Coba tengok kiri kanan Anda ketika berjalan, banyak tidak orang yang seperti zombie? Mainan smartphone sambil berjalan. Ya di zaman sekarang ini yang semua serba online, kita sebagai pemilik bisnis atau dagangan konvensional juga sebaiknya mempersiapkan diri untuk survive di dunia online ini. Bagaimana Cara Mempersiapkan Bisnis dan Usaha di Jaman Online Sekarang Ini? Apakah harus keluar biaya yang besar? Jawabannya tidak… ( untuk sekarang )

Sekarang Saya akan membagian beberapa tips mudah yang gratis dulu, bagaimana cara mendaftarkan bisnis dan usaha Anda di dunia yang online ini. Yuk Grow your business Online!

1.  Mendaftarkan diri di google.

gambar: salah satu contoh terdaftar dan ada di dunia online

Yap, google. Anda bisa di temukan di google, kemungkinan besar Anda akan hidup. Kalau dulu masuk yellowpages atau katalog katalog adalah potensi, sekarang pikirlah lebih maju, Coba anda cari nama bisnis anda di google, apakah bisa ditemukan? baik itu alamatnya, foto kantornya, nomor teleponnya, atau bahkan websitenya. Ya terdengan sangat simpel dan mudah, tapi sudahkah Anda melakukannya?

register google business

Yuk buat bisnis Anda terdaftar di google, ikuti cara mudah dibawah ini.

  1. Anda sudah memiliki google accounts atau gmail? bagus… Jika belum, daftarlah.
  2. Mulailah daftarkan diri di Google Business ( https://business.google.com )
  3. Ikuti step-step mudah mendaftarkan bisnis Anda.
  4. Masukan Nama Bisnis atau Usaha Anda
  5. Masukan alamat yang jelas dan informasi lainnya
  6. Masukan nomor telepon
  7. Masukan informasi Website jika Anda sudah memilikinya, Jika belum jangan buat website gratisan dari google.
    ( pilih Saya tidak perlu / I  don’t need a website )
  8. Pastikan semua informasi sudah benar.

Nah.. jika Anda sudah melakukan semua hal tersebut, selamat Anda sudah berhasil melakukan cara pertama untuk hidup di dunia online ini. Tunggu beberapa saat cobalah cari nama bisnis Anda di google, apakah sudah keluar atau belum… Jika sudah apakah Anda ingin lebih bisa bersaing di dunia online? Yuk menuju cara ke-2.

 

2. Daftarkan Semua Identitas Usaha di Social Media Platform

gambar: contoh company pages di facebook

Sampai sini masih gratis, ayo lakukan. Daftarkan usaha dan binsis Anda di social media platform, mulailah dari Facebook, Instagram dan LinkedIn. Untuk facebook buatlah sebuah company pages.

  1. Sudahkah Anda punya facebook? Jika belum daftarlah…
  2. Login dan arahkan kebagian Create.
  3. Create > Pages
  4. Mulailah mendaftarkan bisnis Anda di facebook
  5. Jika sudah, lakukanlah hal seperti diatas di Instagram, dan LinkedIn

 

3. Belilah sebuah Domain, Amankan nama bisnis Anda di dunia Online.

gambar: pembelian domain ninopro.com di exabyte.com

Oke.. Tahapan gratis sudah selesai. Sekarang jika Anda ingin lebih serius, Anda harus mengocek sedikit dana untuk melanjutkan prosesnya. Ya seperti yang Anda lihat di gambar diatas, tahapan ini belum terlalu mahal kok.

Jika dulunya mendaftarkan Hak Cipta atau trademark nama brand atau bisnis Anda. Sekarang apakah Anda sudah memiliki nama bisnis Anda di dunia online? Misalnya nama PT Anda adalah PT.Usaha Sukses Makmur. Apakah usahasuksesmakmur.com sudah Anda miliki?

Nah.. jika nama bisnis atau perusahaan Anda belum Ada waktunya Anda memilikinya, sebelum diambil orang lain.

gambar: mendaftarkan custom gmail domain untuk bisnis

Dengan memiliki domain sesuai nama bisnis atau usaha Anda. Maka kedepannya Anda bisa memiliki email custom domain. Contoh: [email protected] atau [email protected] Tetunya dengan sedikit tambahan biaya.

Bagaimana? membuat binis atau perusahaan Anda lebih professional kan? Anda bisa membeli domain di website hosting seperti ExaByte, CloudKilat, Atau hosting lainnya…

 

4. Buatlah Website Simpel

gambar: contoh website company profile yang saya buat untuk perusahaan ( https://www.nobilindo.com )

Oke, jika tahap pertama Adalah mendaftarkan diri di katalog internet yaitu google. Nahh sekarang Anda perlu menyediakan tempat untuk berkungjung, ya sebut saja rumahnya. Salah satunya adalah Website. Website Anda bisa simpel saja, seperti company profile, dimana pengunjung bisa melihat bisnis atau usaha apa sih yang Anda lakukan.

Dijaman sekarang ini, kebanyakan orang pasti akan mencari di google dahulu, sebelum melakukan transaksi/bisnis, ataupun mencari perkerjaan. Dikarenakan pengguna biasanya ingin mengetahui apakah bisnis atau usaha yang dituju benar benar ada ( legit ).

Yang paling penting adalah, ketika ingin membuat website, jangan cut the corners atau mengambil jalan pintas, menggunakan desainer website atau jasa pembuatan website sembarangan. Jika jadinya dibawah standar maka website itu akan mempengaruhi image bisnis Anda. Ingat website Anda adalah satu satunya yang menghubungkan Anda dengan calon pembeli atau pengunjung di dunia online ini, Jika websitenya saja sudah kurang menarik. Pastinya merupakan hal yang fatal.

 

Inilah 4 cara paling awal untuk membuat bisnis Anda siap hidup di dunia Online. Bagaimana cukup mudah kan? Jika memang Anda ingin lebih serius berbisnis dan usaha online, pastinya masih banyak sekali tahapan yang Anda harus jalankan. Anda akan mulai mendengar terminologi SEO ( Search Engine Optimiser ), SEM ( Search Engine Marketing ), dan banyak lagi yang seru seru.

Jika ada kendala atau ingin menambahkan tips tips, mari berdiskusi di komentar dibawah ini, Jika Anda tertarik mungkin saya akan menulis lagi kelanjutannya, walaupun yang selanjutnya itu sudah tingkat lebih susah.

 

PS: Saya juga menerima konsultasi pembuatan website online, terutama untuk perusahaan yang ingin Ada di dunia online. Silahkan berkomentar jika tertarik.

 

Baca bagian ke-2 disini:

https://www.ninopro.com/cara-mengembangkan-bisnis-dan-usaha-di-jaman-online-sekarang/