screenshot caller id

 

Dijaman sekarang ini banyak sekali telepon yang tidak dikenal dari iklan, promosi yang tidak relevan dan bahkan penipuan. Bagaimana ya caranya jika kita bisa mengetahui terlebih dahulu sebelum kita mengangkat telepon tersebut. Terkadang orang langsung malas jika dihubungi nomor yang asing, tetapi terkadang nomor asing itu adalah nomor konfirmasi pesanan makanan kita ataupun telepon dari kerabat yang kebetulan menggunakan nomor baru. Nah langsung saja saya berbagi cara yang saya gunakan dari dulu, dan aplikasi yang pastinya saya langsung install ketika saya memiliki smartphone baru.

 

Aplikasi yang saya gunakan untuk mendeteksi nomor telepon yang tidak dikenal adalah :

1. Whoscall

Ini adalah salah satu aplikasi yang pasti saya install pertama kali ketika saya memiliki smartphone baru loh, aplikasi ini dapat mendeteksi nomor telepon yang tidak dikenal berdasarkan database yang tersedia, dan juga berdasarkan data yang pengguna submit ( user generated data ). Alhasil data yang di berikan cukup akurat, walaupun saya tidak bilang 100% data yang diberikan adalah akurat dan selalu tersedia. Kalau berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan aplikasi ini selama lebih dari 5 tahun, deteksinya sekitar 65%. Cukup membantu membedakan mana yang harus kamu angkat dan kamu diamkan saja.

 

Diatas ini adalah screenshot histori telepon saya, Anda bisa melihat bagaimana whoscaller beraksi mendeteksi nomor telepon yang tidak dikenal dan memberikan data yang cukup apakah saya harus menerima telepon itu atau tidak. Cukup berguna Bukan si whoscall ini ?

 

2. TrueCaller

 

Karena saya orangnya cukup anti sosial dan sangat malas sekali mengangkat telepon dari yang tidak dikenal, Anda bisa mengkombinasikan dengan aplikasi TrueCaller, diamana TrueCaller menyediakan offline database yang disimpan pada contact untuk mendeteksi ketika jaringan internet sedang jelek ataupun tidak tersedia. Kekurangannya adalah database yang di letakan di contact terkadang bisa dideteksi oleh beberapa aplikasi instant messaging seperti Telegram, dan otomatis orang yang tidak dikenal tersebut bisa muncul di contact Telegram ataupun aplikasi lainnya.

Sebelum mendownload aplikasi ini, kalian juga bisa memastikan apakah aplikasi pendeteksi tersebut sudah menjadi fitur dari smartphone kalian ? Samsung menyediakan layanan tersebut langsung di dalam software Samsung. Untuk pengguna yang tidak memiliki fitur pendeteksi bawaan dari smartphonenya, pastinya kedua aplikasi ini tersedia di iOS dan Android pastinya, langsung saja download :)

 

Download Whoscall :

https://itunes.apple.com/id/app/whoscall-caller-id-block/id929968679?mt=8

https://play.google.com/store/apps/details?id=gogolook.callgogolook2&hl=en

 

Download TrueCaller :

https://itunes.apple.com/us/app/truecaller/id448142450?mt=8

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.truecaller&hl=en

 

*Gambar utama : Samsung S10 dengan Caller ID bawaan – Gambar dari samsung.com