Windows 10 memberikan banyak sekali kemudahan dari sisi pengguna, tetapi Microsft memberikan kontrol yang sedikit sekali dalam pengaturan Windows Update, sehingga terkadang menggangu pekerjaan kita, ataupun pada saat sedang bermain game. Bahkan ketika kita sedang terburu buru ingin pergi dan mematikan komputer atau laptop kita, tiba tiba kita terkena jebakan Windows Update, dan kita harus menunggu beberapa saat sampai update selesai baru bisa mati komputer atau laptop kita.

Ada beberapa cara mematikan Windows Update. Dari yang paling simpel adalah menggunakan teknik ” set as metered connection ” dimana memberi tahu windows 10 bahwa koneksi yang kita gunakan adalah koneksi dengan paket data terbatas. Sehingga frekuensi windows update akan lebih sedikit, dan hanya update yang penting yang akan di download terlebih dahulu.

set as metered connections

Cara berikutnya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga, yang saya rekomendasikan adalah ShutUp10 buatan O&O Software dari German. Sudah terjamin kualitasnya, O&O adalah perusahan yang bergerak dibidang software dari tahun 1991, pastinya bebas virus. Selain bisa mematikan windows update ShutUp 10 juga bisa membuat windows 10 lebih hemat RAM dan berjalan lebih kencang loh. Baca lengkap disini yuk.

Terakhir adalah cara yang paling ribet, buat Anda yang tidak percaya dengan program buatan pihak ketiga. Pastikan Anda mengerti seluk beluk pengaturan di sistem operasi windows yaa… Oke langsung saja.

  1. Buka Services.msc dari RUN atau Start Menu
  2. Cari services yang bernama Windows Update
  3. Klik Kanan, Lalu Properties
  4. Di layar baru yang muncul, ubah opsi Startup type menjadi Disabled.
  5. Lalu jika serices status masih running, klik tombol Stop. hingga Statusnya stop.
  6. Selesai

Demikianlah 3 cara untuk mematikan windows update, keuntungan mematikan windows update adalah menghemat data untuk koneksi yang terbatas atau bandwith yang kecil, jadi ketika windows update berjalan biasa internet akan lambat dan sangat susah digunakan. Namun jika anda mempunyai koneksi true unlimited dengan kecepatan yang tinggi, pastikan windows update tetap berjalan, windows update ditujukan untuk keamanan, penambahan fitur dan stabilitas.

Rekomendasi dari saya adalah menggunakan ShutUp10 dari O&O Software itu, karena dia hanya mematikan beberapa fitur windows update, sehingga windows update akan tetap berjalan dengan frekuensi yang lebih jinak.