Situs yang ingin kalian buka di blokir oleh Indihome ataupun Provider internet lainnya seperti FirstMedia, CBN, Biznet, dan lainnya?

Banyak sekali tutorial dan cara cara yang menganjurkan pakai VPN, atau DNS untuk membuka blokirannya. Tetapi kembali lagi menggunaan VPN gratis itu sangat berbahaya untuk keamanan dan data data kalian loh. Jadi alangkah baiknya menggunakan DNS lebih baik, seperti menggunakan cara DNSCrypt  ataupun menggunakan CloudFlare DNS jika di handphone/smartphone.

Nah cara yang saya akan ajarkan disini tanpa menggunakan VPN ataupun Program yang harus dibuka ketika mau browsing. Cara ini cara paling cepat, efisien dan tidak makan memori komputer. Cocok untuk komputer dengan spek yang lebih kecil.

Bagaimana caranya? Sebelum memulai saya introduksi sedikit bagaimana cara indihome memblokir, jadi kalian tau bagaimana cara yang saya ajarkan ini bisa membuka situs yang di blokir tanpa VPN ataupun program lainnya.

Nahh ketika kalian sudah mengerti, DNS itu seperti buku alamat internet, jadi ketika kalian mengetikan sebuah situs atau website makan si Provider kalian baik itu Indihome ataupun lainnya akan mencarikan alamat tersebut yang sesuai dan mengarahkannya.

Lalu kalau situs yang kamu mau buka masuk dalam halaman blokiran makan alamat situs tersebut akan dibuat nyasar ke Internet Positif, jadi kamu gagal membuka websitenya.

Cara yang saya mau ajakarkan ini adalah cara paling simpel dan tanpa perlu program apapun (sebenarnya). Cara yang digunakan adalah menambahkan semua informasi situs situs yang terblokir didalam contact internal di dalam komputer/laptop kalian. Contact internal ini disebut sebagai Hosts.

Anggepannya kalau kalian sudah “add to contact” situs situs yang kalian buka, maka komputer kalian tidak perlu bertanya kepada Indihome ataupun DNS provider dari provider internet kalian untuk membuka sebuah situs.

Yuk mulai saja. Ada 2 Cara, cara otomatis (pakai program untuk menambahkan kontak) dan cara manual menambahkan sendiri kedalam Hosts file di Windows.

 

1. Download Bebasid

Setelah mendownload maka kalian tinggal menekan tombol install, tetapi banyak sekali antivirus yang akan membilang ini virus atau adware, karena yang dilakukan adalah penulisan otomatis alamat internet kedalam Hosts file di dalam folder Windows kalian.

Tetapi percayalah ini aman, karena produk ini opensource dan sudah saya cek juga apa yang program ini lakukan.

Download BEBASID disini.

 

2. Menulis Manual di Hosts File Pada Windows

Cara ini cara manual yang program diatas lakukan. Kalian bisa mengisi manual Hosts file pada Windows kalian dengan cara seperti ini:

  1. Cari aplikasi notepad pada start menu kalian
  2. Klik kanan Run as Administrator
  3. Tekan Open/Buka
  4. Menuju “ C:\Windows\System32\drivers\etc
  5. Pada sebelah kanan kolom file name ada “Text Documents (*.txt)” di klik dan diganti menjadi All Files (*.*)
  6. Pilih dokumen yang bernama ” hosts
  7. Ketika file tersebut terbuka, kalian tinggal melakukan Copy Paste data hosts (alamat internet) dari Website Bebas.ID disini.

 

Bagaimana? cara ini juga cukup mudah bukan? Seperti memasukan “nomor handphone” teman teman kedalam handphone atau komputer kalian bukan?

Setelah melakukan baik opsi ke 1 ataupun opsi ke 2, restart komputer dan nikmati kebebasan berinternet.

 

*) Penulis tidak bertanggung jawab dengan internet yang bebas, Gunakan internet dengan lebih bijak ya!