seo main banner

Tulisan ini bagian ketiga dari Bagaimana Mempersiapkan Bisnis dan Usaha di Jaman Online Sekarang Ini dan Cara Mengembangkan Bisnis dan Usaha di Jaman Online Sekarang. Untuk yang belum membaca bagian pertama dan kedua bisa baca disini.

Oke, setelah Anda mendaftarkan gedung fisik perusahaan Anda di internet, dan sudah memiliki website yang sudah disiapkan untuk di cari di mesin pencarian ( aka. google ). Gimana cara membuat nama usaha Anda atau bisnis Anda muncul ketika dicari?

Coba Anda cari di Google, Unlock bolt mf90, atau Cara membuka netflix di indihome.. Pasti seharusnya ada NinoPro di halaman utama…

Itu dia kegunaan Search Engine Optimization (SEO)… Bagaimana cara melakukan optimisasi website yang baik? Ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Tetapi hanya sebagai panduan utama. Belum ada cara yang pasti berhasil 100%.. Semua agency, semua orang masih mencari teknik pastinya. Dan SEO pasti butuh waktu. Yuk langsung saja…

1. Pastikan konten halaman utama, memiliki kata kunci bisnis Anda.

seo sample

Sering sekali perusahaan tidak meletakan kata kunci bisnis atau usaha di halaman perusahaanya, padahal itu menjadi sumber google untuk menyediakan halaman website Anda ketika dicari. Misalnya Anda bergerak di bidang tekstil, pastikan di halaman utama bisnis Anda ada kata kata tekstil, dan bidang yang Anda kerjakan. Ketika orang mencari kata tekstil maka google bisa saja menyediakan halaman utama Anda, karena relevan dengan pencarian orang tersebut.

2. Buatlah banyak artikel yang relevan dengan usaha atau bisnis Anda.

cermati klik bca

Ingat mesin pencarian google akan mencoba menyediakan hasil yang relevan dengan kata kunci yang dicari. Semakin banyak halaman halaman yang berisi tulisan tentang bisnis atau usaha Anda maka lebih banyak kemungkinan website Anda di hadirkan karena relevan. Contoh: Anda bisa mencoba mencari cara menggunakan klik bca, pasti ada website cermati.

Padahal cermati tidak relevan dengan klikBCA, tetapi disediakan oleh Google. Dikarenakan artikel tentang klikBCA yang dibuat oleh Cermati. Jadi? Coba explorasi topik yang berhubungan dengan usaha Anda… Contoh, Anda menjalankan usaha kopi, maka buatlah artikel yang relevan dengan kopi, seperti tips membuat kopi yang enak, review mesin kopi terbaik, bedanya kopi arabika dengan kopi gayo, dsb…

Dengan teknik ini semakin banyak kata kunci yang bisa mengarah ke website Anda.

3. Konten berkualitas daripada kuantitas

content is king

Mungkin berlaku pada semua aspek bisnis dan usaha, tetapi di Internet-pun sama, Konten berkualitas kunci adalah salah satu jawaban terbaik dari trik SEO, Buatlah konten yang worth sharing, simpelnya jangan membuat tulisan sembarangan, buatlah tulisan yang ingin Anda baca dahulu, jika Anda tidak ingin membacanya, maka jangan terbitkan artikel tersebut. Percuma jika Anda membuat banyak artikel, tetapi tidak ada yang mengunjungi untuk membacanya.

4. Search Engine Marketing (SEM)

sem google

Search Engine Marketing adalah salah satu cara mengiklankan website Anda, cara ini cara yang experimental, dan bisa menghabiskan biaya yang besar, karena menggunakan sistem cost per click (CPC) atau pay per click (PPC) dan juga bidding. Kalau membangun Search Engine Optimisation memakan waktu, kalau Search Engine Marketing memakan uang. Semakin besar Uang yang Anda bisa keluarkan semakin lama Anda akan muncul di halaman pertama mesin pencarian, itupun jika keyword yang Anda pilih tepat sasaran.

gambar: https://www.wordstream.com/articles/most-expensive-keywords

Sampel kategori Cost per Click di luar negeri, lihat sangat masif bukan harganya? 1 orang yang klik iklan Anda bisa semahal itu?

Buat saya SEM ini cukup eksperimental, bukan hanya kompetitornya banyak terutama jika bidang fintech, marketplace atau online shop, tetapi juga terkadang kata kunci ( keyword ) bagus harganya sudah tinggi, jadi Anda harus menggunakan kata kunci alternatif atau kata kunci panjang (long tail keyword) untuk mengoptimasi biaya yang dikeluarkan.

Apakah di rekomendasi? menurut saya silahkan mencobanya, kalau saya lebih percaya dengan SEO, karena apapun yang dibayar jika sudah tidak dibayar akan turun trennya. Terakhir mendengar curhatan dari seminar SEOCON 2019, SEM ini itu mengadu kuat kuatan finansial saja. Jika tidak didukung SEO yang baik maka kegunaan jangka panjangnya akan kurang efektif.

content adalah segalanya

gambar: google – presentasi pada SEOCON 2019

Mari optimasi pencarian organik. Jadi, mulailah bangun Search Engine Optimisation yang baik.

5. Konten di Optimisasi Untuk Handphone ( Mobile Friendly )

mobile friendly

gambar: google – presentasi pada SEOCON 2019

Paling terakhir paling penting, semua hal yang saya sebutkan di bagian pertama, kedua dan ketiga ini. Jika website Anda tidak mobile friendly, maka kurang lebih jawabannya sia sia. Sudah tidak perlu dipungkiri bahwa penetrasi smartphone itu besar sekali, Jadi kebanyakan pengguna mengakses dari handphone/smartphone. Google-pun sudah menyesuaikan akan memperlakukan halaman di versi mobile menjadi acuan utama kualitas. Jika website Anda tidak di optimisasi untuk penggunaan mobile. Maka kemungkinan Anda dimunculkan oleh mesin pencarian akan lebih kecil. Jika muncul, pertanyaanya lagi, apakah pengguna mau melihat website Anda yang susah dilihat di handphone mereka? Jadi sekali lagi, pastikan Anda mencari jasa pembuatan website yang sesuai dengan kapasitasnya.

BONUS !

Secure it with SSL

Buatlah website Anda Secure/Aman dengan SSL. Kenapa? sebuah website yang Aman menunjukan integritas Anda menjalankan usaha atau bisnis Anda juga. Juga user akan merasa Aman berada di website tersebut. Juga memberikan kesan bahwa keamanan perusahaan Anda adalah prioritas.

Website Cepat!

website cepat

gambar: google – presentasi pada SEOCON 2019

Ya, kecepatan website dan server Anda itu penting, Jangan buat pengguna menunggu terlalu lama. Tetapi ingat konten adalah segalanya, jika pengguna tetap membutuhkan konten tersebut maka biasanya pengguna tetap mau menunggu. Tetapi sebaiknya jangan menggunakan server yang murah untuk bisnis atau usaha Anda. Reputasi usaha anda bisa berdampak negatif jika website tidak sesuai standar, tidak aman dan gagal load.

Spoiler
ironiknya, server ninpro ini tidak cocok untuk SEO friendly, karena lambat… dikarenakan keterbatasan budget, dimohon untuk pengertiannya :”) semoga Anda rela menunggu, saya sudah melakukan banyak optimisasi server seperti CDN, caching, minify dan banyak hal teknis lainnya, tetapi kondisi server tidak memumpuni untuk loading cepat.

Mungkin bagian ketiga ini tidak terlalu memberikan solusi, tetapi saya berharap Anda bisa mendapatkan insight, bahwa di Dunia yang serba online sekarang ini, teknik marketing sangatlah beda dengan dunia offline, dimana semua harus di optimisasi dan iklan juga bukanlah jalan yang terbaik. Buatlah konten yang baik dan relevan, update terus website Anda, maka suatu saat nanti Anda akan muncul di halaman pertama di mesin pencarian.

Anda bisa baca lengkap tentang SEO di: g.co/WebmasterID/seo