website

Ini adalah kelanjutan dari bagian pertama Bagaimana Mempersiapkan Bisnis dan Usaha di Jaman Online Sekarang Ini. Baca bagian pertama terlebih dahulu disini.

Jika kalian sudah melakukan tahapan 1 sampai 4 di bagian artikel pertama saya, maka untuk lebih maju lagi ada beberapa tambahan yang bisa di terapkan. Gratis? Tentunya ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Yuk kita mulai…

Saya berasumsi Anda sudah memiliki website ya.. kan sudah baca di artikel sebelumnya :)

Bagian ini adalah ranah Advanced, cukup sulit, butuh pengetahuan tentang pembuatan website.

5. Google Search Console

webmaster and search console

Kalau sebelumnya Anda baru mendaftarkan lokasi usaha dan bisnis Anda di google, sekarang waktunya “rumah” alias homepage dari website Anda didaftarkan di Google. Hal ini sudah mencangkup teknis, Anda harus membuat sitemap dari website Anda. Jika Anda adalah pemilik bisnis atau usaha sekala menengah dan besar, sebaiknya Anda minta tim IT anda melakukan pembuatan dan pendaftaran sitemap. Jika Anda pemilik bisnis kecil dan tidak memiliki tim IT, Anda bisa explorasi di google bagaimana pembuatan sitemap atau meminta bantuan teknis dari teman Anda atau pada saat Anda membuat website.

Gunanya? Bayangkan Anda punya gedung lantai 1 sampai 4, ada sekitar 10 kamar tiap lantai berarti ada 40 kamar total semuanya. Jika anda tidak memberikan peta ruangan penting mana yang harus di kunjungi terlebih dahulu, maka akan susah dicari bukan? Simplenya sitemap gunanya seperti itu, membuat halaman Anda bisa di cari lebih mudah, dan Anda bisa memberitahu google juga agar tidak meletakan halaman yang sensitif di mesin pencariannya.

Daftar di: https://www.google.com/webmasters/

 

6. Bing? Anda lupa kalau google tidak sendirian…

bing vs google

Menurut artikel diatas, BING mempunya market share sekitar 14%, dan karena Yahoo sudah milik Microsoft. Berarti BING dan Yahoo! menjadi satu kesatuan, jadi Anda bisa mendapatkan extra 14% + 16%, ya 30% pencarian jika Anda juga melakukan optimisasi sitemap di bing webmaster.

Daftar di: https://www.bing.com/toolbox/webmaster

7. Bawa ke level yang lebih jauh, Yandex

Kenapa BING, Yahoo!, dan Yandex? Karena tidak semua orang itu tech savvy. Banyak orang yang tidak sengaja menginstall program dan membuat mesin pencarian utamanya terganti, bukan google lagi, tetapi diantara banyak mesin pencarian lainnya. Nah.. disini kesempatan Anda ditemukan di mesin pencarian pencarian lucu lucu ini…

Pernah dengar duckduckgo? ask.com? dan lainnya? Tenang kebanyakan juga mengambil database pencarian dari ketiga raksasa mesin pencarian, Google, BING, dan Yandex. Pastikan Anda mendaftar di mesin pencarian raksasa ini.

Daftar di: https://webmaster.yandex.com/welcome/

 

Oke.. semua sudah Anda lakukan, gedung fisik sudah bisa di cari di internet, halaman website sudah bisa di temukan juga di mesin pencarian. Lalu? Apakah Anda mau melanjutkan ketahapan yang lebih tinggi? Ranah ini ranah Expert dan experimental, tidak ada cara pastinya, Apakah itu? Itu adalah Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing.

Ada saja belum tentu bisa ditemukan, nah bagaimana membuat nama usaha atau bisnis Anda ada dihalaman pertama di mesin pencarian Google, BING, dan Yandex? Itu adalah topik selanjutnya… Saya-pun belum mendalami betul di bidang tersebut. Mungkin tahapan berikutnya lebih mengupas kulitnya terlebih dahulu saja…

Baca bagian ketiga disini.