Bingung kenapa Instgram story patah patah? Gambarnya jelek? Bingung kenapa Instagram story di handphone Androidnya kalah bagus sama iPhone? Walaupun handphone kalian bahkan lebih baru ataupun lebih mahal dan lebih dari si iPhone tersebut?

sumber gambar: https://medium.com/macoclock/why-your-instagram-stories-on-android-look-low-quality-as-compared-to-iphone-c1286a638f52

Masalahnya belum tentu karena handphonenya kalah bagus dari iPhone, karena aplikasi Instagramnya… Tapi Kenapa?

gambar: iPhone Deep Fusion Technology

Karena Apple cuman buat iPhone dengan model yang bisa dibilang relatif sedikit, jadi developer Instagram lebih punya banyak waktu melakukan optimisasi Instagram di iOS untuk iPhone, Jadi Instagram di iPhone bisa mengakses teknologi kamera prosesing di iPhone, sehingga rekaman story di instagram sebagus jepretan kamera di iPhone.

gambar: Sony Xperia 1 Mark II Camera Processing

Sedangkan di Android, kalian tau sendiri deh, Android banyak sekali merek, dan modelnya, juga sistem operasinya yang berbeda beda, dari Samsung OneUI, Huawei EMUI, Xiaomi MIUI, dan banyak lainnya.. Nah perusahaan sebesar Instagram pun tidak bisa menghabiskan banyak resource untuk optimisasi, jadi mereka mengambil jalan tengah, dimana ada 1 cara yang bekerja untuk semua merek, semua model dan semua sistem Android. Jadinya Instagram di Android belum bisa menggunakan teknologi kamera prosesing dari setiap merek, ataupun model.

Jadi kamera canggih dengan AI ataupun apapun itu tidak bisa diakses oleh Instagram, ya wajar deh hasilnya kalah bagus dari iPhone yang Instagramnya punya akses ke “otak” yang bisa memproses gambar lebih bagus.

Disini kalian bisa baca panjang lebar, Samsung sudah menjelaskan teknologi kamera yang digunakan, Nah bayangin uda panjang lebar gitu dan banyak sekali teknologinya, ga dipake sama Instagram… Mubazir!

Lalu, Gimana caranya untuk buat Instagram Story baik itu Foto ataupun Video Story lebih bagus? atau bahkan lebih bagus dari iPhone? Caranya mudah, tapi sedikit lebih rempong…

gambar: contoh HDR+ oleh Google Camera/ GCAM.

Caranya, Foto atau rekam dahulu story yang kalian inginkan dengan aplikasi Kamera bawaan handphone kalian. Dengan itu semua hasil jepretan atau rekaman kalian pasti menggunakan semua teknologi yang ada di prosesor, image signal prosesing dan kamera handphone kalian. Seperti fitur fitur High Dynamic Range, Optical Image Stabilisation, Electronic Image Stabilisation, Neural Engine, Image Stacking. dan banyak lagi tergantung merek handphone kalian.

Jadi setelah mendapatkan hasil story terbaik kalian tinggal buka aplikasi instagram, dan pilih browse video/foto yang tadi kalian ambil, lalu posting deh di Instagram, pasti hasilnya akan lebih bagus… Mudah bukan caranya?

Saya sudah lakukan “mini survey” dari follower instagram saya, dan hasilnya cukup membuktikan bahwa dengan cara rekam/foto dulu pakai aplikasi kamera bawaan lalu di post, banyak yang setuju hasilnya memang lebih bagus…

  • Sample A: Rekaman Instagram langsung (17% Vote)
  • Sample B: Direkam dengan aplikasi kamera bawaan handphone, baru di upload di Instagram Story (83% Vote)

Gimana pendapat kalian setelah menggunakan cara ini? Apakah ada perbedaannya? Gimana reaksi dari follower kalian?

Oh, buat yang kamera bawaanya masih kurang bagus? Cobain pakai Google Camera/ GCAM yang terbukti membuat hasil foto lebih bagus, Baca caranya disini.