Di Indonesia ini, yang namanya Internet itu terkadang tidak dapat diandalkan. Terkadang bisa mati, melambat tiba tiba apa lagi lagi mulai mendekati musim hujan di bulan November dan seterusnya ini… Sebut saja provider provider populer seperti Indihome, FirstMedia, Smartfren, XL, Telkomsel, dan lainnya… semua pastinya pernah membuat kalian kesal kan?

Sebal bukan jika kita tidak bisa tahu kualitas Internet yang kita gunakan sebelum mulai bermain game ataupun download dan juga streaming video. Apalagi ketika sudah bermain eh malah ngelag total, mengakibatkan kekalahan, sampe sampe dimarahi teman, ga enak kan?

 

 

Nah bagaimana sih cara mengetahui kecepatan dan kualitas internet kita? Yuk langsung saja, caranya mudah kok..

 

1. Cek ping dengan command prompt (Win10) atau terminal ( MacOS )

  • Buka command prompt ( start menu -> cari “cmd” ) atau Windows+R -> ketikan “cmd”
  • Lalu ketikan command -ping www.google.com -t
  • Lalu akan muncul tulisan “reply from … bytes=32 time=19ms TTL=44″

Kalian tinggal cek, jika time lebih besar dari 100ms maka kualitas internet sudah terbilang buruk untuk bermain game, jika diatas 500ms maka kalian akan mendapatkan kualitas internet buruk. Internet yang baik memiliki delay dibawah 100ms idealnya. Jika ada request time out yang sering, maka internet dipastikan buruk kualitasnya.

*ms adalah millisecond ( milidetik ) | time berarti waktu, atau jeda, jadi semakin besar angkanya, semakin lambat kamu berkomunikasi dengan internet pusat.

 

2.Android dan iOS, Gunakan App speedtest.net

Jika kalian di komputer, bisa mengunjungi langsung speedtest.net, tetapi jika kalian di smartphone, kalian bisa melihat kecepatan internet dan juga kualitas latencynya…

Speedtest by Ookla
Speedtest by Ookla
Developer: Ookla
Price: Free+
‎Speedtest by Ookla
‎Speedtest by Ookla
Developer: Ookla
Price: Free+

 

3. Mengunjungi fast.com

Alternatif yang sebenarnya paling ideal adalah mengunjungi fast.com, biarkan loading dan jika sudah selesai tekan show more info, tetapi terkadang ini di blokir oleh indihome karena ini adalah server netflix, jadi kembali ke poin nomor 2, gunakan speedtest.net

Untuk yang netflixnya kena blokir di indihome, bisa gunakan cara ini untuk membukanya.

 

4. Gunakan Widgets pada Android dan iOS untuk mengecek ping atau latency dengan mudah

Cara paling cepat adalah menggunakan widgets, dimana sebelum kalian berselancar di internet, download ataupun bermain game seperti mobile legends, pubg mobile, ataupun game lainnya… pastikan ping kalian dibawah 50ms untuk kenyamanan bermain.

Download widgets yang saya gunakan:

Ping Widget
Ping Widget
Price: Free

 

Recap: Semakin besar Ping / Latency / Delay dalam ms, semakin lag internet kamu. Jauhi ping besar!

Nah, dengan ini kalian sudah dapat mengetahui kualitas jaringan internet sebelum bermain ataupun streaming, dengan ini ga usah bete ketika sudah di game ternyata malah lag… memang sebaiknya cari tahu dulu kualitas jaringannya sebelum bermain kan ;)