windows10 desktop

 

Mau install ulang windows aja kok repot… apa lagi harus ambil kelas dan bayar.. Padahal install windows 10 itu mudah di jaman sekarang ini..

Kalo menurut saya semua orang harus bisa installasi ulang windows 10, karena pada dasarnya Kalian akan dihadapi sebuah masalah dengan windows dan butuh waktu cepat untuk menggunakan komputer atau laptop kalian lagi, jika menunggu orang untuk memperbaikinya akan memakan waktu.

Saya akan membuatkan tutorial simpel yang sisanya kalian akan bisa belajar sendiri, tutorial yang sedikit berbeda dari umumnya, tutorial yang membuat Kalian belajar dan berani! karena beberapa opsi saya serahkan kepada kalian! Yuk langsung saja…

 

Pertama, Download ISO Windows 10

Kalau saya merekomendasikan menggunakan Tools Microsoft Windows and Office ISO Download Tool dari Heidoc.net.

Kenapa? Karena tidak perlu menggunakan program tambahan dari windows 10 download tools dari microsoft dan cara ini support Download Manager, supaya download lebih cepat dan bisa di resume jika gagal. Tapi ingat link hanya bekerja selama 24 jam, Kalian harus selesaikan download dalam 24 jam atau harus mengulang cara ini.

 

Setelah File ISO terdownload, maka kalian tinggal lakukan Instalasi ke dalam flashdisk, atau usb storage kalian.

Gunakan Windows USB/DVD Download Tool, Aplikasi resmi dari microsoft untuk melakukan ekstraksi ISO ke dalam flashdisk. Kenapa pakai ini bukan Rufus? Karena cara ini paling resmi dan umum dari microsoft lohh..

Download Windows USB/DVD Download Tool dari Microsoft disini.

Kalian tinggal “browse” dan cari file ISO Windows 10 yang sudah di download, dan pilih lokasi flashdisk/USB drive yang ingin digunakan, dan lanjutkan hingga proses selesai, dan Selama kalian sudah memiliki flashdisk yang berisikan installer Windows 10.

 

Tahap pembuatan flashdisk installer Windows 10 sudah selesai, sekarang waktunya melakukan install ulang laptop/ komputer kalian!

Caranya juga mudah, jika kalian memiliki laptop/ komputer yang tergolong baru maka cukup matikan komputer/ laptop kalian dan colokan flashdisk installer windows 10 ke perangkat kalian.

Nyalakan dan menuju ke “Boot selection” menu atau “boot option” bisa dengan cara menekan tombol tertentu seperti F12 atau F10 ataupun F2. Tergantung merek dan jenis laptop kalian. Lalu pilih USB flashdisk yang kalian sudah siapkan tadi.

Selamat kalian tinggal mengikuti panduan dari Microsoft untuk instalasi Windows 10. Tinggal lakukan next dan next untuk mayoritas dan cukup berhati hati pada bagian Install Option.

Disini Kalian bisa melakukan Upgrade, yaitu menimpa windows 10 lama kalian dengan windows 10 yang baru, disini data kalian tidak hilang, dan akan masuk ke folder windows10.old Kalian bisa mencarinya nanti di C:/ Drive.

Jika Custom Install tandanya kalian siap menghapus semua isi data kalian, dan kembali install Windows 10 kosong, seperti dari pabrik, Ingat Data kalian harus di backup dahulu ya, Soalnya opsi ini akan menghapus semua data yang ada di C: drive.

Untuk yang Custom maka Kalian harus menghapus drive yang ingin di installasi ulang dan lakukan format ( data hilang semua )

Setelah itu maka akan ada nama Unallocated Space, dah disitu tempat kalian install Windows 10 baru kalian, tinggal pilih dan lanjutkan.

Tunggu proses selesai dan Selamat installasi Windows 10 kalian sudah berhasil! Setelah itu kalian tinggal mengikuti Panduan awal untuk masuk ke windows dan menjawab beberapa pertanyaan umum dan settingan awal seperti buat akun, password dan lainnya… :)

Dengan demikian Instal Windows 10 sudah berhasil dan selamat menggunakan windows 10 baru kalian.

 

Sumber gambar: windowscentral.com

Tutorial lengkap bisa baca disini via windowscentral.com tetapi caranya berbeda dengan cara saya diawal. Tetapi pada proses installasi akan sama.