya ke ground memiliki potensial yang sama, tetapi terjadi perbedaan potensial, sehingga menimbulkan gangguan seperi noise, humm, dan interfensi lainnya. Dengan menggabungkan colokan menjadi 1 maka perbedaan potensinya akan hilang sehingga suara dengung juga hilang.

 

2. Coba Pisahkan sumber colokan speaker dan komputer

Opsi pertama dapat bekerja jika memiliki grounding/ earth pada tempat tinggalnya, opsi kedua untuk yang rumahnya tidak memilik grounding sama sekali. Sehingga caranya adalah memisahkan aliran listrik speaker dengan aliran listrik sumber audionya, misalnya komputer.

Dengan memisahkan colokannya, maka ground loop akan terputus, oleh karena ini suara dengung pada speaker juga ikut hilang.

Note: Jangan menyerah dulu, Pindahkan colokan, dan cari colokan listrik dimana perangkat elektronik sudah tidak menyetrum. Bisa saja colokan yang digunakan tidak ada grounding-nya, coba cari colokan lain yang mungkin ada ground/ earth-nya. Lalu coba point 1 dan 2 lagi. Jika di tempat tinggalnya memang tidak ada grounding/ earth cobalah opsi ke-3 dan ke-4

3. Gunakan Audio Ground Loop Isolator

Jika kedua opsi diatas tidak bekerja, mau tidak mau harus membeli alat tambahan untuk mengatasi ground loop yang terjadi.

Ground Loop Noise Isolator adalah alat yang ditujukan untuk memutus rangkaian loop, sehingga cukup colokan kabel audio aux kalian ke alat ini baru sambungkan ke speaker, seharusnya suara dengungan pada speaker sudah hilang sendirinya. Dengan mengeluarkan budget sekitar Rp. 198.000 suara dengung bisa hilang….

Kalian bisa membelinya disini: https://www.tokopedia.com/decpro/ground-loop-noise-isolator-anti-hum-laptop-mixer-aux-audio-vodool-g03

Kenapa link tersebut, karena sudah dicoba oleh saya dan berhasil mengatasi hum pada speaker soundbar TV saya. Tetapi silahkan mencari produk alternatif dengan keyword Ground Loop Isolator.

 

4. Gunakan USB Ground Loop Isolator

Untuk yang menggunakan External Sound Card, ataupun USB DAC ( Digital to Analog Converter ) bisa menggunakan USB Ground Loop Isolator, ini lebih bersifat digital, karena yang difilter adalah aliran data dari USB tertentu. Ini memiliki kelemahan karena dapat mengurangi data rate transfer ke 12mb/s. Sehingga DAC ataupun Soundcard diatas 96Khz/24bit biasanya tidak bekerja dengan baik.

Kalian bisa membelinya disini: https://www.tokopedia.com/decpro/usb-ground-loop-isolator-anti-noise-hum-grounding-dengung

Cara ini juga saya sudah test dan berfungsi lebih baik dari Ground Loop Isolator yang Analog, ntah kenapa pada saat menggunakan opsi ke-2 speaker komputer saya tetap berdengung, berbeda dengan soundbar di TV saya. Jadi untuk yang menggunakan DAC ataupun Soundcard 96Khz/24Bit Bisa mencoba ini.

 

Semoga membantu kalian mengatasi suara dengung yang menggangu pada speaker kalian…