Sebelumnya saya sudah menulis Aplikasi yang Harus di Install Untuk Laptop atau Komputer Baru yang menggunakan sistem operasi Windows.

MacOS adalah sistem operasi yang mudah sekali digunakan, dan sudah tertanam banyak sekali software bawaan apple yang berguna sekali. Seperti pengganti Microsoft Office, MacOS sudah memiliki iWorks ( Pages, Numbers dan Keynotes ). Lalu apa saja sih yang masih dibutuhkan jika macOS sudah memberikan banyak aplikasi bawaan yang berguna?

Nah sekarang disini saya akan membagikan aplikasi apa saja sih yang wajib install, juga penting dan esensial dalam keseharian menggunakan MacBook atau Mac kalian.

Pastinya aplikasi yang saya berikan ini 100% gratis dan aman digunakan! Sebelum mulai, jika kalian pengguna macOS apakah kalian pengguna iOS juga? Jika ya? Saya juga pernah menulis widgets apa yang paling berguna pada iOS, Nah sekarang langsung saja menuju ke list aplikasi gratis buat macOS…

 

1. The Unarchiver

Seperti sebelumnya, di macOS sudah bisa memproses dokumen kompresi dalam bentuk .zip, tetapi jika kalian mendapatkan file dalam bentuk .rar atau 7.zip maka kalian membutuhkan aplikasi untuk membuka file tersebut, yaitu The Unarchiver. Simpelnya pengganti winrar dehhh…

 

2. Google Chrome atau Firefox

Nah macOS juga memiliki kendala yang sama seperti Windows 10, dimana browser bawaan macOS Safari tidak tidak kompatibel dengan beberapa website. Nah kalian membutuhkan browser dengan kompatibilitas pada internet yang terbaik, contohnya adalah Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Download Google Chrome | Download Firefox

 

3. VLC atau MX Player

MacOS menurut saya memiliki kelemahan dalam kemampuan memutar format video unik seperti .mkv .flv dan beberapa format lainnya. Jadinya kalian harus menggunakan aplikasi pemutar video seperti VLC dan MX Player.

Download VLC | Download MX Player

 

4. Caffeine

Kalian suka meninggalkan Macbook kalian dalam keadaan tertutup? tetapi kalian tetap mau dalam kondisi menyala dan tidak ke sleep mode karena sedang melakukan download ataupun hal lainnya? Nah disini kalian membutuhkan aplikasi Caffeine, dimana aplikasi ini berguna agar MacBook tidak mati pada saat di tutup.

Download Caffeine

 

5. Spectacle

Baru beralih dari Windows? atau mau memiliki management split windows nya dari Windows 10? Dimana ketika menabrakan windows ke bagian kiri atau kanan maka windows tersebut akan terbagi dengan rapi.

Download Spectacle

 

Nah saya rasa ini adalah 5 aplikasi esensial yang paling pertama saya install jika saya install ulang macOS. Dikarenakan macOS sudah memiliki banyak fitur yang mendukung penggunaan sehari hari maka tidak perlu banyak aplikasi tambahan menurut saya. Tidak hanya memenuhi Mac atau MacBook kalian tetapi juga bisa membuat lambat, apa lagi aplikasi tersebut bersumber dari yang tidak jelas.

Kalian Mac User? ada aplikasi apalagi yang kalian rekomendasikan? yuk berbagi di kolom komentar dibawah…