Dijaman sekarang ini banyak sekali merek merek powerbank yang asing dan tidak pernah kita dengar, tapi dijual dengan harga yang kompetitif. Belum lagi banyak sekali yang palsu, kw super ataupun lainnya. Sebagai pembeli tentunya ini sangat merepotkan dan membahayakan jika kita salah pilih dan membeli yang palsu.

Bisa merusak perangkat gadget kita bahkan sampai mengakibatkan kebakaran, pastinya gawat sekali, oleh karena itu kita harus cermat dalam membeli power bank, tidak asal murah saja tetapi memang harus aman.

 

Cara membedakan sebelum membeli memang susah tetapi caranya adalah :

1. Bandingkan harga yang tertera dengan website resmi atau harga retail (msrp) produk tersebut di luar negri (seperti di amazon.com) dengan ini kita akan tau harga produk yang seharusnya, biasanya produk tersebut juga di import oleh negara negara lain, jadi harganya seharusnya tidak berbeda jauh.

2. Pastikan anda membeli dari seller yang memiliki reputasi yang baik

3. Baca kolom komentar pada produk tersebut

4. Baca deskripsinya, biasa seller atau marketplace yang jelas akan mencantumkan deskripsi produk dengan baik

5. Kapasitas sesuai dengan harga, tidak mungkin powerbank 20.000mah bisa lebih murah dari yang 10.000mah

 

Cara membedakan setelah kita membeli produknya lebih mudah yaitu :

1. Self Charge Test ( Cas diri sendiri )

Powerbank yang berkualitas tinggi atau asli, biasanya memiliki banyak proteksi circuit, salah satunya adalah mendeteksi arus charging, jika powerbank di cas oleh sumber daya sendiri seharusnya powerbank akan mematikan daya karena itu tidak berguna.

2. Charging Passtrough

Powerbank dengan kualitas yang baik dapat mengatur daya dengan pandai, jadi ketika powerbank sedang di charge, powerbank akan tetap dapat menyisihkan daya untuk mengecas unit yang tersambung ke powerbank tersebut.

3. Lampu LED

Sumber : youtube – xiaomi india

Powerbank yang dibuat dengan kualitas tinggi memiliki indikator yang baik. Salah satunya lampu LED yang berkualitas, lampu LED yang seharusnya adalah lampu yang tidak terang dan menyilaukan mata. Anda bisa coba intip apakah powerbank anda membuat mata anda silau.

4. Fisik

sumber: grid.id

Powerbank yang asli, memiliki fisik lebih premium, dan finishing yang baik, coba periksa seperti tulisan pada powerbanknya, seperti tulisan kapasitas dan specnya, jika anda merasa tulisannya terlalu tebal atau tidak rapih berarti itu tanda dibuat di pabrik yang tidak baik.

sumber: grid.id

Juga perhatikan lubang portnya, powerbank asli akan memiliki lubang yang presisi dan mudah di colok. Juga kembali ke point sebelumnya, lampu LEDnya juga presisi

 

Nahh sekarang sudah tau kan cara membedakan powerbank yang baik, jangan asal beli dan asal colok ya sebelum tau asli atau palsu, nantinya gadget kesayangan kamu cepat rusak.